5 Juara Dunia Formula 1 yang Paling Lama Puasa Kemenangan

Termasuk Fernando Alonso

Intinya Sih...

  • Max Verstappen, Lewis Hamilton, dan Fernando Alonso adalah pembalap juara dunia F1 yang masih aktif.
  • Jenson Button meraih kemenangan pertamanya di GP Hungaria setelah 113 balapan, lalu puasa kemenangan selama 78 balapan sejak 2012.
  • Emerson Fittipaldi gagal meraih kemenangan dalam 81 balapan secara beruntun sejak GP Inggris 1975.

Menjadi juara dunia Formula 1 merupakan sebuah pencapaian yang luar biasa. Dengan menjadi juara dunia, mereka berarti telah mengalahkan para pembalap terbaik di seluruh dunia. Pada 2024, terdapat tiga pembalap yang memiliki status juara dunia, yakni Max Verstappen, Lewis Hamilton, dan Fernando Alonso.

Jika Verstappen masih konsisten mendulang kemenangan, maka lain halnya dengan Hamilton dan Alonso yang sudah cukup lama puasa kemenangan. Hamilton terakhir kali berada di puncak podium di GP Arab Saudi 2021. Sementara itu, Alonso jauh lebih lama karena sudah tak meraih kemenangan sejak GP Spanyol 2013.

Titel juara dunia ternyata tak membuat seorang pembalap dengan mudah meraih kemenangan. Bahkan, ada juara dunia yang cukup lama tak berada di puncak podium. Berikut lima pembalap berstatus juara dunia yang paling lama puasa kemenangan.

1. Jenson Button tak meraih kemenangan dalam 78 balapan

5 Juara Dunia Formula 1 yang Paling Lama Puasa KemenanganJenson Button (formula1.com)

Perjalanan karier Jenson Button di Formula 1 memang penuh dengan lika-liku. Debut bersama Williams pada 2000, pembalap asal Inggris tersebut harus menunggu hingga 113 balapan untuk meraih kemenangan pertamanya di Formula 1. Ketika itu, Button mampu meraih kemenangan di GP Hungaria bersama Honda.

Pada 2009, Button yang bergabung dengan Brawn GP menjalani musim terbaik selama di Formula 1. Ia mampu memenangi enam balapan untuk mengunci gelar juara dunia. Itu merupakan satu-satunya gelar juara dunia yang diraih Button.

Setelah meraih gelar juara dunia, Button memutuskan untuk bergabung bersama McLaren. Sempat menjalani beberapa musim yang cukup kompetitif, McLaren mulai goyah pada 2013. Hal itu membuat Button tak berhasil meraih kemenangan selama 78 balapan sejak GP Brasil 2012 hingga pensiun setelah GP Monako 2017.

2. Emerson Fittipaldi gagal meraih kemenangan dalam 81 balapan

5 Juara Dunia Formula 1 yang Paling Lama Puasa KemenanganEmerson Fittipaldi (formula1.com)

Emerson Fittipaldi merupakan pembalap Brasil pertama yang meraih gelar juara dunia Formula 1. Fittipaldi pertama kali menjadi juara dunia bersama Lotus pada 1972. Ia kemudian mengulangi prestasi serupa pada 1974 yang kali itu diraih bersama McLaren.

Pada 1976, Fittipaldi mengambil keputusan mengejutkan dengan meninggalkan McLaren untuk bergabung dengan tim bentukan sang kakak, Wilson Fittpaldi, yakni Fittipaldi. Sayang, keputusan tersebut justru membuat penampilan Emerson Fittipaldi jauh menurun. Ia bahkan tak mampu meraih kemenangan bersama Fittipaldi hingga pensiun pada akhir musim 1980. Emerson Fittipaldi gagal meraih kemenangan dalam 81 balapan secara beruntun sejak GP Inggris 1975.

Baca Juga: 2 dari 3 Pembalap Formula 1 Angkatan 2019 Sudah Menang Balapan

3. Kimi Raikkonen menjuarai GP Amerika Serikat 2018 setelah 112 balapan tanpa kemenangan

5 Juara Dunia Formula 1 yang Paling Lama Puasa KemenanganKimi Raikkonen (formula1.com)

Momen emosional terjadi di GP Amerika Serikat 2018 ketika Kimi Raikkonen keluar sebagai juara bersama Ferrari. Kemenangan itu merupakan kemenangan pertama Raikkonen sejak GP Australia 2013 ketika masih membela Lotus. Hal itu berarti pembalap asal Finlandia tersebut telah melewatkan 112 balapan tanpa kemenangan.

Musim 2018 merupakan musim terakhir Raikkonen sebelum meninggalkan Ferrari. Ia kemudian pindah ke Alfa Romeo yang tampil tak terlalu kompetitif. Hal itu membuat juara dunia Formula 1 2007 tersebut kembali melakoni 60 balapan tanpa kemenangan hingga akhirnya pensiun setelah musim 2021.

4. Jacques Villeneuve menjalani 130 balapan tanpa berada di puncak podium

5 Juara Dunia Formula 1 yang Paling Lama Puasa KemenanganJacques Villeneuve (formula1.com)

Kehadiran Jacques Villeneuve pada 1996 bersama Williams cukup mengejutkan Formula 1. Berstatus sebagai juara IndyCar 1995, Villeneuve hampir menjadi juara pada musim pertamanya di Formula 1. Ia kemudian benar-benar tampil sebagai juara dunia pada 1997 setelah berduel ketat dengan pembalap Ferrari, Michael Schumacher.

Setelah itu, karier pembalap asal Kanada tersebut justru kian menurun, terutama ketika meninggalkan Williams untuk membela BAR pada 1999. Villeneuve tak lagi meraih kemenangan sejak GP Luksemburg 1997. Ketika menjalani balapan terakhir di GP Jerman 2006 bersama BMW Sauber, Villeneuve telah melalui 130 balapan tanpa berada di puncak podium.

5. Fernando Alonso telah melakoni 186 balapan sejak terakhir kali meraih kemenangan

5 Juara Dunia Formula 1 yang Paling Lama Puasa KemenanganFernando Alonso (formula1.com)

Fernando Alonso saat ini merupakan pembalap berstatus juara dunia Formula 1 yang paling lama merasakan puasa kemenangan. Hingga GP Miami 2024, peraih dua gelar juara dunia tersebut telah melakoni 186 balapan tanpa meraih kemenangan. Terakhir kali pembalap asal Spanyol tersebut meraih kemenangan terjadi di GP Spanyol 2013 ketika masih berada di balik kemudi Ferrari.

Setelah musim 2013, Ferrari gagal memberikan mobil yang kompetitif pada 2014 ketika Formula 1 memulai regulasi turbo hybrid. Hal serupa juga kembali dirasakan Alonso ketika bergabung dengan Mclaren periode 2015--2018. Ia kemudian sempat memutuskan untuk hiatus sementara dari Formula 1.

Setelah kembali pada 2021 dengan membela Alpine, Alonso tak kunjung meraih kemenangan. Meski begitu, peluangnya untuk kembali berada di puncak podium belum tertutup. Saat ini, Alonso tampil cukup apik bersama Aston Martin dengan beberapa kali meramaikan persaingan di barisan depan.

Fernando Alonso saat ini merupakan pembalap dengan status juara dunia Formula 1 yang paling lama merasakan puasa kemenangan. Lantas, apakah Alonso mampu meraih kemenangan terakhir sebelum akhirnya pensiun dari ajang balap mobil terpopuler di dunia tersebut?

Baca Juga: Komparasi 103 Podium Kimi Raikkonen dan Max Verstappen di Formula 1

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya