Performa 5 Pembalap Tuan Rumah di Formula 1 GP Monako

Belum ada yang bisa menjadi juara di rumah sendiri

Intinya Sih...

  • Monako memiliki sejarah panjang dalam balap mobil, termasuk menjadi tuan rumah Formula 1 sejak 1950.
  • Pembalap Monako, seperti Louis Chiron, Andre Testut, Olivier Beretta, dan Charles Leclerc, belum pernah menjuarai GP Monako.
  • Charles Leclerc merupakan satu-satunya pembalap Monako yang pernah menang di Formula 1, tetapi belum pernah menang di GP Monako.

Monako merupakan sebuah negara kecil yang terletak di selatan Prancis. Meski berukuran kecil, Monako memiliki sejarah panjang dalam dunia balap mobil. GP Monako yang sudah menjadi tuan rumah Formula 1 sejak 1950 merupakan salah satu triple crown dalam dunia balap mobil bersama Indianapolis 500 dan Le Mans 24 Hours.

Tak hanya menjadi tuan rumah, Monako juga memiliki lima pembalap yang pernah tampil di ajang Formula 1. Tentu termasuk Charles Leclerc yang saat ini membela Ferrari. Sayang, tak satu pun dari mereka pernah menjuarai GP Monako sejak 1950. 

1. Louis Chiron pernah meraih podium ketiga GP Monako pada 1950

Performa 5 Pembalap Tuan Rumah di Formula 1 GP MonakoLouis Chiron (twitter.com/F1)

Louis Chiron menjadi salah satu pembalap yang tampil pada 1950 yang juga merupakan musim perdana Formula 1. Bersama Maserati, Chiron gagal menyelesaikan balapan pertama di GP Inggris. Namun, hal itu mampu ia balas dengan raihan podium ketiga di GP Monako. 

Chiron kembali balapan di GP Monako pada 1955 bersama Lancia. Chiron yang ketika itu berusia 55 tahun menjadi pembalap tertua yang pernah mengikuti balapan Formula 1. Sayang, Chiron gagal meraih podium karena hanya finis di posisi keenam.

Rekor sebagai pembalap tertua yang tampil di Formula 1 hampir kembali dipecahkan oleh Chiron di GP Monako 1958. Sayang, ketika itu Chiron yang membela Andre Testut gagal melewati sesi kualifikasi. Itu juga merupakan balapan Formula 1 terakhir yang diikuti Chiron.

Baca Juga: Serba-serbi F1 GP Monako 2024, Balapan Kandang Charles Leclerc

2. Andre Testut dua kali gagal lolos kualifikasi GP Monako

Performa 5 Pembalap Tuan Rumah di Formula 1 GP MonakoAndre Testut (f1forgottendrivers.com)

Pada 1958, Andre Testut membentuk tim balap bernama Andre Testut untuk mengikuti GP Monako. Bermodalkan sasis dan mesin dari Maserati, Testut tampil di GP Monako bersama rekan senegaranya, Louis Chiron. Sayang, Testut gagal mengikuti balapan karena tak lolos sesi kualifikasi.

Pada 1959, Testut kembali mencoba peruntungannya di GP Monako. Kali itu, nama timnya adalah Monte Carlo Auto Sport. Sama seperti pada 1958, Testut kembali gagal mentas di GP Monako karena tak lolos sesi kualifikasi. Itu juga merupakan percobaan terakhir Testut balapan di Formula 1.

3. Olivier Beretta finis kedelapan bersama Larrousse pada 1994

Performa 5 Pembalap Tuan Rumah di Formula 1 GP MonakoOlivier Beretta (twitter.com/F1)

Olivier Beretta menjadi pembalap Monako pertama yang berlaga di Formula 1 dalam 35 tahun setelah Andre Testut. Beretta tampil di Formula 1 1994 bersama Larrousse sebagai pay driver. Namun, karena kehabisan dana sponsor, karier Beretta hanya bertahan selama sepuluh balapan.

Salah satu balapan yang diikuti Beretta adalah GP Monako. Pada sesi kualifikasi, Beretta tampil buruk dengan hanya menempati posisi ke-18. Namun, ia mampu membalas penampilan buruk tersebut dengan meraih posisi kedelapan ketika balapan. Itu merupakan raihan terbaik Beretta di Formula 1 setelah finis ketujuh di GP Jerman.

4. Robert Doornbos tak pernah balapan di GP Monako

Performa 5 Pembalap Tuan Rumah di Formula 1 GP MonakoRobert Doornbos (redbull.com)

Robert Doornbos sebenarnya tak bisa dibilang sebagai pembalap asal Monako karena ia merupakan pria kelahiran Belanda. Meski begitu, Doornbos berhak mewakili Monako karena menggunakan lisensi balap Monako ketika membela Jordan dan Minardi pada 2005. Awalnya, Doornbos merupakan seorang test driver bagi Jordan. Hal itu membuat Doornbos tak bisa balapan di GP Monako.

Doornbos baru didapuk sebagai pembalap utama pada akhir musim menggantikan Patrick Friesacher di Minardi. Sayang, kariernya bersama Minardi tak berlangsung lama karena tim asal Italia tersebut bubar pada akhir musim. Pada 2006, Doornbos yang bergabung bersama Red Bull kembali mengemban posisi sebagai test driver. Namun, kali itu Doornbos tak lagi menggunakan lisensi balap Monako.

4. Charles Leclerc belum pernah menjuarai GP Monako

Performa 5 Pembalap Tuan Rumah di Formula 1 GP MonakoCharles Leclerc (formula1.com)

Jika dibandinkan dengan empat pembalap sebelumnya, Charles Leclerc bisa dibilang menjadi pembalap terbaik Monako di Formula 1. Ia merupakan satu-satunya pembalap Monako yang pernah menang di Formula 1. Total, Leclerc pernah menang sebanyak lima kali. Sayang, tak satu pun kemenangan tersebut diraih Leclerc di GP Monako.

Leclerc seakan tak pernah mendapat nasib baik ketika balapan di hadapan publik sendiri. Tak hanya kemenangan, Leclerc juga belum pernah naik podium di GP Monako. Posisi terbaik Leclerc ketika balapan di GP Monako adalah posisi keempat pada 2022.

Menariknya, Leclerc sudah dua kali meraih pole position di GP Monako, yakni pada 2021 dan 2022. Namun, itu semua gagal ia tuntaskan menjadi kemenangan. Pada 2021, Leclerc gagal start karena mengalami masalah pada mobil Ferrari miliknya. Semusim berselang, Leclerc gagal mencapai puncak podium karena kesalahan strategi Ferrari dalam menghadapi cuaca yang berubah-ubah.

Kelima pembalap F1 di atas tak pernah menjadi juara ketika balapan di GP Monako. Mampukah Charles Leclerc menjadi pembalap tuan rumah pertama yang memenangi Formula 1 GP Monako?

Baca Juga: 6 Pembalap Ferrari yang Pernah Menjuarai Formula 1 GP Monako

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya