Esteban Ocon Senang Meraih Poin Perdana bagi Alpine di F1 2024

Ocon finis kesepuluh di GP Miami

Esteban Ocon berhasil finis kesepuluh di Formula 1 GP Miami 2024, Senin (6/5/2024) dini hari WIB. Raihan satu poin yang didapat Ocon merupakan yang pertama bagi Alpine musim ini. Sementara itu, Pierre Gasly gagal mendulang poin setelah hanya finis ke-12.

Hasil yang didapat Alpine di GP Miami terbilang baik jika melihat performa mereka pada awal musim 2024. Alpine, yang dalam beberapa musim terakhir menjadi salah satu tim terbaik di papan tengah, justru terlihat kesulitan hanya untuk mencetak poin. Raihan poin yang diraih Ocon di GP Miami bisa menjadi pemicu bagi Alpine untuk bisa tampil lebih baik pada seri-seri berikutnya.

1. Esteban Ocon finis kesepuluh di GP Miami 2024

Esteban Ocon Senang Meraih Poin Perdana bagi Alpine di F1 2024Esteban Ocon (formula1.com)

Esteban Ocon yang mengawali balapan dari posisi ke-13 sempat berduel sengit dengan Pierre Gasly yang start satu posisi di depannya. Dalam duel tersebut, Gasly yang berhasil berada di depan. Namun, keberuntungan masih berpihak pada Ocon yang mengganti ban pada periode virtual safet car yang membuatnya tak kehilangan banyak waktu.

Pada lap-lap terakhir, Ocon berhasil keluar dari kejaran pembalap Haas, Nico Huelkenberg. Selain itu, pembalap asal Prancis tersebut juga sempat berduel dengan Fernando Alonso untuk memperebutkan tempat kesembilan. Sayang, mobil Aston Martin milik pembalap asal Spanyol tersebut masih terlalu cepat.

Baca Juga: Carlos Sainz Kecewa Tak Bisa Menang di Formula 1 GP Miami

2. Ocon merasa senang meski hanya meraih satu poin

Esteban Ocon Senang Meraih Poin Perdana bagi Alpine di F1 2024Fernando Alonso dan Esteban Ocon (twitter.com/OconEsteban)

Meski hanya meraih satu poin, Ocon merasa senang dengan apa yang diraih di GP Miami. Apalagi jika berkaca pada lima balapan sebelumnya ketika mereka gagal mendulang poin. Terutama di GP Bahrain ketika kedua pembalap Alpine hanya mampu finis di posisi ke-17 dan ke-18. 

"Kami perlu terus melakukan langkah-langkah kecil ini ke depan, tetapi melihat posisi kami di Bahrain yang hanya meraih peringkat ke-17 dan ke-18 kami melakukan yang terbaik untuk tim karena tetap menjaga keyakinan, menjaga motivasi, dan meningkatkan mobil selangkah demi selangkah, karena hari ini akhirnya kami keluar dari akhir pekan dengan membawa hadiah," ucap Ocon mengutip situs resmi Formula 1.

Ocon juga menyoroti duelnya dengan Fernando Alonso dalam perebutan posisi kesembilan. Ia menikmati duel dengan mantan rekan setimnya tersebut. Ocon akhirnya merasa jika mobil Alpine saat ini bisa digunakan untuk berduel dengan pembalap lain. Hal itu terlihat dari betapa keras perjuangan Alonso untuk mendahului Ocon.

3. Hasil terbaik Alpine pada 2024

Esteban Ocon Senang Meraih Poin Perdana bagi Alpine di F1 2024Pierre Gasly dan Esteban Ocon (formula1.com)

Alpine mengawali musim 2024 dengan kurang maksimal setelah tak mencetak poin dalam lima balapan awal. Alpine kemudian mulai memberikan peningkatan pada mobil A524. Ocon menerima floor baru di GP China, sementara Gasly baru merasakan perangkat baru tersebut di GP Miami.

Meski mendapat hasil yang cukup baik di GP Miami, balapan tersebut masih jauh dari kata sempurna bagi Alpine. Meski begitu, Gasly menganggap jika kini mobilnya bisa sedikit bersaing dan lebih baik untuk dikontrol. Hal itu membuat pembalap asal Prancis tersebut merasa perkembangan Alpine berada di arah yang benar.

Alpine bisa mencontoh apa yang dilakukan McLaren pada 2023. Sama seperti Alpine musim ini, McLaren ketika itu mendapat hasil yang cukup buruk pada paruh pertama. Namun, mereka kemudian bangkit dan meraih beberapa podium pada paruh kedua. Bahkan, Lando Norris bisa memberikan kemenangan bagi McLaren di GP Miami 2024.

Esteban Ocon akhirnya membuat Alpine merasakan poin perdana pada musim 2024. Hasil bagus tersebut harus bisa mereka jadikan momentum untuk tampil lebih baik di balapan-balapan berikutnya.

Baca Juga: Alpine Pertahankan Bruno Famin sebagai Team Principal di F1 2024

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya