7 Pembalap Formula 1 yang Pernah Naik Podium bersama Sauber

Sauber sudah lama tak rasakan podium

Sauber atau yang saat ini bernama Alfa Romeo sudah masuk ke Formula 1 sejak musim 1993. Namun, karena hanya merupakan tim kecil, Sauber lebih sering berkutat di papan tengah.

Meski begitu, Sauber juga sering menjadi tim yang melahirkan banyak pembalap hebat. Sebut saja Sebastian Vettel, Kimi Raikkonen, hingga Charles Leclerc yang mengawali kariernya bersama pabrikan asal Swiss tersebut.

Meski jarang menjadi kandidat juara, ternyata Sauber pernah beberapa kali merasakan naik podium dan bahkan meraih kemenangan. Berikut tujuh pembalap Sauber yang pernah naik podium Formula 1.

1. Heinz Harald Frentzen

7 Pembalap Formula 1 yang Pernah Naik Podium bersama SauberHeinz Harald Frentzen (formula1.com)

Sauber meraih podium pertama mereka ketika Heinz Harald Frentzen meraih posisi ketiga pada GP Italia 1995. Padahal, pembalap asal Jerman tersebut hanya mampu menempati posisi kesepuluh pada sesi kualifikasi.

Podium kedua Frentzen bagi Sauber datang pada GP Amerika Serikat 2003 di sirkuit Indianapolis. Ketika itu ia mampu merebut posisi ketiga di belakang Michael Schumacher dan Kimi Raikkonen.

2. Johnny Herbert

7 Pembalap Formula 1 yang Pernah Naik Podium bersama SauberJohnny Herbert (formula1.com)

Johnny Herbert merupakan tandem Heinz Harald Frentzen untuk musim 1996. Pembalap asal Inggris tersebut ketika itu mampu meraih podium ketiga di GP Monako. Menariknya, itu merupakan satu-satunya poin yang ia dapat di musim tersebut.

Semusim berselang, Herbet kembali naik podium di GP Hungaria 1997. Mengawali balapan dari posisi kesepuluh, Herbet mampu merebut posisi ketiga di belakang Jacques Villeneuve dan Damon Hill.

3. Jean Alesi

7 Pembalap Formula 1 yang Pernah Naik Podium bersama SauberJean Alesi (formula1.com)

Prestasi Jean Alesi bisa dibilang menurun ketika ia memilih bergabung dengan Sauber pada 1998. Namun, pembalap asal Prancis tersebut masih mampu mempersembahkan satu podium di GP Belgia.

Pada balapan yang diguyur hujan deras dan banyak pembalap yang tak mampu menyelesaikan balapan, Alesi sukses mengunci podium ketiga. Ia hanya tertinggal dari duo Jordan, Damon Hill dan Ralf Schumacher.

Baca Juga: Bursa Team Principal Formula 1 Kian Panas Jelang Musim 2023

4. Nick Heidfeld

7 Pembalap Formula 1 yang Pernah Naik Podium bersama SauberNick Heidfeld (twitter.com/NickHeidfeld)

Nick Heidfeld merupakan salah satu pembalap terbaik yang pernah berada di balik kemudi Sauber. Dari 125 balapan yang telah ia lakoni bersama Sauber, Heidfeld mampu naik podium sebanyak sembilan kali yang merupakan rekor hingga saat ini.

Heidfeld pertama kali meraih podium bersama Sauber pada GP Brasil 2001. Meskipun meraih cukup banyak podium, pembalap asal Jerman tersebut tak sekali pun mampu meraih kemenangan.

5. Robert Kubica

7 Pembalap Formula 1 yang Pernah Naik Podium bersama SauberRobert Kubica (formula1.com)

Robert Kubica merupakan salah satu pembalap potensial yang pernah dilahirkan Sauber. Berduet dengan Nick Heidfeld, keduanya sukses membawa Sauber menempati posisi kedua klasemen konstruktor pada musim 2007.

Pembalap asal Polandia tersebut tercatat sudah sembilan kali naik podium, salah satunya ketika ia meraih kemenangan di GP Kanada 2008. Sayang, kecelakaan fatal ketika ia balapan Rally membuatnya sempat vakum dari Formula 1.

6. Sergio Perez

7 Pembalap Formula 1 yang Pernah Naik Podium bersama SauberSergio Perez (formula1.com)

Sebelum menjadi rekan bagi Max Verstappen, Sergio Perez lebih dulu mengawali kariernya di Formula 1 bersama Sauber pada 2011. Meskipun mobilnya tak terlalu kompetitif, Perez mampu mempersembahkan tiga podium bagi Sauber.

Salah satunya adalah ketika ia berduel memperebutkan kemenangan di GP Malaysia 2012 melawan Fernando Alonso. Performa Perez tersebutlah yang membuatnya dikontrak McLaren sebagai pengganti Lewis Hamilton pada 2013.

7. Kamui Kobayashi

7 Pembalap Formula 1 yang Pernah Naik Podium bersama SauberKamui Kobayashi (formula1.com)

Kamui Kobayashi pernah sekali merebut podium selama tiga musim membela Sauber. Ia tampil baik dengan meraih posisi ketiga pada GP Jepang 2012 yang merupakan balapan kandangnya.

Hingga saat ini, itu merupakan podium terakhir yang didapat oleh Sauber. Kobayashi juga merupakan orang Jepang ketiga setelah Aguri Suzuki dan Takuma Sato yang pernah naik podium di Formula 1.

 

Sauber lebih sering berkutat di papan tengah dalam keikutsertaan mereka di Formula 1. Namun, mereka juga banyak menelurkan pembalap hebat dan beberapa kali naik podium, bahkan meraih kemenangan.

Baca Juga: Sebastian Vettel Punya Potensi jadi Manajer Pembalap Formula 1

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya