5 Pembalap Formula 1 dengan Podium Terbanyak Tanpa Kemenangan

Lando Norris pecahkan rekor

Lando Norris tampil apik ketika menyabet podium ketiga di Formula 1 GP Australia 2024. Bagi Norris, itu merupakan podium pertama yang ia raih pada 2024. Capaian podium yang diraih Norris itu sekaligus membuatnya memecahkan rekor unik dan sebenarnya tak banyak diinginkan oleh para pembalap Formula 1, yakni podium terbanyak tanpa kemenangan.

Lando Norris sendiri saat ini telah meraih 14 podium Formula 1 tanpa sekalipun berdiri di puncak. Ia mengalahkan rekor yang dibuat oleh Nick Heidfeld. Termasuk keduanya, berikut lima pembalap dengan jumlah podium terbanyak tanpa kemenangan.

1. Romain Grosjean meraih sepuluh podium di Formula 1 bersama Lotus

5 Pembalap Formula 1 dengan Podium Terbanyak Tanpa KemenanganRomain Grosjean (formula1.com)

Romain Grosjean pertama kali tampil di Formula 1 pada 2009 bersama Renault. Periode terbaik pembalap asal Jerman tersebut terjadi ketika membela Lotus pada 2012--2015. Ia pertama kali meraih podium ketika finis ketiga di GP Bahrain 2012.

Selama membela Lotus, Grosjean total meraih sepuluh podium. Sayang, Grosjean tak sekali pun berhasil meraih kemenangan. Prestasi terbaiknya hanyalah sebagai runner-up di GP Kanada 2012 dan GP Amerika Serikat 2013. 

Pada 2016, Grosjean memutuskan hengkang ke Haas. Sejak saat itu, Grosjean tak pernah lagi berdiri di atas podium. Ia meninggalkan Formula 1 pada 2020 setelah mengalami kecelakaan fatal di GP Bahrain 2020.

Baca Juga: 10 Potret Podium Formula 1 GP Australia Terakhir sebelum 2024

2. Chris Amon gagal meraih kemenangan dari sebelas kali naik podium

5 Pembalap Formula 1 dengan Podium Terbanyak Tanpa KemenanganChris Amon (ferrari.com)

Chris Amon merupakan salah satu pembalap Formula 1 terbaik yang tak pernah meraih kemenangan. Pembalap asal Selandia Baru tersebut dikenal sebagai salah satu pembalap paling tidak beruntung. Sebab, selalu saja ada masalah ketika ia hampir meraih kemenangan.

Di GP Italia 1971, Amon yang cukup nyaman memimpin balapan hingga visor pada helmnya mengalami masalah. Kemudian, saat GP Prancis 1972, pecah ban membuat Amon tergusur dari posisi terdepan. Hingga akhir kariernya, Amon gagal meraih kemenangan dengan hanya meraih sebelas podium.

3. Stefan Johansson merebut 12 podium tanpa sekalipun berdiri di puncak

5 Pembalap Formula 1 dengan Podium Terbanyak Tanpa KemenanganStefan Johansson (twitter.com/SJohanssonF1)

Stefan Johansson merupakan pembalap Swedia dengan jumlah podium terbanyak kedua di Formula 1. Johansson total mengantongi 12 podium periode 1980--1991. Jumlah tersebut hanya kalah dari Ronnie Peterson yang berhasil meraup 26 podium. 

Selama berkarier, Johansson pernah membela beberapa tim papan atas, seperti Ferrari dan McLaren. Meski begitu, ia gagal mempersembahkan satu pun kemenangan. Prestasi terbaiknya hanyalah tiga kali merebut podium kedua.

4. Nick Heidfeld tak mampu meraih kemenangan dari 13 kali naik podium

5 Pembalap Formula 1 dengan Podium Terbanyak Tanpa KemenanganNick Heidfeld (fia.com)

Nick Heidfeld merupakan pemegang rekor podium terbanyak tanpa kemenangan sebelum dipecahkan Lando Norris. Pembalap asal Jerman tersebut mampu mengoleksi 13 podium tanpa pernah berdiri di puncak. Penampilan terbaik Heidfeld terjadi ketika membela BMW Sauber periode 2006--2010.

Mobil BMW Sauber yang cukup kompetitif membuat Heidfeld tak jarang berdiri di atas podium. Bahkan, BMW Sauber menempati urutan kedua di klasemen konstruktor pada 2007 dan ketiga pada 2008. Sayang, hal itu tak membuat Heidfeld dengan mudah merebut kemenangan.

Heidfeld bahkan layak menyandang gelar raja runner-up karena delapan kali berada di posisi kedua. Termasuk di GP Kanada 2008 ketika BMW Sauber mengunci posisi 1-2. Sayang, saat itu yang menjadi pemenang adalah Robert Kubica. Selain di Formula 1, Heidfeld saat ini merupakan pemegang rekor podium terbanyak tanpa kemenangan di Formula E bersama Andre Lotterer dengan delapan podium.

5. Lando Norris menjadi pembalap dengan podium terbanyak tanpa kemenangan

5 Pembalap Formula 1 dengan Podium Terbanyak Tanpa KemenanganLando Norris (formula1.com)

Lando Norris merupakan salah satu pembalap terbaik yang ada di Formula 1 saat ini. Sayang, sejak debut bersama McLaren pada 2019, Norris belum mampu meraih kemenangan. Padahal, pembalap asal Inggris tersebut telah meraup 14 podium yang membuatnya sebagai pembalap dengan podium terbanyak tanpa kemenangan.

Peluang terbaik Norris untuk meraih kemenangan terjadi di GP Rusia 2021. Ketika itu, Norris yang meraih pole position cukup nyaman berada di posisi terdepan. Namun, semua berubah ketika Sirkuit Sochi mulai diguyur hujan. Keputusan untuk tak mengganti ban membuatnya gagal meraih kemenangan.

Lando Norris sepertinya harus belajar dari Mika Hakkinen, Eddie Irvine, Patrick Depailler, dan Jean Alesi. Keempat pembalap tersebut harus merasakan 15 podium sebelum akhirnya meraih kemenangan pertama. Bahkan, Hakkinen pada akhirnya meraih 20 kemenangan dan 2 gelar juara dunia.

Saat ini, Lando Norris tengah memegang rekor podium terbanyak tanpa kemenangan di Formula 1 dengan 14 podium. Kira-kira, kapan akhirnya Lando Norris bisa meraih kemenangan perdananya?

Baca Juga: Carlos Sainz Jadi Kandidat Pembalap Red Bull untuk Formula 1 2025

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya