Memphis Grizzlies Kacau Balau pada Awal Musim NBA 2023/2024

Ja Morant masih terkena sanksi

Memphis Grizzlies dikalahkan Portland Trail Blazers pada laga keenam NBA 2023/2024, Sabtu (4/11/2023). Kekalahan atas Blazers membuat Grizzlies sama sekali belum mencatatkan kemenangan pada awal musim ini. Hal ini membuat mereka terdampar di dasar klasemen Wilayah Barat. Grizzlies juga menjadi satu-satunya tim yang belum meraih kemenangan musim ini.

Salah satu penyebab anjloknya perfoma Grizzlies karena mereka ditinggal bintang utama mereka, Ja Morant, yang terkena sanksi dari NBA. Hasil ini jelas berbanding terbalik dengan apa yang terjadi musim lalu, di mana Grizzlies berhasil menjadi tim peringkat kedua Wilayah Barat. Grizzlies harus segera berbenah jika tak ingin hancur musim ini.

1. Memphis Grizzlies belum bisa meraih kemenangan

Memphis Grizzlies Kacau Balau pada Awal Musim NBA 2023/2024Memphis Grizzlies kalah 113-115 dari Portland Trail Blazers pada NBA 2023/2024. (nba.com)

Kekalahan atas Portland Trail Blazers membuat Memphis Grizzlies selalu kalah dalam enam pertandingan awal NBA 2023/2024. Grizzlies kalah dengan skor 113-115 setelah melalui babak overtime. Sebelumnya, mereka mampu menahan Blazers pada waktu normal dengan kedudukan 102-102.

Hasil buruk ini membuat rentetan kekalahan Grizzlies belum terputus. Selain menghadapi Blazers, Grizzlies juga takluk ketika bertemu New Orleans Pelicans, Denver Nuggets, Washington Wizards, Dallas Mavericks, dan Utah Jazz. Pada pertandingan ketujuh, Grizzlies akan kembali berhadapan dengan Blazers.

2. Ja Morant dihukum 25 pertandingan oleh NBA

Memphis Grizzlies Kacau Balau pada Awal Musim NBA 2023/2024Ja Morant (nba.com)

Ja Morant merupakan salah satu pemain muda yang cukup sensasional sejak debut pada 2019. Morant merupakan peraih NBA Rookie of the Year 2020 dan sudah dua kali masuk NBA All-Star pada 2022 dan 2023. Berkat performanya ini, Grizzlies dibawanya menjadi salah satu tim yang cukup diperhitungkan di Wilayah Barat.

Meski begitu, Morant tak bisa membela Grizzlies pada awal musim 2023/2024. Hal itu karena Morant kedapatan menunjukkan senjata api di akun media sosial miliknya. Akibatnya, Morant dijatuhi hukuman larangan bertanding sebanyak 25 laga. Ini merupakan hukuman kedua Morant setelah sempat dihukum delapan pertandingan karena alasan yang sama.

Kehilangan Morant jelas menjadi pukulan berat bagi anak asuh Taylor Jenkins tersebut. Musim lalu, Morant merupakan pencetak poin dan assist utama Grizzlies dengan koleksi 26,2 poin dan 8,1 assist per game. Tanpa Morant, Grizzlies seperti kehilangan nyawa dalam serangan mereka. Selain Morant, Grizzlies juga ditinggal Dillon Brooks yang memilih hengkang ke Houston Rockets.

Baca Juga: 10 Potret Ja Morant, Bintang Muda Memphis Grizzlies 

3. Hasil yang jauh berbeda dibanding musim lalu

Memphis Grizzlies Kacau Balau pada Awal Musim NBA 2023/2024Memphis Grizzlies (nba.com)

Hasil 0-6 pada awal NBA 2023/2024 jelas sangat berbeda dari apa yang mereka raih musim lalu. Ketika itu, dari 6 laga awal, mereka mampu mendulang 4 kemenangan dan hanya menderita 2 kekalahan. Grizzlies juga mempunyai rekor 16-9 setelah 25 pertandingan awal musim lalu.

Bahkan, mereka mampu menjadi peringkat kedua di Wilayah Barat dengan rekor 51-31. Catatan tersebut hanya kalah dari sang juara NBA, Denver Nuggets. Sayang, pada babak playoff, langkah Grizzlies terhenti lebih cepat di tangan Los Angeles Lakers dalam drama enam game.

4. Pekerjaan berat bagi Taylor Jenkins

Memphis Grizzlies Kacau Balau pada Awal Musim NBA 2023/2024Taylor Jenkins (nba.com)

Pelatih Grizzlies, Taylor Jenkins, punya tugas berat untuk mengembalikan performa timnya musim ini. Ia harus secepatnya membuat perbaikan jika tak ingin rentetan kekalahan ini terus berlanjut. Jenkins harus bisa memaksimalkan potensi para pemainnya hingga Ja Morant bisa kembali ke lapangan.

Ketika Morant absen, Desmond Bane menjadi pendulang poin utama bagi Grizzlies. Sejauh ini, pemain berusia 25 tahun tersebut membukukan rataan 26 poin per game. Kemudian, ada Jaren Jackson Jr, Marcus Smart, dan Ziaire Williams yang juga mencatatkan dua digit poin musim ini.

Kedatangan Marcus Smart dari Boston Celtics seharusnya mampu memperkuat sektor pertahanan mereka. Hal ini membuat Grizzlies punya dua pemain yang mempunyai gelar Defensive Player of the Year setelah musim lalu Jaren Jackson Jr juga meraih penghargaan serupa. Namun, Grizzlies musim ini justru menjadi salah satu tim dengan defensive rating terburuk di NBA.

Memphis Grizzlies harus segera berbenah agar bisa memutus hasil selalu kalah dalam enam pertandingan awal. Jika hasil ini terus berlanjut, maka Grizzlies akan sulit menembus playoff meski Ja Morant sudah kembali.

Baca Juga: 3 Pemain Bintang Memphis Grizzlies di NBA 2023/2024, Ada Marcus Smart

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya