Charles Leclerc Masih Sulit Menang meski Meraih Pole Position

Leclerc selalu kesulitan ketika balapan

Kualifikasi merupakan salah satu momen terpenting bagi setiap pembalap. Mendapat catatan waktu tercepat menjadi target mereka untuk bisa start dari barisan depan atau bahkan pole position. Mengawali balapan dari posisi terdepan juga memberi keuntungan karena tak perlu melewati pembalap lain. Berada di pole position juga bisa mengurangi potensi crash pada awal lap karena berada di tengah kerumunan pembalap.

Namun, posisi start terdepan sepertinya tak terlalu memberi keuntungan berarti bagi pembalap Ferrari, Charles Leclerc. Pembalap asal Monako tersebut gagal membuat pole position menjadi kemenangan di GP Meksiko, Senin (30/10/2023) dini hari. Kegagalan ini sebenarnya bukan pertama kali dialami oleh Leclerc dan harus segera ia atasi untuk balapan beriktunya. 

1. Kunci pole position, Leclerc gagal menang di GP Meksiko

Charles Leclerc Masih Sulit Menang meski Meraih Pole PositionCharles Leclerc (formula1.com)

Charles Leclerc tampil gemilang pada sesi kualifikasi GP Meksiko. Ia menorehkan catatan waktu terbaik untuk mengunci pole position di Sirkuit Hermanos Rodriguez. Rekan setim Leclerc, Carlos Sainz, juga tampil apik dengan menempati posisi kedua. Sementara itu, tempat ketiga diisi oleh pembalap Red Bull, Max Verstappen.

Start dari urutan pertama, Leclerc langsung kehilangan posisi terdepan usai dibalap Max Verstappen di tikungan pertama. Nasib buruk tak berhenti bagi Leclerc karena di tikungan yang sama, mobilnya bersenggolan dengan Sergio Perez. Beruntung, ia masih bisa melanjutkan balapan meski mobilnya mengalami sedikit kerusakan. 

Setelah insiden tersebut, Leclerc melanjutkan balapan dengan menempati posisi kedua. Namun, ia kemudian disalip Lewis Hamilton yang membuatnya mengakhiri balapan di urutan ketiga. Hasil ini membuat Leclerc belum pernah sekali pun menggapai puncak podium musim 2023.

2. Leclerc mengaku puas meski tak meraih kemenangan di GP Meksiko

Charles Leclerc Masih Sulit Menang meski Meraih Pole PositionCharles Leclerc (formula1.com)

Meski gagal meraih kemenangan, Leclerc mengaku puas dengan hasil yang ia dapat, terutama setelah insiden yang dialami pada awal balapan. Meski begitu, Leclerc juga menganggap bahwa performa mobilnya masih belum cukup untuk merebut kemenangan. Ia bahkan mengatakan bahwa Mercedes tampil lebih bagus sehingga bisa finis di depannya.

"Saya pikir secara pribadi saya tidak bisa melakukan hal yang lebih baik lagi, jadi tentu saja saya puas dengan penampilan pribadi saya. Tapi, apakah saya senang dengan performa keseluruhan? Belum, karena saya ingin memenangkan balapan dan saat ini kami tidak punya mobil untuk melakukan itu.

Bahkan, Mercedes tampaknya lebih unggul dari kita saat ini. Sekali lagi, kami mendapat sedikit kerusakan, jadi saya pikir ini berperan dalam hal itu, tapi mereka sangat kuat," ucap Leclerc mengutip situs resmi Formula 1.

3. Leclerc sudah empat kali gagal mengamankan kemenangan dari pole position musim ini

Charles Leclerc Masih Sulit Menang meski Meraih Pole PositionCharles Leclerc (formula1.com)

Kegagalan Leclerc mengonversi pole position menjadi kemenangan ternyata juga ia alami di balapan sebelumnya, yakni GP Amerika Serikat. Bahkan, pada balapan tersebut Leclerc harus didiskualifikasi karena melanggar regulasi teknis di bagian skid block di area floor. Di luar hasil tersebut, Leclerc juga hanya menempati posisi keenam ketika balapan.

Sama seperti di GP Meksiko, Leclerc juga langsung kehilangan posisi pertama tepat setelah bendera start dikibarkan. Posisi Leclerc semakin melorot setelah strategi sekali pit stop yang dilakukan Ferrari ternyata gagal. Ia dengan mudah dilewati pembalap lain yang menggunakan ban yang lebih segar.

Selain GP Meksiko dan Amerika Serikat, Leclerc juga start terdepan di GP Azerbaijan dan GP Belgia. Namun, lagi-lagi Leclerc tak mampu menjadi yang pertama melintasi garis finis. Mobil Ferrari yang ia kendarai terbukti tak punya kecepatan yang cukup untuk melawan pembalap lain, terutama Red Bull.

4. Leclerc sudah lama tak meraih kemenangan dari pole position

Charles Leclerc Masih Sulit Menang meski Meraih Pole PositionCharles Leclerc (formula1.com)

Charles Leclerc telah meraih 22 pole position sepanjang kariernya di Formula 1. Namun, Leclerc hanya mampu meraih empat kemenangan dari posisi tersebut. Sisanya, ia lebih sering turun posisi karena mobilnya tak cukup cepat ataupun kesalahan strategi dari Ferrari.

Leclerc bahkan sudah sebelas kali beruntun gagal meraih kemenangan dari pole position. Terakhir kali ia menang dari posisi terdepan terjadi di GP Australia 2022. Tercatat, hanya Rene Arnoux yang memiliki rekor lebih buruk dari Leclerc dengan 13 kali gagal meraih kemenangan beruntun dari pole position.

Meski Leclerc merupakan pembalap yang cukup kuat ketika sesi kualifikasi, ia sering gagal mengonversinya menjadi kemenangan. Padahal, start terdepan seharusnya menjadi keuntungan bagi Leclerc untuk bisa mengamankan puncak podium.

Baca Juga: Charles Leclerc Beri Pandangan soal Insiden Lap Pertama F1 GP Meksiko

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya