5 Pembalap yang Bisa Gantikan Fernando Alonso di Alpine pada F1 2023

Ada Nyck de Vries hingga Pierre Gasly

Meskipun usia sudah tak muda lagi, Fernando Alonso sepertinya masih punya ambisi di Formula 1. Terbukti, kita masih akan melihatnya balapan di Formula 1 bersama Aston Martin musim 2023.

Kepindahan Alonso ke Aston Martin juga membuat satu kursi di Alpine menjadi lowong. Berikut lima pembalap yang berpeluang gantikan dua kali juara dunia Formula 1 tersebut di Alpine untuk musim 2023.

1. Jack Doohan

5 Pembalap yang Bisa Gantikan Fernando Alonso di Alpine pada F1 2023Jack Doohan (formula1.com)

Jack Doohan yang pada musim 2022 berlaga di ajang Formula 2 merupakan bagian dari akademi Alpine. Jadi, bukan hal yang mengejutkan jika nantinya ia diberi kesempatan oleh Alpine untuk turun pada musim 2023.

Masih berusia 19 tahun, penampilan Doohan di Formula 2 juga tak bisa dianggap remeh. Musim ini ia menempati urutan keempat klasemen dengan raihan tiga kemenangan. Namun, minimnya pengalaman Doohan membuat kesempatannya bertandem dengan Esteban Ocon cukup kecil.

2. Daniel Ricciardo

5 Pembalap yang Bisa Gantikan Fernando Alonso di Alpine pada F1 2023Daniel Ricciardo (formula1.com)

Masa depan Daniel Ricciardo masih abu-abu setelah McLaren memutus kontraknya demi memberi jalan kepada Oscar Piastri. Hal ini membuat Ricciardo harus segera mencari tim baru jika masih ingin bertahan di Formula 1.

Alpine menjadi salah satu opsi bagi Ricciardo, terlebih ia pernah membela Alpine selama dua musim ketika tim tersebut masih bernama Renault. Sosok berpengalaman seperti Ricciardo jelas dibutuhkan oleh Alpine. Namun, performanya yang angin-anginan di musim ini juga membuat Alpine berpikir dua kali untuk mengontraknya.

Baca Juga: Fernando Alonso Puji Performa Alpine di Dua Balapan Awal F1 Musim 2022

3. Nyck de Vries

5 Pembalap yang Bisa Gantikan Fernando Alonso di Alpine pada F1 2023Nyck de Vries (formula1.com)

Penampilan gemilang Nyck de Vries bersama Williams pada GP Italia di sirkuit Monza membuat banyak mata tertuju padanya. Bagaimana tidak, pembalap asal Belanda tersebut mampu mencuri dua poin pada balapan debutnya di Formula 1.

De Vries sendiri juga bukan pembalap "kaleng-kaleng", sebab ia pernah merasakan gelar juara dunia Formula 2 dan Formula E. Selain Alpine, de Vries juga tengah dikaitkan dengan Alpha Tauri.

4. Mick Schumacher

5 Pembalap yang Bisa Gantikan Fernando Alonso di Alpine pada F1 2023Mick Schumacher (twitter.com/SchumacherMick)

Penampilan Mick Schumacher bersama Haas memang mengalami perkembangan musim ini. Dari yang tak memperoleh satu poin pun pada musim 2021, Schumacher saat ini sudah mengoleksi 12 poin hingga GP Italia.

Meski jumlah poinnya masih kalah dari rekan setimnya, Kevin Magnussen, Schumacher punya catatan lebih baik saat finis dibanding Magnussen. Di mana Schumacher unggul sembilan kali dari Magnussen saat balapan. Magnussen juga hanya sekali mengalahkan Schumacher dalam tujuh balapan terakhir.

5. Pierre Gasly

5 Pembalap yang Bisa Gantikan Fernando Alonso di Alpine pada F1 2023Pierre Gasly (formula1.com)

Pierre Gasly menjadi nama yang paling santer dikabarkan akan berpindah ke Alpine untuk musim 2023. Tertutupnya pintu untuk membela Red Bull yang masih mempertahankan Max Verstappen dan Sergio Perez membuat Gasly ingin mencari tim baru.

Namun, Gasly punya hubungan yang tak terlalu baik dengan Esteban Ocon. Hal ini tentunya akan sedikit memicu percikan rivalitas kedua pembalap asal Prancis tersebut, jika mereka akhirnya menjadi rekan satu tim. 

 

Hengkangnya Fernando Alonso ke Aston Martin membuat Alpine mencari sosok penggantinya. Lantas, siapakah nantinya yang akan menjadi tandem bagi Esteban Ocon di Alpine untuk musim 2023?

Baca Juga: Oscar Piastri Bantah Bakal Gantikan Fernando Alonso di Alpine

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya