5 Fakta Menarik Kemenangan Max Verstappen di GP Belanda

Verstappen samai rekor Sebastian Vettel

Max Verstappen kembali menunjukkan keperkasaannya di Formula 1 2023 dengan menjadi juara GP Belanda, Minggu (27/8/2023). Ia mampu tampil apik di tengah cuaca Sirkuit Zandvoort yang berubah-ubah. Hasil ini juga makin mengokohkan posisi Verstappen di puncak klasemen pembalap.

Dengan kemenangan ini, Max Verstappen menyamai rekor mentereng Sebastian Vettel. Sementara, hasil bagus diraih Fernando Alonso dan Pierre Gasly yang melengkapi jajaran podium. Berikut lima fakta menarik kemenangan Max Verstappen di GP Belanda 2023.

1. Max Verstappen menyamai rekor Sebastian Vettel di Formula 1

Pada 2013, Sebastian Vettel membuat rekor yang sepertinya sulit untuk dipatahkan. Dengan mengendarai mobil Red Bull RB9, pembalap asal Jerman tersebut membuat sembilan kemenangan beruntun. Rekor mengagumkan tersebut akhirnya berhasil disamai Verstappen usai menjuarai GP Belanda.

Verstappen tak pernah tergoyahkan dari puncak podium sejak GP Miami. Bahkan, ia berpeluang menyalip rekor Vettel jika berhasil memenangi balapan berikutnya di GP Italia. Verstappen juga menyamai rekor Michael Schumacher yang selalu menjadi juara jika tampil dari pole position dalam 12 balapan secara beruntun.

2. Max Verstappen masih tak terkalahkan di GP Belanda

5 Fakta Menarik Kemenangan Max Verstappen di GP BelandaMax Verstappen menjuarai GP Belanda 2023. (twitter.com/redbullracing)

Sejak kembali ke kalender Formula 1 pada 2021, GP Belanda seakan menjadi panggung bagi Max Verstappen. Pembalap kebanggaan tuan rumah tersebut sukses menjadi juara pada 2021 dan 2022. Hal itu membuat Verstappen sudah tiga kali menjadi juara GP Belanda.

Verstappen menyamai pencapaian Niki Lauda dan Jackie Stewart yang juga tiga kali menyabet kemenangan di Zandvoort. Namun, ia masih kalah dari Jim Clark yang mampu empat kali tampil di podium tertinggi. Meski Begitu, Verstappen masih berpeluang menambah kemenangan karena GP Belanda akan digelar setidaknya hingga 2025.

Baca Juga: Felipe Massa Sebut Max Verstappen akan Menangkan Segalanya hingga 2026

3. Red Bull belum tergoyahkan dari puncak podium

5 Fakta Menarik Kemenangan Max Verstappen di GP BelandaRed Bull merayakan kemenangan Max Verstappen di GP Belanda 2023. (twitter.com/redbullracing)

Kemenangan Max Verstappen membuat Red Bull selalu meraih kemenangan dalam 13 balapan di Formula 1 2023. Hal ini membuat mereka kian kokoh di puncak klasemen konstruktor dengan koleksi 540 poin. Unggul jauh dari Mercedes yang menghuni peringkat kedua dengan raihan 255 poin.

Kondisi cuaca Sirkuit Zandvoort yang berubah-ubah juga tak mampu menghentikan Red Bull. Mereka tampil dengan strategi jitu yang membuat Verstappen dengan mulus meraih kemenangan. Jika melihat performa mereka saat ini, maka bukan tak mungkin Red Bull akan terus meraih kemenangan.

4. Fernando Alonso memecahkan rekor Michael Schumacher

5 Fakta Menarik Kemenangan Max Verstappen di GP BelandaFernando Alonso meraih podium kedua GP Belanda 2023. (formula1.com)

Fernando Alonso tampil apik di balik kemudi Aston Martin dengan mengunci podium kedua. Start dari posisi kelima, Alonso dengan tenang melibas Sirkuit Zandvoort untuk finis di belakang Max Verstappen. Hasil ini merupakan podium ketujuh bagi pembalap asal Spanyol tersebut musim ini.

Podium tersebut juga membuatnya menjadi pembalap dengan jarak terjauh antara podium pertama dan terakhir. Podium pertama Alonso didapat di GP Malaysia 2003 yang berjarak 20 tahun 5 bulan 4 hari dari podiumnya di GP Belanda 2023. Ia memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang Michael Schumacher dengan 20 tahun 3 bulan 2 hari.

Selain itu, dengan hasil ini, Alonso telah meraih 168 poin pada 2023. Raihan tersebut lebih baik dari musim lalu bersama Alpine yang hanya mencatatkan 81 poin. Pembalap asal Spanyol tersebut juga memperlebar jaraknya dengan Lewis Hamilton yang menghuni peringkat keempat.

5. Pierre Gasly mengakhiri paceklik podium

5 Fakta Menarik Kemenangan Max Verstappen di GP BelandaPierre Gasly meraih podium ketiga GP Belanda 2023. (twitter.com/F1)

Sebelum GP belanda, Pierre Gasly gagal mendapat poin dalam tiga balapan terakhir. Ia akhirnya menebus hasil buruk tersebut dengan raihan podium ketiga di Sirkuit Zandvoort. Padahal, ia harus mengawali balapan dari urutan ke-12. Ini juga merupakan podium pertama Gasly sejak bergabung dengan Alpine.

Bahkan, Gasly sudah tak merasakan berdiri di atas podium sejak GP Azerbaijan 2021 ketika masih bersama AlphaTauri. Pada tabel klasemen, pembalap asal Prancis itu sendiri berhasil mengudeta rekan setimnya, Esteban Ocon, untuk menempati posisi kesepuluh. Sebab, Ocon harus puas finis di urutan kesepuluh dalam balapan tersebut.

Kemenangan yang diraih Max Verstappen membuatnya menyamai rekor yang dibuat Sebastian Vettel. Hasil bagus juga diperlihatkan Fernando Alonso dan Pierre Gasly yang mampu menyabet podium di tengah kondisi cuaca tak menentu di Sirkuit Zandvoort.

Baca Juga: Max Verstappen Kritik Formula 1 yang Makin Padat

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya