6 Tim NBA 2023/2024 yang Menggunakan Jasa Pelatih Anyar

Ada yang debut

NBA 2023/2024 tak hanya diramaikan perpindahan pemain, tetapi juga pergantian pelatih. Para juru taktik ini memiliki peran krusial dalam merancang strategi dan membangun mental pemain. Karena itulah para tim tak boleh sembarangan memilih pelatih untuk mengasuh timnya.

Menariknya, tak hanya pelatih berpengalaman yang mendapat tantangan baru musim ini. Ada pula beberapa yang melakoni debutnya di NBA sebagai pelatih utama. Berikut enam tim NBA yang memiliki pelatih baru untuk mengarungi 2023/2024.

1. Detroit Pistons menjadikan Monty Williams sebagai pelatih dengan gaji tertinggi di NBA

6 Tim NBA 2023/2024 yang Menggunakan Jasa Pelatih AnyarMonty Williams (nba.com)

Detroit Pistons mengakhiri kerja sama mereka dengan Dwayne Casey yang telah menjadi pelatih sejak 2018. Sebagai gantinya, Pistons menunjuk Monty Williams sebagai pelatih utama. Williams punya rekam jejak yang cukup bagus karena pernah mengantar Phoenix Suns melaju ke final NBA 2021 meski kalah dari Milwaukee Bucks.

Selain itu, Williams juga merupakan peraih Coach of the Year 2022 setelah membawa Suns meraih 64 kemenangan pada 2021/2022. Sebelum melatih Suns, Williams juga pernah menangani New Orleans Pelicans pada 2010--2015. Ketika itu, ia mampu membawa Pelicans dua kali melaju ke babak playoff.

Bersama Pistons, Williams akan menjadi pelatih dengan bayaran termahal di NBA. Pelatih berusia 52 tahun tersebut menerima bayaran senilai 78,5 juta dolar atau setara dengan Rp1,2 triliun dengan durasi selama 6 musim. Williams diharapkan mampu membuat Pistons yang dihuni para pemain muda menjadi kuda hitam di Wilayah Timur.

2. Ime Udoka mendapat kesempatan kedua bersama Houston Rockets

6 Tim NBA 2023/2024 yang Menggunakan Jasa Pelatih AnyarIme Udoka (nba.com)

Ime Udoka sempat mengalami skandal pada awal musim 2022/2023. Hal itulah yang membuatnya kemudian sempat diskors Boston Celtics. Namun, setelah kejadian tersebut, Udoka ternyata masih mendapat kesempatan kedua dari Houston Rockets.

Performa Udoka bersama Celtics sebenarnya terbilang cukup bagus. Ia mampu membawa tim tersebut melaju ke final NBA 2022 meski kalah dari Golde State Warriors. Bersama Rockets, Udoka kini siap membuktikan jika dirinya merupakan pelatih yang cukup kompeten setelah skandal di Boston.

3. Adrian Griffin debut sebagai kepala pelatih bersama Milwaukee Bucks

6 Tim NBA 2023/2024 yang Menggunakan Jasa Pelatih AnyarAdrian Griffin (nba.com)

Milwaukee Bucks telah resmi mengakhiri kerja sama mereka dengan Mike Budenholzer yang telah terjalin selama 5 musim. Hasil buruk yang diraih Bucks pada babak playoff 2022/2023 sepertinya menjadi alasan utama pemecatan Budenholzer. Bucks yang merupakan unggulan pertama Wilayah Timur justru takluk dari Miami Heat yang berstatus unggulan kedelapan.

Sebagai gantinya, Bucks menunjuk Adrian Griffin sebagai pelatih baru. Bagi Griffin, ini merupakan kali pertama memegang peran sebagai pelatih utama. Sebelumnya, Griffin hanya berposisi sebagai asisten pelatih bagi beberapa tim NBA.

Griffin diharapkan mampu membawa Bucks kembali meramaikan persaingan menuju gelar juara. Sebab, mereka baru saja mendatangkan Damian Lillard untuk diduetkan dengan bintang utama mereka, Giannis Antetokounmpo. Dengan kombinasi tersebut, Bucks menjadi salah satu tim terkuat di Wilayah Timur musim ini.

Baca Juga: 3 Pemain Legendaris dari NBA Draft 1960, Ada yang Jadi Logo NBA

4. Nick Nurse menggantikan Doc Rivers sebagai pelatih Philadelphia 76ers

6 Tim NBA 2023/2024 yang Menggunakan Jasa Pelatih AnyarNick Nurse (nba.com)

Nick Nurse merupakan salah satu pelatih dengan prestasi yang tak boleh diremehkan. Ia sempat membawa Toronto Raptors meraih gelar juara NBA 2019 dengan menumbangkan Golden State Warriors. Pada 2020, Nurse terpilih sebagai pelatih Tim Giannis pada NBA All-Star serta Coach of the Year.

Sayangnya, performa Raptors memang terlihat menurun setelah itu, apalagi ketika mereka ditinggal Kawhi Leonard. Usai tak meneruskan kerja sama dengan Raptors, Nurse mendapat tawaran dari Philadelphia 76ers. Nurse akan menggantikan posisi Doc Rivers yang dianggap gagal membawa Sixers melaju lebih jauh pada babak playoff.

5. Frank Vogel diharapkan membawa Phoenix Suns merengkuh gelar juara NBA

6 Tim NBA 2023/2024 yang Menggunakan Jasa Pelatih AnyarFrank Vogel (nba.com)

Phoenix Suns menjadi salah satu penantang kuat gelar juara NBA 2023/2024. Hal itu terjadi karena mereka mendatangkan bintang Washington Wizards, Bradley Beal. Sebelumnya, mereka sudah mempunyai dua pemain berlevel bintang, yakni Kevin Durant dan Devin Booker.

Suns juga membuat perubahan di sisi kepelatihan dengan memecat Monty Williams. Posisi tersebut akan diisi Frank Vogel. Pelatih berusia 50 tahun tersebut pernah membawa Los Angeles Lakers menjadi juara NBA 2020. Bagi Vogel, Suns akan menjadi tim keempat yang ia tangani setelah Indiana Pacers, Orlando Magic, dan Los Angeles Lakers.

6. Darko Rajakovic dipercaya menukangi Toronto Raptors

6 Tim NBA 2023/2024 yang Menggunakan Jasa Pelatih AnyarDarko Rajakovic (nba.com)

Satu lagi pelatih yang akan menjalani debutnya di NBA adalah Darko Rajakovic. Pelatih asal Serbia tersebut ditunjuk Toronto Raptors untuk menggantikan posisi Nick Nurse. Sebelum menerima tawaran Raptors, Rajakovic pernah menjadi asisten pelatih bagi Oklahoma City Thunder, Phoenix Suns, dan Memphis Grizzlies. 

Raptors yang musim lalu gagal melaju ke babak playoff berharap banyak kepada Rajakovic. Apalagi Raptors baru saja ditinggal guard andalan mereka, Fred VanVleet, yang hengkang ke Houston Rockets. Beruntung, Rajakovic masih bisa mengandalkan Pascal Siakam, OG Anunoby, dan Scottie Barnes.

Keenam tim NBA tersebut akan menjalani musim 2023/2024 bersama dengan pelatih baru. Lantas, mampukah para pelatih baru tersebut membawa timnya berprestasi musim ini? Kita lihat saja.

Baca Juga: 4 Jebolan NBA G League Ignite yang Terpilih pada NBA Draft 2023

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya