Peraih MVP Tak Ada yang Lolos ke Final Wilayah NBA 2024

Pertama kali terjadi sejak 1955/1956

Denver Nuggets takluk dari Minnesota Timberwolves pada Semifinal Wilayah Barat NBA 2024 melalui drama tujuh game. Hasil itu membuat Nikola Jokic gagal melenggang ke final wilayah sekaligus mempertahankan gelar juara NBA. Kegagalan Jokic juga membuat NBA tak punya peraih gelar MVP aktif yang melaju ke final wilayah tahun ini.

Menariknya, kejadian ini tak pernah terjadi dalam sejarah NBA sejak gelar MVP pertama kali diperkenalkan pada 1955/1956. Sebelum gugurnya Nuggets dan Jokic, para peraih MVP lainnya sudah lebih dahulu gugur pada babak pertama. Bahkan, ada juga yang gagal membawa timnya lolos ke babak playoff.

1. Dua peraih MVP gagal lolos ke babak playoff

Peraih MVP Tak Ada yang Lolos ke Final Wilayah NBA 2024Stephen Curry (nba.com)

Golden State Warriors sempat terseok-seok pada musim reguler NBA 2023/2024. Hal itu membuat mereka finis di posisi kesepuluh, sehingga harus melewati babak play-in untuk mengunci satu tempat ke babak playoff. Sayang, Warriors pada akhirnya harus takluk dari Sacramento Kings dengan skor 94-118. Koleksi 22 poin yang dicetak Stephen Curry tetap tak mampu membawa Warriors mengalahkan Kings.

Selain Curry, satu MVP aktif lain yang gagal membawa timnya lolos ke babak playoff adalah Derrick Rose. Peraih MVP termuda dalam sejarah NBA tersebut gagal membawa Grizzlies melaju ke babak playoff setelah mengakhiri musim reguler di posisi ke-13 Wilayah Barat. Banyaknya pemain yang cedera membuat tim yang musim lalu bercokol di peringkat kedua Wilayah Barat tersebut gagal masuk ke babak playoff.

Baca Juga: Hasil 5 Pertemuan LeBron James dan Kevin Durant di NBA 2023/2024

2. Enam Peraih MVP gugur pada babak pertama playoff

Peraih MVP Tak Ada yang Lolos ke Final Wilayah NBA 2024LeBron James (nba.com)

Banyak kejutan terjadi pada babak pertama NBA playoff 2023/2024. Beberapa tim yang diunggulkan untuk lolos justru dipaksa pulang lebih cepat. Padahal, mereka memiliki pemain yang pernah meraih gelar MVP.

LeBron James yang merupakan peraih empat gelar MVP gagal membawa Los Angeles Lakers mengalahkan Denver Nuggets. Meski tampil apik dengan catatan 27,8 poin per game, James tetap gagal membawa Lakers melaju ke semifinal Wilayah Barat. Ini merupakan kali kedua secara beruntun Lakers ditundukkan Nuggets pada babak playoff.

Kegagalan Lakers melaju ke semifinal Wilayah Barat diikuti tetangga mereka, Los Angeles Clippers. Melawan Dallas Mavericks, Clippers dipaksa bertekuk lutut melalui drama enam game. Padahal, Clippers memiliki James Harden dan Russell Westbrook yang pernah meraih gelar MVP.

Phoenix Suns yang memiliki Kevin Durant dibuat tak beradaya oleh Minnesota Timberwolves. Meski sang MVP telah mencatatkan 26,8 poin per game, Suns tetap kalah dengan skor telak 0-4. Kekalahan ini cukup mengejutkan karena Suns juga memiliki Devin Booker dan Bradley Beal, duo superstar. 

Giannis Antetokounmpo hanya bisa menyaksikan Milwaukee Bucks disingkirkan Indiana Pacers pada babak pertama playoff dalam enam game. Pemain asal Yunani tersebut tak bisa bermain karena mengalami cedera. Bucks makin kesulitan karena Damian Lillard, superstar NBA, juga mengalami cedera sehingga tak bisa memainkan semua laga. 

Joel Embiid menjadi MVP terakhir yang gagal lolos dari babak pertama. Tampil kurang prima karena masih mengalami cedera, Embiid sebenarnya tampil cukup apik dengan koleksi 33 poin per game. Sayang, hal itu tak cukup untuk membawa Philadelphia 76ers mengalahkan New York Knicks.

3. Nikola Jokic tersingkir pada semifinal Wilayah Barat dari Minnesota Timberwolves

Peraih MVP Tak Ada yang Lolos ke Final Wilayah NBA 2024Nikola Jokic (nba.com)

Denver Nuggets dan Minnesota Timberwolves menyajikan pertarungan seru pada semifinal Wilayah Barat. Timberwolves awalnya berhasil unggul 2-0 terlebih dahulu setelah mencuri dua game di kandang Nuggets. Namun, Nuggets yang tak ingin kalah begitu saja mampu membalikkan keadaan menjadi 3-2.

Timberwolves kembali memiliki harapan setelah pada game keenam mampu meraih kemenangan. Timberwolves memastikan satu tiket ke babak final Wilayah Barat setelah menang pada game ketujuh. Padahal, Timberwolves sempat tertinggal hingga 20 poin dari Nuggets. Kegagalan ini membuat Nikola Jokic tak bisa membawa Nuggets mempertahankan gelar juara NBA.

Kedelapan pemain aktif yang pernah meraih gelar NBA MVP semuanya gagal melaju ke partai final Wilayah Barat maupun Timur. Kejadian ini cukup mengejutkan karena pertama kali terjadi sejak 1955/1956.

Baca Juga: 3 Pemain Eropa yang Meraih NBA Most Valuable Player, Jokic Dominan!

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya