5 Fakta Menarik Kemenangan Lando Norris di Formula 1 GP Miami

Kemenangan pertama Norris di Formula 1

Lando Norris membuat lagu "God Save the King" kembali berkumandang di Formula 1 sejak GP Brasil 2022. Pembalap asal Inggris tersebut berhasil meraih kemenangan di GP Miami, Senin (6/5/2024) dini hari WIB. Sementara itu, posisi kedua dan ketiga masing-masing dihuni Max Verstappen dan Charles Leclerc.

Norris tak mendapat posisi yang nyaman pada awal balapan karena harus start dari posisi kelima. Namun, ia mendapat keuntungan ketika safety car masuk ke lintasan pada pertengahan balapan. Hal itu membuat Norris bisa mengambil alih pimpinan balapan hingga garis finis.

Ini merupakan kemenangan pertama pembalap McLaren tersebut di Formula 1. Selain itu, terdapat beberapa catatan menarik di balik kemenangan di GP Miami.

1. Kemenangan pertama Lando Norris di Formula 1

5 Fakta Menarik Kemenangan Lando Norris di Formula 1 GP MiamiMcLaren merayakan kemenangan Lando Norris di GP Amerika Serikat 2024. (twitter.com/McLarenF1)

Sejak pertama kali debut di Formula 1, banyak yang menganggap Lando Norris merupakan pembalap yang potensial. Namun, mobil McLaren yang tak selalu kompetitif membuat Norris sulit untuk merangsek ke barisan depan. Tak heran jika Norris cukup kesulitan untuk meraih kemenangan.

Sebelum GP Miami 2024, Norris sempat hampir meraih kemenangan di GP Rusia 2021. Mengawali balapan dari posisi terdepan, Norris sempat memimpin dengan cukup nyaman. Sayang, keputusan buruk yang diambil ketika lintasan mulai diguyur hujan membuat Norris gagal finis terdepan. Momen buruk tersebut akhirnya bisa terobati dengan kemenangan di GP Miami 2024.

2. Hasil terbaik Lando Norris di GP Miami

5 Fakta Menarik Kemenangan Lando Norris di Formula 1 GP MiamiSirkuit Miami International Autodrome (formula1.com)

Kemenangan di GP Miami merupakan raihan terbaik Lando Norris sejak seri tersebut masuk ke kalender Formula 1 pada 2022. Bahkan, dalam dua balapan sebelumnya, Norris tak mampu meraih poin bagi McLaren. Pada 2022, Norris gagal mencapai garis finis setelah mengalami kontak dengan pembalap AlphaTauri, Pierre Gasly.

Semusim berselang, Norris kembali gagal mendulang poin. Mobil McLaren yang tak terlalu kompetitif pada awal 2023 membuat Norris kesulitan merangsek ke barisan depan. Alhasil, ia harus puas finis di posisi ke-17.

Baca Juga: Duel 5 Musim Pertama George Russell vs. Lando Norris di Formula 1

3. Lando Norris samai catatan empat pembalap terdahulu

5 Fakta Menarik Kemenangan Lando Norris di Formula 1 GP MiamiPatrick Depailler (formula1.com)

Kemenangan yang diraih di GP Miami 2024 membuat Lando Norris menyamai catatan empat pembalap sebelumnya, yakni Mika Hakkinen, Jean Alesi, Patrick Depailler, dan Eddie Irvine. Kelimanya sempat merasakan 15 podium sebelum akhirnya meraih kemenangan. Jumlah tersebut menjadi yang terbanyak sebelum meraih kemenangan.

Patrick Depailler meraih kemenangan perdana di GP Monako 1978 bersama Tyrrell. Jean Alesi meraih satu-satunya kemenangan di Formula 1 bersama Ferrari di GP Kanada 1995. Mika Hakkinen pertama kali merasakan manisnya puncak podium di GP Eropa 1997 bersama McLaren. Sementara itu, Eddie Irvine berhasil menaklukan GP Australia bersama Ferrari pada 1999.

4. Lando Norris samai jumlah balapan Lewis Hamilton bersama McLaren

5 Fakta Menarik Kemenangan Lando Norris di Formula 1 GP MiamiLando Norris dan Lewis Hamilton (formula1.com)

Lando Norris tak hanya meraih kemenangan perdana di GP Miami. Seri tersebut juga menandai balapan ke-110 Norris bersama tim yang bermarkas di Woking, Inggris, tersebut. Jumlah tersebut menyamai catatan Lewis Hamilton yang sempat berada di balik kemudi McLaren periode 2007--2012.

Kini, Norris berada di urutan keempat sebagai pembalap McLaren dengan jumlah start terbanyak di Formula 1. Ia hanya kalah dari David Coulthard (150 start), Jenson Button (136 start), dan Mika Hakkinen (131 start). Dengan kontrak bersama McLaren yang masih panjang, Norris sepertinya akan melewati catatan ketiga pembalap tersebut.

5. Pembalap pertama yang menang debut di Amerika Serikat sejak 1982

5 Fakta Menarik Kemenangan Lando Norris di Formula 1 GP MiamiMichele Alboreto (ferrari.com)

Lando Norris menjadi pembalap pertama yang meraih kemenangan perdana Formula 1 di Amerika Serikat. Terakhir kali ada pembalap yang melakukan hal serupa terjadi pada 1982. Ketika itu, Michele Alboreto yang mengendarai Tyrrell berhasil menaklukan GP Caesars Palace.

Setelah itu, tak ada pembalap lain yang mampu meraih kemenangan perdana di Amerika Serikat. Padahal, Amerika Serikat menjadi salah satu negara yang jarang absen menggelar balapan di Formula 1. Bahkan, dalam beberapa musim terdapat lebih dari satu balapan di Amerika Serikat.

Lando Norris berhasil menjuarai GP Miami sekaligus meraih kemenangan perdana di Formula 1. Ini bisa menjadi awal dari kemenangan-kemenangan lain Norris di Formula 1.

Baca Juga: Lando Norris Tampil Tercepat di Sprint Qualifying F1 GP China 2024

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya