Max Verstappen Menjadi Penguasa Amerika di Formula 1 2023

Bukti dominasi sang juara dunia

Max Verstappen berhasil menjadi juara Formula 1 GP Las Vegas, Minggu (19/11/2023). Verstappen yang mengawali balapan dari posisi kedua berhasil mengatasi perlawanan Charles Leclerc dan Sergio Perez untuk merebut kemenangan. Hasil tersebut membuat Verstappen telah meraih 18 kemenangan musim ini.

Menariknya, sebanyak 6 dari 18 kemenangan tersebut ia catatkan ketika balapan digelar di Amerika, yakni GP Miami, GP Kanada, GP Amerika Serikat, GP Meksiko, GP Brasil, dan GP Las Vegas. Keberhasilan tersebut membuat Verstappen layak menyandang gelar penguasa Amerika pada 2023. Selain meraih kemenangan, Verstappen juga mencatatkan beberapa rekor impresif.

1. Max Verstappen menyapu bersih tiga balapan di Amerika Serikat

Max Verstappen Menjadi Penguasa Amerika di Formula 1 2023Max Verstappen menjuarai GP Amerika Serikat 2023. (formula1.com)

Dengan kemenangan di GP Las Vegas, Max Verstappen menjadi pembalap pertama yang memenangi tiga balapan di Amerika Serikat. Sebelumnya, pembalap asal Belanda tersebut juga sukses naik ke puncak podium di GP Miami dan GP Amerika Serikat. Catatan ini belum pernah dibuat pembalap mana pun ketika Amerika Serikat menggelar tiga balapan.

Pada GP Miami, Verstappen yang memulai balapan dari urutan kesembilan mampu tampil impresif untuk merebut kemenangan. Pada titik ini, Verstappen mulai melebarkan jarak poinnya dari Sergio Perez. Kemenangan ini juga membuat Verstappen mempertahankan takhtanya yang diraih pada 2022.

Pada GP Amerika Serikat, Verstappen yang memulai balapan dari posisi keenam berhasil melewati satu demi satu pembalap untuk meraih puncak podium. Pada balapan ini, Verstappen mampu memenangi sesi sprint race. Kemenangan di GP Amerika Serikat juga merupakan kemenangan ke-50 bagi pembalap berjuluk Mad Max tersebut di Formula 1.

2. Mempersembahkan kemenangan ke-100 bagi Red Bull di GP Kanada

Max Verstappen Menjadi Penguasa Amerika di Formula 1 2023Max Verstappen menjuarai GP Kanada 2023. (formula1.com)

Kemenangan di GP Kanada menjadi momen yang cukup spesial bagi Max Verstappen maupun Red Bull. Kemenangan tersebut merupakan kemenangan ke-41, sekaligus menyamai torehan legenda balap asal Brasil, Ayrton Senna. Bagi Red Bull, ini merupakan kemenangan ke-100 mereka sejak melakoni debut pada 2005.

GP Kanada memperlihatkan bagaimana dominasi Verstappen ketika balapan. Pada sesi kualifikasi, ia berhasil merebut pole position dengan keunggulan 1,2 detik dari peringkat kedua, Nico Huelkenberg. Pada saat balapan, Verstappen tak tersentuh sepanjang 70 putaran untuk merebut kemenangan.

Baca Juga: Sergio Perez Terkejut oleh Manuver Charles Leclerc di F1 GP Las Vegas

3. Mempertahankan dominasi di GP Meksiko

Max Verstappen Menjadi Penguasa Amerika di Formula 1 2023Max Verstappen menjuarai GP Meksiko 2023. (formula1.com)

Dari sekian banyak balapan di Formula 1, GP Meksiko sepertinya menjadi salah satu seri favorit Max Verstappen. Terbukti, ia mampu menjadi juara sebanyak lima kali. Bahkan, kemenangannya pada 2023 ini membuat Verstappen meraih hattrick kemenangan di Sirkuit Hermanos Rodriguez tersebut.

Kemenangan di GP Meksiko juga merupakan kemenangan ke-16 Verstappen pada 2023. Catatan tersebut membuatnya menjadi pembalap dengan kemenangan terbanyak dalam 1 musim. Ia memecahkan rekor atas namanya sendiri ketika memenangi 15 balapan pada 2022 lalu.

4. Merebut kemenangan di sprint dan main race GP Brasil

Max Verstappen Menjadi Penguasa Amerika di Formula 1 2023Max Verstappen menjuarai GP Brasil 2023. (formula1.com)

Max Verstappen kembali menunjukkan dominasinya di GP Brasil. Ia mengawali pekan balap dengan impresif setelah menyabet kemenangan pada sesi sprint raceHasil ini juga merupakan kemenangan keempat pada sesi sprint race musim 2023. Pekan Verstappen kian sempurna setelah menjadi yang tercepat pada balapan utama.

Kemenangan di GP Brasil menorehkan beberapa rekor bagi Verstappen dan Red Bull. Dengan 52 kemenangan, Verstappen melewati catatan kemenangan milik juara dunia 4 kali, Alain Prost yang mengoleksi 51 kemenangan. Bagi Red Bull, GP Brasil merupakan kemenangan ke-19, sekaligus menyamai catatan Mercedes pada 2016 sebagai tim dengan kemenangan terbanyak dalam 1 musim. Mereka juga menjadi tim yang paling banyak memimpin balapan dalam 1 musim.

Max Verstappen berhasil menyapu bersih enam balapan di Amerika pada 2023. Selain menorehkan kemenangan, pembalap asal Belanda tersebut menuai berbagai rekor impresif.

Baca Juga: Max Verstappen Menang di F1 GP Meksiko 2023, Sergio Perez Gagal Finis

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya