Bawa Boston Celtics Puncaki Wilayah Timur, Jayson Tatum Calon Kuat MVP

Catatkan statistik fenomenal musim 2022/2023

Setelah menembus partai final NBA 2021/2022, Boston Celtics meneruskan performa bagus mereka pada musim 2022/2023. Tim dengan warna jersey hijau tersebut memiliki rekor menang kalah terbaik dari semua tim di NBA hingga paruh musim.

Salah satu pemain yang punya kontribusi besar dalam kesuksesan Celtics adalah Jayson Tatum. Penampilan mengesankan Tatum membuatnya masuk dalam bursa peraih MVP musim ini. Namun, Tatum juga harus bersaing dengan para bintang lainnya, seperti Nikola Jokic dan Luka Doncic.

Lantas, bagaimana peluang Jayson Tatum untuk meraih MVP NBA 2023? Berikut penulis sajikan ulasannya.

1. Jayson Tatum catatkan statistik fenomenal

Bawa Boston Celtics Puncaki Wilayah Timur, Jayson Tatum Calon Kuat MVPJayson Tatum (nba.com)

Jayson Tatum mampu menorehkan statistik fenomenal di musim reguler NBA 2022/2023. Pemain berusia 24 tahun tersebut mencatatkan 30,6 poin, 8,2 rebound, dan 4,2 assist per game bersama Celtics sejauh musim ini berlangsung.

Catatan poin dan rebound miliknya merupakan yang tertinggi sepanjang karier. Jika mampu mempertahankan performa tersebut serta membawa Celtics memiliki rekor terbaik di NBA, bukan tak mungkin Tatum akan meraih gelar MVP perdananya.

2. Boston Celtics punya rekor terbaik di NBA hingga paruh musim

Bawa Boston Celtics Puncaki Wilayah Timur, Jayson Tatum Calon Kuat MVPBoston Celtics (nba.com)

Selain memiliki catatan statistik individu yang fenomenal, Tatum juga berhasil membawa Celtics menjadi tim terbaik hingga paruh musim. Hal ini membuat peluangnya untuk menjadi MVP semakin tinggi karena Tatum dianggap mampu mengangkat performa timnya.

Padahal, di awal musim Celtics sempat diterpa masalah ketika pelatih mereka, Ime Udoka, diskors setelah melakukan tindakan tidak etis. Namun, masalah tersebut tak membuat Celtics menurun dan justru jadi tim terbaik di NBA hingga paruh musim.

Baca Juga: 5 Pemain Boston Celtics yang Pernah Raih Gelar NBA Final MVP

3. Nikola Jokic dan Luka Doncic masih jadi favorit

Bawa Boston Celtics Puncaki Wilayah Timur, Jayson Tatum Calon Kuat MVPNikola Jokic dan Luka Doncic (nba.com)

Nikola Jokic yang merupakan peraih MVP dalam dua musim terakhir tampil menawan bersama Denver Nuggets dengan membawa timnya menjadi pemuncak wilayah barat. Jokic hampir mencatatkan rata-rata triple double dengan 24,9 poin, 11 rebound, dan 9,7 assist per game.

Selain itu, nama lain yang tak boleh dilewatkan adalah Luka Doncic. Pemain asal Slovenia tersebut mampu membuat rata-rata 34,3 poin yang merupakan catatan tertinggi di NBA musim ini. Bintang Dallas Mavericks tersebut juga menorehkan 9 rebound dan 8,8 assist per game musim ini.

4. Pesaing lain juga tak boleh dianggap remeh

Bawa Boston Celtics Puncaki Wilayah Timur, Jayson Tatum Calon Kuat MVPGiannis Antetokounmpo (nba.com)

Beberapa nama lain yang juga menjadi pesaing Tatum adalah Giannis Antetokounmpo yang bermain untuk Milwaukee Bucks dan andalan Philadelphia 76ers, Joel Embiid. Kedua pemain tersebut mampu mencatatkan rataan lebih dari 30 poin per game.

Kevin Durant juga sempat masuk bursa MVP, tetapi cedera membuat peluangnya meraih MVP mengecil. Selain itu, masih ada beberapa kuda hitam, seperti Ja Morant, Donovan Mitchell, hingga Shai Gilgeous-Alexander yang tampil apik bersama timnya masing-masing.

5. Pemain Celtics sudah lama tak meraih MVP

Bawa Boston Celtics Puncaki Wilayah Timur, Jayson Tatum Calon Kuat MVPLarry Bird (nba.com)

Boston Celtics merupakan tim dengan peraih MVP terbanyak dalam sejarah NBA dengan sepuluh gelar. Namun, terakhir kali ada pemain Celtics yang meraih MVP terjadi pada tahun 1986 ketika Larry Bird mendapat MVP ketiganya secara beruntun.

Selain Bird, pemain Celtics yang mampu meraih MVP adalah Dave Cowens (1973), Bill Russell (1958, 1961, 1962, 1963, dan 1965), serta Bob Cousy (1957). Tatum akan meneruskan jejak para legenda Celtics tersebut jika mampu meraih MVP musim ini.

Performa mengesankan Jayson Tatum ditambah Boston Celtics yang masih bertengger di puncak wilayah timur membuat peluangnya menjadi MVP cukup besar. Meski begitu, Tatum harus bersaing dengan para bintang lainnya yang juga tak kalah gemilang musim ini.

Baca Juga: 5 Fakta Jayson Tatum, Bintang Muda Boston Celtics di NBA

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya