4 Fakta Menarik setelah Luka Doncic Mencetak 73 Poin Melawan Hawks

Doncic ciptakan sejarah bagi Dallas Mavericks

Luka Doncic tampil impresif ketika Dallas Mavericks bertandang ke State Farm Arena markas Atlanta Hawks, Sabtu (27/1/2024), dalam lanjutan musim reguler NBA. Doncic berhasil mencetak 73 poin dalam laga tersebut. Catatan itu membuat Mavericks mampu menutup laga dengan kemenangan 148-143.

Laga Mavericks melawan Hawks berlangsung sengit sejak awal pertandingan. Pada paruh pertama, kedua tim memiliki kedudukan sama kuat 66-66. Mavericks yang tampil lebih tenang pada paruh kedua berhasil mengunci kemenangan.

Bagi Doncic, catatan 73 poin bukanlah suatu hal yang mengherankan. Sebab, ia merupakan pemilik rataan poin tertinggi kedua di NBA saat ini setelah Joel Embiid dengan 33,6 poin per game. Meski begitu, raihan 73 poin yang diciptakan Doncic ini tetap menorehkan beberapa rekor tersendiri baginya.

Kini, Luka Doncic tercatat dalam sejarah sebagai menjadi pencetak poin terbanyak Dallas Mavericks dalam satu pertandingan. Selain itu, intip deretan fakta menarik lain setelah Luka Doncic berhasil mencetak 73 poin melawan Atlanta Hawks pada ulasan berikut, yuk!

1. Akurasi tembakan Doncic sangat efisien

https://www.youtube.com/embed/GRblNTXolvo

Sejak masuk ke NBA pada 2018, Luka Doncic sudah digadang-gadang menjadi salah satu bintang NBA. Tak hanya mencetak banyak poin, Doncic juga merupakan penembak yang efisien. Hal itu dibuktikan ketika Doncic mencetak 73 poin melawan Atlanta Hawks.

Pemain asal Slovenia tersebut memiliki akurasi tembakan mencapai 75,8 persen. Itu artinya, Doncic mampu memasukkan 25 dari 33 percobaan tembakan yang ia lakukan. Doncic juga memasukkan 8 dari 13 percobaan tembakan tripoin. Akurasi tembakan free throw Doncic juga tak kalah gemilang dengan catatan 15 dari 16 tembakan free throw.

Tak hanya mencetak 73 poin, Doncic menyelesaikan pertandingan dengan tambahan 10 rebound dan 7 assist. Selain Doncic, pemain Mavericks yang tampil apik dalam pertandingan tersebut adalah Josh Green. Green mampu mencetak 21 poin diikuti Tim Hardaway Jr. dengan 13 poin.

Baca Juga: 5 Pemain Dallas Mavericks dengan Gaji Termahal di NBA 2023/2024

2. Menjadi pemain Dallas Mavericks dengan poin tertinggi dalam satu pertandingan

4 Fakta Menarik setelah Luka Doncic Mencetak 73 Poin Melawan HawksDirk Nowitzki dan Luka Doncic (nba.com)

Dengan mencetak 73 poin, Luka Doncic saat ini merupakan pemain Dallas Mavericks dengan catatan poin tertinggi dalam satu pertandingan. Ia memecahkan rekor atas namanya sendiri ketika mencetak 60 poin pada Desember 2022. Sebelum Doncic, pemain Mavericks dengan poin tertinggi dalam satu pertandingan dipegang Dirk Nowitzki yang mencetak 53 poin 2004 saat melawan Houston Rockets.

Bahkan, dalam 10 pencetak poin terbanyak Mavericks, Doncic menempati 7 posisi di antaranya.  Selain Doncic dan Nowitzki, ada Jim jackson yang menghuni posisi kesepuluh dengan koleksi 50 poin pada 1994. Hal ini membuktikan betapa tajamnya Doncic dalam mencetak poin.

Koleksi 41 poin pada paruh pertama melawan Hawks juga merupakan rekor tertinggi bagi pemain Mavericks. Doncic sudah mencetak 18 poin untuk menutup kuarter pertama. Kemudian, pada kuarter kedua, Doncic tampil semakin ganas dengan mencetak 23 poin tambahan untuk membuat kedudukan menjadi 66-66.

3. Doncic menjadi pencetak poin terbanyak ketiga dalam sejarah NBA

4 Fakta Menarik setelah Luka Doncic Mencetak 73 Poin Melawan HawksWilt Chamberlain (nba.com)

Luka Doncic saat ini menjadi pemain dengan torehan poin terbanyak ketiga dalam sejarah NBA. Ia menyamai koleksi 73 poin yang dicetak David Thompson. Pemain Denver Nuggets tersebut melakukannya pada 1978 melawan Detroit Pistons.

Saat ini, hanya ada dua pemain yang memiliki jumlah poin lebih banyak darinya dalam satu pertandingan NBA, yakni Kobe Bryant dan Wilt Chamberlain. Bryant memiliki catatan 81 poin bersama Los Angeles Lakers yang ia torehkan pada 2006. Sementara itu, Chamberlain menjadi satu-satunya pemain yang mampu mencetak 100 poin dalam satu pertandingan. Momen itu terjadi pada 1962 silam.

4. Doncic menjadi pemain kedua musim ini yang mencetak 70 poin

4 Fakta Menarik setelah Luka Doncic Mencetak 73 Poin Melawan HawksJoel Embiid (nba.com)

Beberapa pemain NBA musim ini cukup sering mencetak banyak poin dalam satu pertandingan. Pada hari yang sama ketika Doncic mencetak 73 poin, Devin Booker membukukan 62 poin melawan Indiana Pacers. Sayang, Booker tak mampu mengantarkan Phoenix Suns ke jalur kemenangan karena mereka kalah 131-133 dari Pacers.

Pada pertandingan lainnya, Karl Anthony-Towns juga tak kalah gemilang dengan membukukan 62 poin ketika Minnesota Timberwolves melawan Charlotte Hornets. Sama seperti Booker, meski mencetak banyak poin, ia gagal membawa Timberwolves meraih kemenangan. Timberwolves dipaksa menyerah dengan skor 125-128.

Joel Embiid menjadi pemain pertama musim ini yang mampu mencetak 70 poin. Center Philadelphia 76ers tersebut melakukannya ketika timnya menang 133-123 melawan San Antonio Spurs. Catatan tersebut menjadi yang tertinggi di NBA musim ini sebelum dilewati Luka Doncic.

Koleksi 73 poin Luka Doncic membuatnya menjadi pemain Dallas Mavericks dengan raihan poin tertinggi dalam satu pertandingan. Bahkan, jumlah poin tersebut hanya kalah dari Kobe Bryant dan Wilt Chamberlain di buku sejarah NBA.

Baca Juga: 4 Pemain NBA 2023/2024 yang Pernah Mencetak 70 Poin dalam 1 Game

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya