GP Prancis Akan Menjadi Balapan Formula 1 ke-300 bagi Lewis Hamilton

Ada rekor buruk di balik rekor tiga ratus balapan

Lewis Hamilton akan menjalani balapan ke-300 di Formula 1 GP Prancis yang digelar pada Minggu (24/7/2022). Pembalap berusia 37 tahun tersebut tentunya ingin meraih hasil terbaik di Sirkuit Paul Ricard.

Pasalnya, sejak awal musim 2022 ini, juara dunia tujuh kali tersebut belum sekali pun menggapai puncak podium. Lantas, akankah Hamilton bisa memberikan kado terbaik pada balapannya yang ke-300 di GP Prancis nanti?

1. Lewis Hamilton berkarier di Formula 1 sejak 2007

GP Prancis Akan Menjadi Balapan Formula 1 ke-300 bagi Lewis HamiltonLewis Hamilton (formula1.com)

Lewis Hamilton merupakan salah satu pembalap senior yang ada di grid Formula 1 2022. Hanya Fernando Alonso yang punya pengalaman berlaga di Formula 1 lebih lama darinya.

Hamilton memulai kariernya bersama McLaren pada 2007, sebelum bergabung dengan Mercedes pada 2013. Kini, ia merupakan salah satu pembalap tersukses dengan koleksi 7 gelar juara dunia dan 103 kemenangan.

2. Lewis Hamilton masih belum meraih kemenangan pada 2022

GP Prancis Akan Menjadi Balapan Formula 1 ke-300 bagi Lewis HamiltonLewis Hamilton dan George Russell (formula1.com)

Perubahan regulasi Formula 1 pada 2022 membuat Mercedes cukup kesulitan sejak awal musim. Mobil W13 milik Mercedes tak bisa menandingi kedigdayaan Red Bull dan Ferrari yang selalu mendominasi.

Meski begitu, Mercedes merupakan tim yang paling konsisten sejauh ini dibanding para rivalnya di papan atas. Hamilton merupakan satu-satunya pembalap yang selalu berhasil meraih poin sejauh ini. Sementara, rekannya, George Russell, hanya sekali gagal finis di GP Inggris.

Baca Juga: Naik Turun Hubungan Nico Rosberg dan Lewis Hamilton Selama di F1

3. Lewis Hamilton punya rekor bagus di Sirkuit Paul Ricard

GP Prancis Akan Menjadi Balapan Formula 1 ke-300 bagi Lewis HamiltonLewis Hamilton memegang trofi Formula 1 GP Prancis. (planetf1.com)

Kemenangan di Paul Ricard musim lalu  menjadi milik Max Verstappen. Namun, Hamilton masih mampu merebut posisi kedua pada saat yang sama.

Hal tersebut menunjukkan bahwa Hamilton bisa bersaing di GP Prancis. Ia punya pengalaman.

Bahkan, Hamilton pernah meraih dua kemenangan di Paul Ricard, yakni pada 2018 dan 2019. Namun, musim ini, Mercedes harus melawan Ferrari dan Red Bull yang merupakan mobil paling kencang di lintasan.

4. Seluruh balapan Hamilton di Formula 1 menggunakan mesin Mercedes

GP Prancis Akan Menjadi Balapan Formula 1 ke-300 bagi Lewis HamiltonLewis Hamilton (formula1.com)

Lewis Hamilton memang baru bergabung dengan Mercedes pada 2013. Bersama tim asal Jerman inilah ia meraih berbagai kesuksesan dan mendominasi balapan Formula 1 era turbo hybrid.

Meski begitu, Hamilton sebenarnya tak asing dengan mesin Mercedes karena mereka merupakan pemasok mesin bagi McLaren, terutama ketika Hamilton menjadi pilotnya. Sang pembalap hanya pernah menggunakan mesin Mercedes sepanjang kariernya di Formula 1.

5. Catatan buruk pembalap yang lewati tiga ratus balapan di Formula 1

GP Prancis Akan Menjadi Balapan Formula 1 ke-300 bagi Lewis HamiltonKimi Raikkonen, Fernando Alonso, dan Michael Schumacher (skysports.com)

Sebelum Lewis Hamilton, terdapat beberapa pembalap yang sudah lebih dahulu mencapai tiga ratus balapan di Formula 1. Mereka adalah Rubens Barrichello, Michael Schumacher, Jenson Button, Fernando Alonso, dan Kimi Raikkonen.

Menariknya, setelah menjalani balapan yang ke-300 dalam karier mereka, tak ada satu pun yang berhasil meraih kemenangan. Padahal, selain Barrichello, para pembalap itu merupakan juara dunia. Lantas, akankah Hamilton mampu menyudahi catatan buruk tersebut selepas balapannya yang ke-300?

Lewis Hamilton akan mencetak sejarah dengan melakoni balapannya ke-300 di GP Prancis. Ia bisa saja memutus rekor buruk para pembalap yang telah sampai ke titik itu atau malah melanjutkan rekor buruk mereka. Kita lihat saja kelanjutannya!

Baca Juga: Rekor Impresif Menanti Lewis Hamilton jika Menang di GP Inggris

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya