Formula 1 GP Australia Tidak Bersahabat bagi Tuan Rumah

Belum ada tuan rumah yang naik podium

GP Australia pertama kali menyelenggarakan balapan Formula 1 pada 1985. Menariknya, GP Australia seperti tak bersahabat dengan pembalap tuan rumah. Sebab, tak ada pembalap mereka yang pernah meraih kemenangan bahkan naik podium. 

Padahal, Australia dikenal sebagai salah satu penghasil pembalap Formula 1 hebat. Jack Brabham dan Alan Jones merupakan dua pembalap Australia yang bergelar juara dunia. Selain itu, masih ada Mark Webber, Daniel Ricciardo, dan Oscar Piastri. Namun, tak satu pun dari mereka yang pernah berjaya di GP Australia.

Kutukan tersebut akan coba dihapus Daniel Ricciardo dan Oscar Piastri pada 2024. Keduanya akan menjalani seri ketiga Formula 1 2024 GP Australia pada Minggu (24/3/2024). Menarik untuk menyaksikan apakah keduanya mampu menjadi pembalap tuan rumah pertama yang meraih podium di GP Australia.

1. Belum ada pembalap tuan rumah yang meraih podium GP Australia

Formula 1 GP Australia Tidak Bersahabat bagi Tuan Rumahpotret GP Australia di Sirkuit Albert Park (formula1.com)

Terdapat empat pembalap Australia yang pernah meraih kemenangan di Formula 1. Mereka adalah, Jack Brabham (14 kemenangan), Alan Jones (12 kemenangan), Mark Webber (9 kemenangan), dan Daniel Ricciardo (8 kemenangan). Namun, tak satu pun kemenangan tersebut tercipta di GP Australia.

Sebenarnya, Brabham pernah menjadi juara GP Australia sebanyak 3 kali dan Jones sebanyak 1 kali. Namun, itu terjadi ketika GP Australia masih berstatus non-championship. Hal itu membuat pembalap tak mendapat poin meski berhasil meraih kemenangan.

Brabham tak pernah melakoni balapan di GP Australia ketika sudah berstatus championship. Sementara itu, Jones dua kali gagal finis ketika balapan di Sirkuit Jalan Raya Adelaide. Posisi terbaik yang pernah diraih pembalap tuan rumah adalah posisi keempat yang didapat Mark Webber pada 2012 serta Daniel Ricciardo pada 2016 dan 2018.

Baca Juga: 8 Pembalap Formula 1 2024 yang Pernah Naik Podium di GP Australia

2. Daniel Ricciardo sempat didiskualifikasi pada 2014

Formula 1 GP Australia Tidak Bersahabat bagi Tuan RumahDaniel Ricciardo didiskualifikasi dari GP Australia 2014. (formula1.com)

Pada 2014, Daniel Ricciardo sempat membuat publik Australia bersorak bahagia. Mengendarai Red Bull untuk pertama kali, Ricciardo berhasil meraih podium kedua di belakang Nico Rosberg. Sayang, kebahagian tersebut tak berlangsung lama karena Ricciardo didiskualifikasi dari balapan. Mobilnya diketahui melebihi batas bahan bakar yang diizinkan dalam satu balapan.

Padahal, Ricciardo tampil apik sepanjang pekan balap GP Australia. Ia mampu mencatatkan waktu terbaik kedua di belakang Lewis Hamilton. Ketika balapan, Ricciardo diuntungkan setelah Hamilton dan Sebastian Vettel tak mampu menyelesaikan balapan. Namun, ia gagal mengejar Nico Rosberg yang tampil dominan bersama Mercedes.

Diskualifikasi Ricciardo membuat dua pembalap McLaren mengambil alih jajaran podium. Kevin Magnussen berhasil naik ke tempat kedua, sementara Jenson Button berhak merebut podium ketiga. Setelah itu, Ricciardo belum mampu meraih podium di GP Australia.

3. Peluang Daniel Ricciardo dan Oscar Piastri menghadapi GP Australia

Formula 1 GP Australia Tidak Bersahabat bagi Tuan RumahOscar Piastri (formula1.com)

Untuk pertama kalinya sejak 2013, terdapat dua pembalap tuan rumah di GP Australia. Pada 2013, Daniel Ricciardo berada di lintasan yang sama dengan Mark Webber. Saat ini, Ricciardo akan ditemani pembalap muda McLaren, Oscar Piastri.

Bagi Ricciardo, sepertinya cukup sulit untuk meraih podium melihat performa mobil Visa Cash App RB dalam dua balapan pertama 2024. Pada dua balapan pertama musim ini, Ricciardo tak mampu meraih satu poin pun. Ia juga dua kali dikalahkan rekan setimnya di RB, Yuki Tsunoda, pada sesi kualifikasi. Meski begitu, Ricciardo akan mengerahkan performa terbaik di depan publik Australia.

Dibanding Ricciardo, Oscar Piastri memiliki peluang lebih besar untuk meraih podium. Pada balapan sebelumnya di GP Arab Saudi, Piastri mampu mengamankan posisi keempat. Sementara itu, pada 2023 lalu, Piastri hanya mampu meraih posisi kedelapan di Australia. 

Kutukan buruk masih menghantui pembalap tuan rumah ketika berlaga di GP Australia. Lantas, mampukan Daniel Ricciardo dan Oscar Piastri meraih podium di depan publik sendiri?

Baca Juga: 10 Potret Podium Formula 1 GP Australia Terakhir sebelum 2024

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya