Melihat Rekor Doc Rivers ketika Menjadi Pelatih NBA All-Star

Empat kali menjadi pelatih All-Star

Terpilihnya Doc Rivers menjadi pelatih tim Wilayah Timur di NBA All-Star 2024 terbilang cukup menarik. Pasalnya, ia baru bergabung dengan Milwaukee Bucks beberapa laga sebelum terpilih. Bucks sempat dilatih Adrian Griffin yang akhirnya dipecat setelah meraih rekor 30-13 dan menempati peringkat kedua Wilayah Timur.

NBA All-Star 2024 merupakan kali keempat Rivers terpilih sebagai pelatih. Jumlah tersebut hanya kalah dari Fred Schaus (5 kali), KC Jones (5 kali), Pat Riley (9 kali), dan Red Auerbach (11 kali). Di antara pelatih yang masih aktif, hanya Gregg Popovich yang memiliki jumlah yang sama dengan Rivers. Jadi tambah menarik melihat rekor Doc Rivers ketika menjadi pelatih NBA All-Star.

1. Doc Rivers meraih kemenangan pada 2008

Melihat Rekor Doc Rivers ketika Menjadi Pelatih NBA All-StarLeBron James (membawa bola) menjadi MVP NBA All Star 2008. (nba.com)

Doc Rivers pertama kali terpilih sebagai pelatih NBA All-Star pada 2008. Rivers terpilih setelah membawa Boston Celtics menjadi pemilik rekor terbaik di Wilayah Timur dengan rekor 41-9. Pada tahun yang sama, Rivers juga berhasil mengantarkan Celtics menjadi juara NBA setelah mengalahkan Los Angeles Lakers di partai final.

Di NBA All-Star 2008, Wilayah Timur menurunkan Jason Kidd, Dwyane Wade, LeBron James, Chris Bosh, dan Dwight Howard sebagai starterSementara itu, Wilayah Barat yang dilatih Byron Scott diisi Allen Iverson, Kobe Bryant, Carmelo Anthony, Tim Duncan, dan Yao Ming sebagai starter. Pertandingan NBA All-Star kali itu diselenggarakan di New Orleans Arena, New Orleans, Amerika Serikat.

Tim Wilayah Timur terlihat mendominasi sejak awal pertandingan. Mereka unggul 34-28 pada kuarter pertama. Keunggulan Wilayah Timur makin besar dengan 74-65. Pada akhir pertandingan, Wilayah Timur berhasil meraih kemenangan dengan skor 134-128 atas Wilayah Barat.

Kemenangan ini cukup spesial bagi Doc Rivers yang pertama kali menjadi pelatih All-Star. LeBron James tampil sebagai MVP setelah membukukan 27 poin, 9 assist, dan 8 rebound. Sementara itu, Brandon Roy menjadi pemain terbaik Wilayah Barat dengan koleksi 18 poin, 5 assist, dan 9 rebound.

2. Gregg Popovich mengalahkan Doc Rivers pada 2011

Melihat Rekor Doc Rivers ketika Menjadi Pelatih NBA All-StarKobe Bryant (nomor 24) menjadi MVP NBA All Star 2011. (nba.com)

Pada 2011, Doc Rivers kembali terpilih sebagai pelatih NBA All-Star Wilayah Timur. Kali itu, Rivers melawan pelatih San Antonio Spurs, Gregg Popovich. Bagi kedua pelatih tersebut, NBA All-Star 2011 merupakan kali kedua mereka terpilih sebagai pelatih.

Pertandingan All-Star kali itu diselenggarakan di Staples Center, Los Angeles, Amerika Serikat. Tim Wilayah Timur yang dikomandoi Rivers diisi Derrick Rose, Dwyane Wade, LeBron James, Amar'e Stoudemire, dan Dwight Howard sebagai starter. Sementara itu, Wilayah Barat dihuni Chris Paul, Kobe Bryant, Carmelo Anthony, Kevin Durant, dan Tim Duncan sebagai starter.

Wilayah Timur harus mengakui keunggulan Wilayah Barat dengan skor 143-148. Koleksi masing-masing 29 poin dari James dan Stoudemire tak mampu membawa Wilayah Timur meraih kemenangan. Sementara itu, Kobe Bryant menjadi MVP setelah mencetak 37 poin bagi anak asuh Popovich. Ini merupakan kekalahan pertama Rivers sebagai pelatih NBA All-Star.

Baca Juga: 4 NBA All-Star yang Bela Timnas AS di FIBA World Cup 2023

3. Doc Rivers tak mampu membawa Team Durant menang pada 2021

Melihat Rekor Doc Rivers ketika Menjadi Pelatih NBA All-StarGiannis Antetokounmpo menjadi MVP NBA All Star 2021. (nba.com)

Rekor apik yang diraih Philadelphia 76ers membuat Doc Rivers kembali terpilih sebagai pelatih NBA All-Star pada 2021. Berbeda dengan sebelumnya, kali itu format yang dipakai adalah dua tim dengan masing-masing kapten memilih pemain yang akan bergabung dengan timnya. Ketika itu, LeBron James dan Kevin Durant terpilih sebagai kapten.

Rivers menjadi pelatih bagi Team Durant yang dihuni Kyrie Irving, Joel Embiid, Kawhi Leonard, Bradley Beal, dan Jayson Tatum sebagai starterSementara itu, Team LeBron yang diasuh Quinn Snyder diisi LeBron James, Giannis Antetokounmpo, Stephen Curry, Luka Doncic, dan Nikola Jokic sebagai starter. Kali itu, NBA All-Star sendiri bertempat di State Farm Arena, Atlanta, Amerika Serikat.

Anak asuh Rivers tak mampu berbuat banyak setelah tunduk dengan skor 150-170. Giannis yang tampil sebagai MVP berhasil membukukan 35 poin bagi Team LeBron. Sementara itu, Bradley Beal menjadi penyumbang poin terbanyak bagi Team Durant dengan 26 poin.

4. Terpilih pada 2024 dengan cara yang unik

Melihat Rekor Doc Rivers ketika Menjadi Pelatih NBA All-StarDoc Rivers (nba.com)

Doc Rivers berhak menjadi pelatih NBA All-Star setelah Milwaukee Bucks menduduki peringkat kedua Wilayah Timur 2023/2024. Joe Mazzulla yang membawa Boston Celtics meraih rekor terbaik di Wilayah Timur tak berhak menjadi pelatih karena sudah terpilih di NBA All-Star 2023. Menurut aturan NBA, seorang pelatih tak boleh menjadi pelatih All-Star dalam 2 musim secara beruntun.

Terpilihnya Rivers juga cukup unik karena ia baru masuk pada pertengahan musim menggantikan Adrian Griffin. Pelatih terakhir yang terpilih sebagai pelatih All-Star meski baru masuk pada pertengahan musim adalah Tyronn Lue pada 2016. Lue ketika itu menggantikan David Blatt sebagai arsitek Cleveland Cavaliers.

Di All-Star 2024, NBA kembali menggunakan format Wilayah Barat vs Wilayah Timur. Rivers yang menjadi pelatih Wilayah Timur akan diperkuat Tyrese Haliburton, Damian Lillard, Giannis Antetokounmpo, Jayson Tatum, dan Joel Embiid sebagai starterNama terakhir dipastikan absen karena masih mengalami cedera. 

Rivers akan melawan Wilayah Barat yang dilatih arsitek Minnesota Timberwolves, Chris Finch. Wilayah Barat juga cukup tangguh dengan Luka Doncic, Shai Gilgeous-Alexander, Kevin Durant, LeBron James, dan Nikola Jokic sebagai starterPertandingan All-Star 2024 akan berlangsung di Gainbridge Fieldhouse, Indianapolis, Amerika Serikat, Senin (19/2/2024).

Doc Rivers kembali terpilih sebagai pelatih NBA All-Star 2024. Lantas, akankah ia mampu membawa Wilayah Timur meraih kemenangan atau justru bertekuk lutut dari Wilayah Barat? Kita lihat saja!

Baca Juga: 5 Fakta Unik Soal NBA All Star 2024, LeBron James Pecahkan Rekor

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya