Comscore Tracker

5 Pembalap Berpotensi Gantikan Nicholas Latifi di Williams Musim 2023

Ada Logan Sargeant hingga Nyck de Vries

Williams masih menyisakan satu kursi kosong untuk Formula 1 2023 setelah mereka tak memperpanjang kontrak Nicholas Latifi. Pembalap asal Kanada tersebut memang tak terlihat mengalami peningkatan performa dalam tiga musim bersama Williams.

Beberapa pembalap digadang-gadang akan menjadi pendamping bagi Alex Albon musim depan. Ada yang sudah punya segudang pengalaman di Formula 1, tetapi ada juga pembalap muda yang punya potensi besar. Berikut sederet pembalap berpotensi gantikan Nicholas Latifi di Williams untuk musim Formula 1 2023.

1. Nyck de Vries

5 Pembalap Berpotensi Gantikan Nicholas Latifi di Williams Musim 2023Nyck de Vries (formula1.com)

Nama Nyck de Vries mencuat ketika ia menjadi pengganti bagi Alex Albon di GP Italia. Meski baru melakoni debutnya di Formula 1, pembalap asal Belanda tersebut tampil gemilang dan mampu mencuri dua angka berkat finis kesembilan.

Namun, Williams bukanlah satu-satunya tim yang menginginkan jasa juara dunia Formula 2 dan Formula E tersebut. Alpine dan Alpha Tauri juga mengincar de Vries sebagai pilot mereka untuk musim F1 2023.

2. Logan Sargeant

5 Pembalap Berpotensi Gantikan Nicholas Latifi di Williams Musim 2023Logan Sargeant (formula1.com)

Seperti beberapa tim lainnya, Williams juga punya akademi balap mereka sendiri. Salah satu bibit muda yang tengah naik daun adalah Logan Sargeant. Dengan sisa satu balapan lagi di Formula 2, Sargeant saat ini masih menduduki peringkat ketiga klasemen sementara.

Sargeant juga berkesempatan menjajal mobil FW44 pada GP Amerika Serikat yang juga merupakan balapan kandangnya. Jika berhasil tampil meyakinkan pada sesi latihan bebas tersebut, bukan tak mungkin Sargeant punya kesempatan menjadi pembalap utama di Williams Racing.

Baca Juga: Yuki Tsunoda Masih Bertahan di AlphaTauri untuk Formula 1 2023

3. Antonio Giovinazzi

5 Pembalap Berpotensi Gantikan Nicholas Latifi di Williams Musim 2023Antonio Giovinazzi (formula1.com)

Antonio Giovinazzi kehilangan kursinya di Alfa Romeo pada musim 2022. Prestasinya sebenarnya tak terlalu mencolok dan lebih sering kalah dari rekan setimnya, Kimi Raikkonen, yang usianya tak lagi muda.

Musim Formula 1 2022 ini, pembalap didikan Ferrari tersebut tampil di ajang Formula E. Jika Williams mencari pembalap yang sudah kenyang pengalaman di Formula 1, Giovinazzi mungkin bisa jadi opsi bagi mereka.

4. Mick Schumacher

5 Pembalap Berpotensi Gantikan Nicholas Latifi di Williams Musim 2023Mick Schumacher (formula1.com)

Kontrak Mick Schumacher bersama Haas akan habis pada akhir musim 2022. Hingga kini belum ada tanda-tanda tim asal Amerika Serikat tersebut mempertahankan Schumacher untuk membalap di musim ketiganya.

Schumacher juga belum terbukti memberikan nilai lebih ketika balapan untuk Haas. Meski beberapa kali meraih poin, tak jarang ia melakukan kesalahan. Jika masih ingin melanjutkan kariernya, Williams mungkin bisa jadi pilihan baginya. Meski begitu, ia mungkin tak akan mendapat mobil yang lebih baik dari yang saat ini ia gunakan.

5. Daniel Ricciardo

5 Pembalap Berpotensi Gantikan Nicholas Latifi di Williams Musim 2023Daniel Ricciardo (formula1.com)

Daniel Ricciardo masih belum memastikan masa depannya di Formula 1. Setelah didepak dari McLaren, Ricciardo kerap dikaitkan dengan beberapa tim. Ia juga merupakan pembalap berpengalaman yang sudah delapan kali meraih kemenangan.

Namun, usia yang sudah tak lagi muda dan performanya yang inkonsisten bersama McLaren membuatnya sulit untuk mendapat kursi Formula 1 2023. Williams sepertinya juga akan berpikir dua kali sebelum mengontrak pembalap asal Australia tersebut.

Jika Williams ingin mencari pembalap yang sudah teruji, Ricciardo atau Giovinazzi bisa jadi solusi. Namun, di sisi lain, memilih pembalap muda yang punya potensi juga bisa menjadi investasi jangka panjang bagi Williams. Lantas, siapakah yang nantinya jadi pendamping Alex Albon di Formula 1 2023? 

Baca Juga: Alexander Albon Tetap di Williams pada Formula 1 2023

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya