5 Fakta Menarik Kemenangan Max Verstappen di GP Italia 2023

Verstappen pecahkan rekor

Max Verstappen kembali menjadi yang terbaik dengan meraih kemenangan di Formula 1 2023 GP Italia, Minggu (3/9/2023). Hasil tersebut makin mengokohkan posisi pembalap asal Belanda tersebut di puncak klasemen pembalap. Sementara, Sergio Perez dan Carlos Sainz melengkapi jajaran podium.

Bagi Verstappen, kemenangan ini sekaligus membuatnya memecahkan rekor milik Sebastian Vettel. Red Bull juga makin menunjukkan dominasi mereka sejak awal musim. Berikut lima fakta menarik kemenangan Max Verstappen di GP Italia 2023.

1. Max Verstappen memecahkan rekor Sebastian Vettel

Max Verstappen berhasil meraih sepuluh kemenangan beruntun setelah menjuarai GP Italia 2023. Pembalap Formula 1 asal Belanda tersebut tak pernah turun dari puncak podium sejak GP Miami. Catatan tersebut membuatnya menyalip rekor milik Sebastian Vettel yang sebelumnya meraih sembilan kemenangan secara beruntun pada 2013.

Kemenangan ini juga merupakan yang kedua bagi Verstappen di Sirkuit Monza. Musim lalu, ia sukses mengasapi Charles Leclerc untuk menempati podium teratas. Verstappen kini kian kokoh di puncak klasemen pembalap F1 dengan keunggulan 145 poin dari Sergio Perez di peringkat kedua.

2. Red Bull finis 1-2 di Monza untuk pertama kalinya

5 Fakta Menarik Kemenangan Max Verstappen di GP Italia 2023Max Verstappen dan Sergio Perez finis 1-2 di GP Italia 2023. (twitter.com/SChecoPerez)

Selain Verstappen, hasil bagus juga diraih rekan setimnya, Sergio Perez. Mengawali balapan dari urutan kelima, pembalap Formula 1 asal Meksiko tersebut berhasil membawa mobil Red Bull miliknya menjadi runner-up. Hasil ini merupakan kali pertama Red Bull finis 1-2 di GP Italia sepanjang keikutsertaan mereka di F1.

Adanya dua pembalap Red Bull di dua podium teratas memang bukan hal yang mengherankan musim ini. Finis 1-2 di Sirkuit Monza merupakan kali keenam yang mereka dapat musim ini setelah GP Bahrain, GP Arab Saudi, GP Azerbaijan, GP Miami, dan GP Belgia. Jumlah ini merupakan yang terbanyak bagi Red Bull yang pernah mereka raih dalam semusim.

Baca Juga: Komparasi 9 Kemenangan Beruntun Max Verstappen dan Sebastian Vettel

3. Red Bull memperpanjang catatan kemenangan

5 Fakta Menarik Kemenangan Max Verstappen di GP Italia 2023Red Bull merayakan kemenangan Max Verstappen di GP Italia 2023. (twitter.com/Max33Verstappen)

Finis 1-2 Max Verstappen dan Sergio Perez makin menunjukkan dominasi tim berlogo banteng tersebut. Musim ini, mereka belum pernah turun dari puncak podium dengan menyabet 14 kemenangan beruntun sejak awal musim. Catatan ini merupakan start terbaik yang pernah dibuat suatu tim dalam sejarah Formula 1.

Jika menghitung musim lalu, maka Red Bull merupakan tim pertama yang meraih 15 kemenangan secara beruntun di F1. Bahkan, Red Bull sukses meraih 24 kemenangan dalam 25 balapan terakhir, termasuk pada musim lalu. Sepertinya tinggal menunggu waktu bagi mereka untuk mengawinkan gelar juara dunia pembalap dan konstruktor di F1 2023 ini.

4. Podium pertama Carlos Sainz di Formula 1 2023

5 Fakta Menarik Kemenangan Max Verstappen di GP Italia 2023Carlos Sainz meraih podium ketiga GP Italia 2023. (twitter.com/Carlossainz55)

Meski gagal meraih kemenangan pada GP Italia, para tifosi yang merupakan pendukung Ferrari tetap tampil meriah. Hal itu karena Carlos Sainz berhasil mengunci podium ketiga. Pembalap asal Spanyol tersebut tampil impresif sepanjang pekan balap GP Italia 2023.

Sainz berhasil mencetak waktu tercepat pada sesi kualifikasi untuk mengunci pole position. Pada saat balapan, ia berhasil menahan Verstappen selama 14 lap pertama, hasil terbaik dari semua pembalap musim ini. Podium ini juga merupakan podium pertama Sainz sepanjang musim 2023.

Sementara Sainz meraih podium, Charles Leclerc tampil solid dengan menempati posisi keempat. Ini merupakan kali pertama kedua pembalap Ferrari menempati urutan empat besar. Hasil tersebut juga membuat mereka menyalip Aston Martin untuk menempati peringkat ketiga di tabel konstruktor. Namun, kemenangan Max Verstappen membuat posisi Ferarri dengan Red Bull masih jauh.

5. Oscar Piastri mencetak fastest lap pertamanya

5 Fakta Menarik Kemenangan Max Verstappen di GP Italia 2023Oscar Piastri (formula1.com)

Oscar Piastri membuktikan jika dirinya merupakan rookie terbaik di Formula 1 2023 ini. Pada balapan di Sirkuit Monza, pembalap asal Australia tersebut hanya berhasil menempati urutan ke-12. Meski begitu, Piastri tetap membawa pulang satu poin setelah mencetak fastest lap.

Tambahan satu poin tersebut membuatnya menyamai jumlah poin Esteban Ocon dengan 36 poin. McLaren juga mendapat tambahan empat poin berkat aksi Lando Norris yang berhasil finis kedelapan. McLaren sejauh ini telah mengoleksi 115 poin dan menempati urutan kelima di tabel konstruktor. Posisi mereka juga jauh dari Red Bull yang mengandalkan Max Verstappen.

Max Verstappen memang piawai menunjukkan dominasinya dengan meraih sepuluh kemenangan secara beruntun di Formula 1 2023 ini. Ia berpotensi hattrick juara F1. Namun, biar waktu yang menjawab hal itu.

Baca Juga: 5 Pembalap F1 yang Pernah Menjadi Rekan Setim Max Verstappen

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya