5 Pemain yang Cetak 100 Triple-double sebelum Nikola Jokic

Dua di antaranya masih aktif bermain

Nikola Jokic sukses mencetak triple-double ke-100 di NBA ketika Denver Nuggets mengalahkan Houston Rockets di Toyota Center, Houston, Texas, Amerika Serikat, Rabu (1/3/2023). Jokic mengumpulkan 14 poin, 10 assist, dan 11 rebound sekaligus membawa Nuggets menang 133-112.

Dengan raihan tersebut, pemain asal Serbia itu menjadi pemain keenam dalam sejarah NBA yang mampu mencatatkan seratus triple-double. Berikut lima pemain yang cetak seratus triple-double sebelum Nikola Jokic.

1. LeBron James (106)

5 Pemain yang Cetak 100 Triple-double sebelum Nikola JokicLeBron James (nba.com)

LeBron James masih menampilkan performa luar biasa pada usia yang sudah menginjak 38 tahun. Bintang milik Los Angeles Lakers tersebut bahkan baru saja memecahkan rekor poin terbanyak dalam sejarah NBA. Ia melewati catatan Kareem Abdul-Jabbar.

Dikenal sebagai pemain serbabisa, James punya catatan 106 triple-double sepanjang kariernya. Sayang, ia kemungkinan absen pada sisa musim reguler karena mengalami cedera ketika timnya berjumpa Dallas Mavericks.

2. Jason Kidd (107)

5 Pemain yang Cetak 100 Triple-double sebelum Nikola JokicJason Kidd (nba.com)

Jason Kidd dikenal sebagai salah satu point guard terbaik yang pernah bermain di NBA. Pria yang kini mengasuh Dallas Mavericks tersebut punya banyak statistik mengagumkan soal triple-double. Salah satunya adalah mencatatkan minimal sekali triple-double selama 17 musim beruntun di NBA. 

Kidd sempat dua kali menembus partai final secara beruntun ketika membela New Jersey Nets, tetapi keduanya berujung dengan kekalahan. Ia akhirnya mendapatkan cincin juara di pengujung kariernya bersama Dallas Mavericks.

3. Magic Johnson (138)

5 Pemain yang Cetak 100 Triple-double sebelum Nikola JokicMagic Johnson (nba.com)

Magic Johnson merupakan kunci permainan Los Angeles Lakers pada era 1980-an. Selain andal dalam mengumpan dan mencetak angka, Johnson yang berpostur cukup tinggi untuk seorang point guard membuatnya unggul ketika melakukan rebound.

Aksi-aksi ajaibnya ketika berada di lapangan membuat Lakers era itu mendapat julukan showtime. Permainan mereka sangat menghibur. Selama kariernya, Magic meraih 3 gelar MVP dan 5 titel juara NBA bersama Los Angeles Lakers.

Baca Juga: LeBron James Bikin Rekor, Kini Raja Poin Sepanjang Masa NBA

4. Oscar Robertson (181)

5 Pemain yang Cetak 100 Triple-double sebelum Nikola JokicOscar Robertson (nba.com)

Oscar Robertson merupakan pemain pertama dalam sejarah NBA yang mampu membuat rataan triple-double dalam satu musim. Raihan impresif tersebut terjadi pada 1961/1962. Robertson saat itu mencatatkan 30,8 poin, 12,5 rebound, dan 11,4 assist. 

Robertson juga merupakan point guard dengan raihan poin tertinggi dalam sejarah NBA. Ia mengoleksi 26.710 poin selama 14 tahun kariernya membela Cincinnati Royals dan Milwaukee Buck. Bersama Bucks, pemain berjuluk The Big O tersebut juga sukses menyabet titel juara pada 1971.

5. Russell Westbrook (198)

5 Pemain yang Cetak 100 Triple-double sebelum Nikola JokicRussell Westbrook (nba.com)

Butuh waktu hingga 50 tahun hingga ada pemain lain yang mampu mencatatkan rata-rata triple-double setelah Oscar Robertson. Rekor impresif tersebut berhasil dibuat Russell Westbrook pada 2016/2017.

Berkat catatan 31,6 poin, 10,7 rebound, dan 10,4 assist per game, Westbrook diganjar gelar MVP. Ia juga memegang rekor triple-double terbanyak dengan 198 triple-double. Ini kemungkinan bertambah karena Westbrook masih aktif bermain.

Jika mampu mempertahankan catatan apiknya musim ini, Nikola Jokic bisa menjadi orang ketiga yang mampu mencatatkan rataan triple-double. Itu juga akan membuat langkahnya menuju gelar MVP ketiganya secara beruntun makin dekat.

Baca Juga: Peluang Nikola Jokic Raih MVP NBA Ketiga, Samai Larry Bird

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya