7 Pebasket Eropa yang Nomornya Dipensiunkan oleh Tim NBA

Memphis Grizzlies memensiunkan nomor 33 Marc Gasol

NBA tak hanya dihiasi oleh pemain Amerika Serikat. Banyak pebasket dari belahan dunia lain yang pernah bermain di kompetisi basket terbaik di dunia tersebut. Eropa menjadi salah satu tempat lahirnya para pebasket kelas dunia yang pernah bersinar di NBA.

Salah satu pemain tersebut adalah pebasket asal Spanyol, Marc Gasol. Penampilan apik Gasol selama membela Memphis Grizzlies membuat nomor 33 tak boleh dipakai oleh pemain lain. Selama membela Grizzlies, Gasol dikenal sebagai pemain yang cukup solid, terutama dalam hal bertahan.

Menariknya, Gasol bukanlah pemain Eropa pertama yang mendapat penghormatan besar tersebut. Termasuk Gasol, berikut tujuh pemain Eropa yang nomornya dipensiunkan oleh tim NBA.

1. Nomor 3 milik Drazen Petrovic tak boleh lagi dipakai oleh pemain Brooklyn Nets

7 Pebasket Eropa yang Nomornya Dipensiunkan oleh Tim NBADrazen Petrovic (nba.com)

NBA mulai melebarkan sayap ke kancah internasional pada era 1980-an dengan mendatangkan beberapa pemain luar Amerika Serikat. Salah satu pemain tersebut adalah Drazen Petrovic yang dipilih pada NBA Draft 1986 di urutan ke-60 leh Portland Trail Blazers. Namun, pemain asal Kroasia tersebut baru memainkan laga pertama di NBA pada 1989.

Bersama Blazers, Petrovic tak mendapat banyak menit bermain karena kalah bersaing dengan Clyde Drexler dan hanya mencatatkan 7,6 poin per game. Pemain yang dijuluki Mozart of Basketball tersebut mulai menunjukkan performa terbaik ketika pindah ke New Jersey Nets pada 1991. Menit bermain yang mulai meningkat membuat rata-rata poin Petrovic mencapai titik tertinggi dengan 22,3 poin per game pada 1992/1993.

Sayang, di tengah performa yang tengah meningkat, Petrovic meninggal secara tragis akibat kecelakaan. Setelah itu, Nets memutuskan untuk memensiunkan nomor 3 milik Petrovic. NBA juga mengheningkan cipta tepat sebelum pertandingan pertama final NBA 1993.

2. Sacramento Kings memensiunkan nomor 16 milik Peja Stojakovic

7 Pebasket Eropa yang Nomornya Dipensiunkan oleh Tim NBAPeja Stojakovic (nba.com)

Peja Stojakovic dipilih Sacramento Kings pada NBA Draft 1996 di urutan ke-14. Pemain yang berposisi sebagai small forward tersebut mampu membawa Kings berjaya pada awal 2000-an. Mereka mampu bersaing dengan para tim papan atas di Wilayah Barat, seperti San Antonio Spurs dan Los Angeles Lakers.

Bersama Kings, pemain asal Serbia tersebut terpilih sebanyak tiga kali dalam NBA All Star. Stojakovic juga merupakan pemilik tembakan tiga angka tertinggi dalam sejarah Kings sebelum akhirnya disalip Buddy Hield. Pada 2006, Stojakovic mengakhiri kebersamaan dengan Kings untuk membela Indiana Pacers.

Pada penghujung kariernya, Stojakovic berhasil menjadi juara NBA bersama Dallas Mavericks. Sesuatu yang tak pernah ia raih ketika membela Kings. Setelah memutuskan untuk pensiun, Kings kemudian memensiunkan nomor 16 yang telah identik dengan Stojakovic.

3. Sacramento Kings juga melarang pemain lain mengenakan nomor 21 milik Vlade Divac

7 Pebasket Eropa yang Nomornya Dipensiunkan oleh Tim NBAVlade Divac (nba.com)

Nomor 16 milik Peja Stojakovic bukanlah satu-satunya nomor pemain Eropa yang dipensiunkan oleh Sacramento Kings. Kings juga melarang pemain lain mengenakan nomor 21 yang dipakai oleh Vlade Divac. Sama seperti Stojakovic, Divac juga membawa Kings menjadi salah satu tim yang cukup ditakuti pada awal 2000-an.

Kedua pemain tersebut mampu membawa Kings meraih rekor menang kalah terbaik dalam sejarah tim, yakni 61-21 pada 2001/2002. Kings juga selalu mencapai babak playoff dalam enam musim beruntun dari 1998/1999--2003/2004. Bahkan, playoff 2003/2004 merupakan yang terakhir bagi Kings sebelum kembali pada 2022/2023.

Pada 2004, pemain asal Serbia tersebut memutuskan untuk hengkang menuju Los Angeles Lakers yang merupakan tim pertamanya di NBA. Semusim berselang, pemain asal Serbia tersebut memutuskan untuk pensiun dari dunia basket. Kini tak akan ada pemain Kings lain yang mengenakan nomor 21.

Baca Juga: 5 Pebasket Prancis yang Pernah Juara NBA, Ada Tony Parker

4. Nomor 9 milik Tony Parker tak akan pernah dipakai oleh pemain San Antonio Spurs

7 Pebasket Eropa yang Nomornya Dipensiunkan oleh Tim NBATony Parker (nba.com)

Tony Parker bersama Tim Duncan dan Manu Ginobili dikenal sebagai Big Three San Antonio Spurs. Ketiganya membawa Spurs menjadi salah satu kekuatan besar di NBA. Bersama Spurs, pemain asal Prancis tersebut meraih 4 gelar juara, 1 Final MVP, dan 6 kali All Star.

Parker sering disebut sebagai point guard terbaik yang pernah bermain untuk Spurs. Ia merupakan pemilik assist terbanyak dalam sejarah Spurs dengan 6.829 assist. Tak heran Spurs memensiunkan nomor 9 milik Parker.

5. Dirk Nowitzki mendapat penghormatan dari Dallas Maverick dengan memensiunkan nomor 41

7 Pebasket Eropa yang Nomornya Dipensiunkan oleh Tim NBADirk Nowitzki (nba.com)

Dirk Nowitzki merupakan pemain terbaik yang pernah membela Dallas Mavericks. Pemain asal Jerman tersebut membawa Mavericks meraih gelar juara pada 2011 dengan mengalahkan Miami Heat yang bertabur bintang. Selain itu, Nowitzki juga memiliki 1 gelar MVP, 1 Final MVP, dan 14 kali masuk All Star.

Dengan koleksi 31.560 poin, Nowitzki merupakan pemilik poin terbanyak keenam dalam sejarah NBA sekaligus pemain asing dengan poin terbanyak. Nowitzki juga merupakan pemain yang setia karena hanya membela Mavericks selama 21 tahun bermain di NBA. Sebagai bentuk penghormatan, Mavericks kemudian memensiunkan nomor 41 yang sudah lekat dengan Nowitzki.

6. Nomor 16 milik Pau Gasol tak lagi boleh dipakai pemain Los Angeles Lakers

7 Pebasket Eropa yang Nomornya Dipensiunkan oleh Tim NBAPau Gasol (nba.com)

Kedatangan Pau Gasol pada 2008 membawa perubahan bagi Los Angeles Lakers. Sebelumnya, Lakers yang hanya mengandalkan Kobe Bryant cukup kesulitan di Wilayah Barat. Setelahnya, Lakers berhasil 3 kali menembus partai final secara beruntun dengan 2 di antaranya keluar sebagai juara.

Selain bersama Lakers, pemain asal Spanyol tersebut juga pernah membela Memphis Grizzlies, Chicago Bulls, San Antonio Spurs, dan Milwaukee Bucks. Gasol memutuskan pensiun pada 2021 ketika membela tim masa kecilnya, Barcelona. Kini, tak akan ada pemain Lakers lain yang mengenakan nomor 16.

7. Memphis Grizzlies memensiunkan nomor 33 milik Marc Gasol

7 Pebasket Eropa yang Nomornya Dipensiunkan oleh Tim NBAMarc Gasol (nba.com)

Marc Gasol merupakan adik Pau Gasol yang dipilih oleh Los Angeles Lakers pada NBA Draft 2007 di urutan ke-48. Pemain asal Spanyol tersebut kemudian ditukar ke Memphis Grizzlies yang juga melibatkan sang kakak. Momen tersebut ternyata menjadi berkah tersendiri bagi Gasol.

Performa Gasol mengalami peningkatan sehingga mampu membawa Grizzlies secara konsisten menembus playoff. Gasol dikenal sebagai pemain bertahan yang cukup tangguh karena pernah meraih NBA Defensive Player of the Year pada 2013. Gasol juga tercatat tiga masuk All Star.

Gasol menduduki peringkat pertama dalam hal rebound (5.925 rebound) dan blok (1.135 blok) serta peringkat kedua dalam hal poin (11.684 poin) dan assist (2.639 assist) dalam sejarah Grizzlies. Tak heran jika Grizzlies kemudian memensiunkan nomor 33 milik Gasol. Ia menjadi pemain kedua setelah Zach Randolph yang nomornya dipensiunkan oleh Grizzlies.

Ketujuh pemain Eropa tersebut mampu tampil apik selama bermain di NBA. Tak heran jika tim-tim tersebut memberikan penghormatan besar dengan memensiunkan nomor yang pernah mereka pakai.

Baca Juga: 7 Center yang Terpilih sebelum Marc Gasol pada NBA Draft 2007

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya