2 dari 3 Pembalap Formula 1 Angkatan 2019 Sudah Menang Balapan

Lando Norris ikuti jejak George Russell

Formula 1 2019 menghadirkan tiga pembalap potensial yang menjalani debut di kompetisi balap mobil terbaik di dunia tersebut. Ketiga pembalap tersebut adalah Alexander Albon bersama Toro Rosso, George Russell dengan Williams, dan Lando Norris yang bergabung dengan McLaren. Ketiganya dianggap memiliki potensi luar biasa karena mampu tampil apik meski memiliki mobil yang tak selalu kompetitif.

Kemampuan mereka terbukti karena 2 dari 3 pembalap tersebut kini telah merasakan manisnya kemenangan. Norris berhasil mengakhiri penantian panjang untuk merebut kemenangan di GP Miami 2024 bersama McLaren. Sebelumnya, Russell berhasil meraih podium pertama di GP Brasil bersama Mercedes. Kini, hanya Albon yang belum pernah meraih kemenangan di Formula 1.

1. George Russell memberi kemenangan bagi Mercedes di GP Brasil 2022

2 dari 3 Pembalap Formula 1 Angkatan 2019 Sudah Menang BalapanGeorge Russell menjuarai GP Brasil 2022. (formula1.com)

George Russell merupakan salah satu potensi besar sejak dikontrak Williams pada 2019. Sebelum masuk ke Formula 1, Russell sudah menunjukkan prestasi dengan menjuarai GP3 Series dan Formula 2 dalam dua musim beruntun sebagai debutan. Ia juga pernah menjadi test driver bagi Force India sebelum akhirnya bergabung dengan Williams.

Namun, mobil Williams yang tak kompetitif membuat Russell tak mampu memberikan poin pada dua musim pertama. Poin pertamanya justru datang ketika ia menggantikan posisi Lewis Hamilton di GP Sakhir 2020. Mengendarai mobil Mercedes yang lebih bertenaga, Russell hampir menang jika tak mengalami masalah ketika pergantian ban.

Musim 2021 menjadi musim yang lebih baik bagi Russell. Ia berhasil mendulang poin sebanyak empat kali. Bahkan, ia berhasil meraih podium kedua di GP Belgia meski ketika itu hanya berlangsung sebanyak tiga lap karena cuaca buruk.

Penampilan tersebut membuat Mercedes mengontraknya untuk musim 2022 menggantikan Valtteri Bottas. Sayang, Russell datang ketika tim asal Jerman tersebut tak dalam performa terbaik. Meski begitu, Russell berhasil meraih satu kemenangan di GP Brasil 2022.

2. Lando Norris mengakhiri penantian panjang kemenangan di GP Miami 2024

2 dari 3 Pembalap Formula 1 Angkatan 2019 Sudah Menang BalapanLando Norris menjuarai GP Miami 2024. (formula1.com)

Lando Norris merupakan runner-up ketika George Russell menjadi juara Formula 2 2018. Berkat performa apik tersebut, Norris kemudian dikontrak McLaren. Pada musim pertamanya, Norris tampil cukup apik dengan konsisten mencetak poin.

Potensi Norris kian berkembang dari musim ke musim bersama McLaren. Ia pertama kali merasakan manisnya podium di GP Austria 2020. Namun, meski cukup sering mencetak podium, Norris tak kunjung meraih kemenangan. Dominasi para tim papan atas, seperti Red Bull, Ferrari, dan Mercedes membuatnya kesulitan finis terdepan.

Norris hampir meraih kemenangan di GP Russia 2021. Ketika itu, ia untuk pertama kalinya tampil sebagai pole position. Sayang, keputusannya yang tak mau berganti ke ban basah ketika lintasan mulai diguyur hujan membuat kemenangan yang sudah di depan mata sirna seketika.

Lando Norris akhirnya mengakhiri penantian kemenangan di Formula 1 dengan menjuarai GP Miami 2024. Start dari posisi kelima, Norris berhasil mengamankan kemenangan pada akhir balapan. Norris membutuhkan 110 balapan dan 15 podium sebelum akhirnya meraih kemenangan.

3. Hanya Alexander Albon yang belum rasakan kemenangan

2 dari 3 Pembalap Formula 1 Angkatan 2019 Sudah Menang BalapanAlexander Albon (formula1.com)

Alexander Albon menjadi satu-satunya pembalap angkatan 2019 yang belum pernah merasakan kemenangan di Formula 1. Mengawali karier bersama Toro Rosso, pembalap berkebangsaan Thailand tersebut kemudian dipromosikan ke Red Bull menggantikan Pierre Gasly. Meski mengendarai mobil yang cukup kompetitif, Albon tak sekali pun mencetak kemenangan.

Performa terbaik Albon terjadi pada 2020 di GP Tuscan dan GP Bahrain ketika berhasil meraih podium ketiga. Performanya yang dianggap kurang maksimal membuat Albon digantikan Sergio Perez pada 2021. Ia kemudian sempat hiatus selama semusim sebelum akrhinya dipanggil Williams pada 2022.

Bersama Williams, peluang Albon untuk meraih kemenangan cukup kecil. Hal itu karena Williams belum mampu membuat mobil yang kompetitif untuk berada di barisan depan. Meski begitu, performanya terbilang bagus dengan beberapa kali mendapatkan poin.

Lando Norris dan George Russell berhasil meraih kemenangan di Formula 1. Hal itu membuat Alexander Albon menjadi satu-satunya pembalap angkatan 2019 yang belum pernah merasakan manisnya podium teratas.

Baca Juga: Alexander Albon Mengenang Nasihat Terbaik Franz Tost

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya