3 Sirkuit yang Pernah Menjadi Tuan Rumah Formula 1 GP Belgia

Bukan hanya Spa-Francorchamps

GP Belgia merupakan salah satu seri legendaris yang ada di kalender balap Formula 1. Seri ini sudah menjadi perhentian Formula 1 sejak musim pertama pada 1950. Sejak saat itu, GP Belgia tercatat hanya pernah absen sebanyak enam kali.

Selama ini kita hanya mengenal Sirkuit Spa-Francorchamps sebagai tuan rumah GP Belgia. Namun, ternyata GP Belgia pernah digelar pada tiga sirkuit yang berbeda. Berikut tiga sirkuit yang pernah menjadi tuan rumah GP Belgia.

1. Nivelles-Baulers pernah dua kali menjadi tuan rumah GP Belgia

3 Sirkuit yang Pernah Menjadi Tuan Rumah Formula 1 GP BelgiaSirkuit Nivelles-Baulers (franceracing.fr)

Sirkuit Nivelles-Baulers pertama kali menjadi tuan rumah GP Belgia pada 1972 menggantikan Spa-Francorchamps yang dinilai tidak aman saat itu. Sirkuit ini memiliki panjang 3,724 km yang terletak dekat dengan ibu kota Belgia, Brussels. Sirkuit ini sendiri hanya dipakai dalam dua balapan, yakni pada musim 1972 dan 1974.

Kedua balapan tersebut dimenangkan oleh juara dunia asal Brasil, Emerson Fittipaldi. Setelah itu, sirkuit ini tak pernah lagi menyelenggarakan balapan Formula 1. Bahkan, Nivelles-Baulers sudah ditutup sejak 1981 sebelum akhirnya dihancurkan oleh pemerintah Belgia.

2. Zolder menjadi saksi tewasnya Gilles Villeneuve

3 Sirkuit yang Pernah Menjadi Tuan Rumah Formula 1 GP BelgiaSirkuit Zolder (fia-etcr.com)

Pada 1973, Sirkuit Zolder didapuk pertama kali untuk menyelenggarakan GP Belgia. Sempat absen pada 1974, Zolder kembali menjadi tuan rumah hingga musim 1982. Sirkuit dengan panjang 4,011 km tersebut juga menjadi saksi tewasnya Gilles Villeneuve secara tragis pada 1982.

Pembalap asal Kanada tersebut menabrak bagian belakang mobil Jochen Mass pada sesi kualifikasi. Hal itu membuat mobil Villeneuve terlempar ke udara sebelum mendarat dengan sangat keras. Akibat kejadian tersebut, nyawa Villeneuve tak dapat tertolong.

Kecelekaan tersebut membuat Zolder sempat digantikan Spa-Francorchamps untuk musim balap 1983. Pada 1984, Zolder kembali menjadi tuan rumah yang dimenangkan oleh Michele Alboreto. Balapan tersebut menjadi kali terakhir Zolder menjadi tuan rumah GP Belgia sebelum digantikan oleh Spa-Francorchamps.

3. Spa-Francorchamps merupakan sirkuit yang paling sering menjadi tuan rumah GP Belgia

3 Sirkuit yang Pernah Menjadi Tuan Rumah Formula 1 GP BelgiaSirkuit Spa-Francorchamps (twitter.com/circuitspa)

Circuit de Spa-Francorchamps atau yang lebih sering disebut dengan Spa merupakan salah satu sirkuit legendaris di Formula 1. Spa sudah menjadi tuan rumah GP Belgia pada 1950 dan menjadi sirkuit yang paling sering menyelenggarakan seri GP Belgia. Dulunya, Spa pernah dianggap sebagai salah satu sirkuit yang cukup berbahaya bagi pembalap.

Spa dulunya memiliki panjang 14,100 km dengan kontur naik dan turun yang membuatnya begitu berbahaya, terutama ketika hujan menggenangi lintasan. Bahkan, pada 1969 dan 1971, balapan di Spa sempat dibatalkan karena masalah keselematan. Hal itulah yang kemudian membuat GP Belgia beralih ke Sirkuit Nivelles-Baulers dan Zolder.

Setelah itu, Spa kemudian beberapa kali mengganti layout sirkuit menjadi lebih aman demi keselamatan pembalap. Meski masih menjadi sirkuit terpanjang untuk musim 2023 dengan 7,004 km, itu jauh lebih pendek dari sebelumnya. Spa juga menjadi salah satu sirkuit yang selalu menyuguhkan tontonan yang menarik di setiap balapannya.

Ternyata tak hanya Spa yang pernah menjadi tuan rumah Formula 1 GP Belgia. Sirkuit Nivelles-Baulers dan Zolder juga sempat menyelenggarakan balapan meski kini tak lagi dipakai.

Baca Juga: 4 Pembalap Formula 1 2023 yang Pernah Menang di GP Belgia

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya