Mick Schumacher Jadi Pembalap Cadangan McLaren di Formula 1 2023

Schumacher juga mengemban peran yang sama di Mercedes

McLaren mengumumkan jika mereka telah mencapai kata sepakat dengan Mercedes untuk memakai jasa Mick Schumacher sebagai pembalap cadangan Formula 1 2023. Mick Schumacher sebelumnya memang lebih dulu ditunjuk sebagai pembalap cadangan bagi Mercedes.

Kesempatan ini jelas menjadi kabar baik bagi Mick yang masih ingin balapan di Formula 1. Pembalap asal Jerman tersebut berkesempatan turun di beberapa sesi latihan bebas, bahkan berpeluang menggantikan Lando Norris atau Oscar Piastri jika keduanya berhalangan ketika race.

1. Mick Schumacher akan jadi pembalap cadangan bagi Mercedes dan McLaren

Setelah tak mendapat perpanjangan kontrak dari Haas, Mick Schumacher tak ingin jauh-jauh dari Formula 1. Keinginan tersebut akhirnya dijawab oleh Mercedes dengan menjadikannya sebagai pembalap cadangan mereka untuk musim 2023.

Tak hanya Mercedes, McLaren yang merupakan konsumen dari mesin buatan Mercedes juga telah menjadikan pembalap muda asal Jerman tersebut sebagai pembalap cadangan mereka. Hal ini tentu akan membuat Mick punya banyak kesempatan belajar dan menjadi lebih baik lagi.

2. Mick Schumacher akan berbagi peran dengan Alex Palou

Mick Schumacher Jadi Pembalap Cadangan McLaren di Formula 1 2023Alex Palou (mclaren.com)

Mick Schumacher tak akan sendirian menjalani perannya sebagai pembalap cadangan bagi McLaren. Ia akan berbagi peran yang sama dengan Alex Palou. Palou merupakan pembalap asal Spanyol berkompetisi di ajang IndyCar.

Berbeda dengan Mick, Palou sudah pernah menjajal mobil McLaren ketika mereka balapan di GP Amerika Serikat 2022. Selain Palou, Pato O'Ward yang juga pembalap IndyCar ikut serta dalam sesi latihan bebas GP Abu Dhabi 2022.

Baca Juga: Mick Schumacher Bicara Soal Rekor Ayahnya yang Dilewati Max Verstappen

3. Bukan kali pertama Mercedes dan McLaren berbagi pembalap cadangan

Mick Schumacher Jadi Pembalap Cadangan McLaren di Formula 1 2023Nyck de Vries (formula1.com)

Ini bukanlah kali pertama Mercedes dan McLaren saling berbagi pembalap cadangan mereka. Sebelumnya, di musim 2022 kedua tim tersebut juga memiliki pembalap cadangan yang sama, yakni Stoffel Vandoorne dan Nyck de Vries.

Kerja sama ini terjadi karena McLaren merupakan konsumen dari mesin Mercedes sejak musim 2021 dan sebelumnya juga punya sejarah bagus dengan pabrikan asal Jerman tersebut. Tak heran jika mereka kembali berbagi pembalap cadangan untuk musim 2023.

4. Mick Schumacher akan bekerja sama dengan Andrea Stella

Mick Schumacher Jadi Pembalap Cadangan McLaren di Formula 1 2023Andrea Stella (formula1.com)

Dengan bergabungnya Mick Schumacher ke dalam McLaren, ia berkesempatan bekerja sama dengan Andrea Stella yang juga Team Principal McLaren. Sebelumnya, Stella merupakan mantan mekanik dari ayah Mick Schumacher, Michael Schumacher, ketika mereka berada di Ferrari dari 2002--2006.

Kebersamaan antara Michael Schumacher dan Stella berujung manis karena Michael benar-benar dominan bersama tim kuda jingkrak saat itu. Hasil yang sama juga bisa saja terjadi pada Mick jika ia mampu mengambil banyak pelajaran dari Stella yang terbukti sukses bersama Michael Schumacher.

5. Bisa jadi ajang unjuk kemampuan bagi Mick Schumacher

Mick Schumacher Jadi Pembalap Cadangan McLaren di Formula 1 2023Mick Schumacher (formula1.com)

Peran pembalap cadangan di Formula 1 tak boleh dipandang sebelah mata. Selain bisa menggantikan pembalap utama ketika berhalangan, mereka juga bisa ikut dalam pengembangan mobil. Bahkan, Mick berpotensi kembali ke Formula 1 jika berhasil menunjukkan performa bagus di sesi latihan bebas ataupun race jika diberi kesempatan.

Hal itu sudah terbukti ketika musim lalu Nyck de Vries tampil apik di GP Italia 2022. Menjalani balapan debutnya bersama Williams, de Vries berhasil finis kesembilan. Bahkan, musim ini ia diberi kontrak satu musim penuh oleh Alpha Tauri.

Melihat apa yang dialami de Vries, bukan tak mungkin juga terjadi pada Mick. Toto Wolff selaku Team Principal Mercedes juga mendukung penuh potensi Mick dan berharap ia kembali mendapat kursinya suatu saat nanti.

Kehadiran Mick Schumacher sebagai pembalap cadangan bagi McLaren tentunya jadi hal bagus bagi kedua belah pihak. Mick bisa mendapat pengalaman berharga, sementara McLaren tak perlu khawatir jika Lando Norris atau Oscar Piastri tak bisa melakoni balapan.

Baca Juga: 5 Momen Tak Terlupakan Mick Schumacher pada Formula 1 2022

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya