5 Bek Muda yang Tampil Impresif di Liga Top Eropa 2023/2024

Kemampuan mereka tak bisa dipandang sebelah mata

Posisi bek utama umumnya dimiliki oleh sosok pemain-pemain senior yang sudah berpengalaman. Meski begitu, tak sedikit klub yang memercayakan posisi krusial tersebut kepada pemain yang masih berusia muda.

Pada 2023/2024 ini misalnya, sejumlah nama bek muda mampu menunjukkan kualitasnya di lini pertahanan. Tak hanya penampilan individu, mereka pun turut membantu klub masing-masing untuk tampil mengesankan. Siapa saja mereka?

1. Jorrel Hato (18 tahun) mampu tampil impresif di tengah inkonsistensi Ajax Amsterdam

5 Bek Muda yang Tampil Impresif di Liga Top Eropa 2023/2024Jorrel Hato menjadi andalan di lini bertahan Ajax Amsterdam. (twitter.com/AFCAjax)

Di tengah inkonsistensi Ajax Amsterdam hingga Maret 2024, ada satu nama yang mampu tampil impresif. Ia adalah Jorrel Hato, bek Ajax yang baru menginjak usia 18 tahun. Baru mendapat debut di skuad utama pada 2022/2023, Hato mulai mendapatkan kepercayaan setelahnya. Pada musim ini, ia akhirnya menjadi pemain tak tergantikan di posisi bek tengah. Sejauh ini, Hato tak pernah sekali pun absen dalam 38 laga di semua kompetisi dengan catatan 1 gol dan 3 assist.

Hato dikenal sebagai seorang bek modern dengan ketangguhan fisik dan kecepatan yang mumpuni. Selain itu, ia memiliki kemampuan dalam membangun serangan, tekel, dan intersep yang tak diragukan lagi. Hato juga sosok yang memiliki jiwa kepimpinan tinggi. Oleh sebab itu, Hato beberapa kali dipercaya untuk mengemban ban kapten Ajax musim ini.

Baca Juga: 4 Bek Lulusan Akademi Ajax yang Meramaikan Premier League 2023/2024

2. Leny Yoro (18 tahun) merupakan sosok sentral di lini pertahanan LOSC Lille

5 Bek Muda yang Tampil Impresif di Liga Top Eropa 2023/2024Leny Yoro menjadi sorotan bersama LOSC Lille pada 2023/2024. (instagram.com/lenyyoro)

Leny Yoro merupakan sosok penting di barisan pertahanan LOSC Lille pada 2023/2024. Bek berusia 18 tahun tersebut telah tampil dalam 34 laga di semua kompetisi sejauh ini. Kehadirannya sukses membuat Los Dogues menjadi salah satu klub Ligue 1 Prancis dengan pertahanan terbaik.

Meski masih muda, Yoro memiliki kemampuan teknik yang mumpuni. Ia sangat lihai dalam mengolah bola dan turut aktif membangun serangan dari belakang. Selain itu, ia memiliki kemampuan membaca permainan dan antisipasi yang bagus dalam menjaga jantung pertahanan tim. Yoro juga merupakan sosok yang bergerilya dalam membantu skema menyerang. Dengan tinggi badan mencapai 1, 9 meter, ia menjadi sebuah ancaman dalam duel udara. Terhitung, 2 dari 3 gol Yoro pada musim ini ia cetak via sundulan kepala.

3. Ousmane Diomande (20 tahun) tampil kokoh di barisan pertahanan Sporting CP

5 Bek Muda yang Tampil Impresif di Liga Top Eropa 2023/2024Ousmane Diomande tampil kokoh di lini pertahanan Sporting CP. (twitter.com/SportingCP)

Ousmane Diomande, pemain Sporting CP, menjadi salah satu bek muda yang tampil impresif pada 2023/2024. Ia mampu tampil kokoh di lini pertahanan klub asal Kota Lisbon itu dalam 28 laga di semua kompetisi sejauh ini. Performa luar biasanya itu turut membantu klubnya memuncaki klasemen sementara Liga Portugal hingga pertandingan ke-24 musim ini.

Sejak didatangkan pada Januari 2023 dari klub Denmark, FC Midtjylland, Diomande sejatinya telah menunjukkan kemampuan luar biasanya. Pemain yang baru menginjak usia 20 tahun ini dikenal sebagai bek dengan kecepatan dan visi bermain yang baik. Selain itu, Diomande memiliki kontrol bola yang mumpuni dan umpan-umpan pendek yang terukur dalam membangun serangan.

Dengan sederet atribut yang dimilikinya itu, ia merupakan tipikal pemain yang mampu melakukan transisi bertahan-menyerang secara cepat. Ini menjadi sebuah keuntungan bagi tim yang menerapkan high-pressing. Oleh karenanya, sejumlah klub top Eropa , seperti Real Madrid dan Arsenal, tertarik untuk memboyong penggawa Timnas Pantai Gading itu.

4. Giorgio Scalvini (20 tahun) merupakan pilar penting di skuad Atalanta

5 Bek Muda yang Tampil Impresif di Liga Top Eropa 2023/2024Giorgio Scalvini merupakan bek muda andalan Atalanta. (instagram.com/giorgioscalvinii)

Giorgio Scalvini kembali menjadi pilar penting di skuad Atalanta pada 2023/2024. Sejak debut pada 2021, ia mulai mendapat kepercayaan dari sang pelatih, Gian Piero Gasperini. Pada musim ini, pemain berusia 20 tahun tersebut telah bermain dalam 33 pertandingan di semua kompetisi sejauh ini. Dari penampilannya, Scalvini mampu mencatatkan 1 gol dan 3 assist.

Pada usianya yang masih muda, kemampuan Scalvini terbilang di atas rata-rata pemain seumuran. Kemampuan intersep dan tingkat konsentrasinya yang baik merupakan hal yang paling mencolok darinya. Selain itu, berkat tingginya yang mencapai 1,94 meter, Scalvini merupakan sosok yang diandalkan dalam antisipasi duel udara.

5. Jarell Quansah (21 tahun) mampu membuktikan kualitasnya bersama Liverpool

5 Bek Muda yang Tampil Impresif di Liga Top Eropa 2023/2024Jarell Quansah, bek muda andalan Liverpool (instagram.com/jarellquansah)

Jarrel Quansah menjadi salah satu pemain muda yang mulai mendapatkan kepercayaan bermain di skuad utama Liverpool pada 2023/2024. Terhitung hingga pertengahan Maret 2024, Quansah telah tampil di 25 laga di semua kompetisi musim ini. Dari penampilannya, pemain berusia 21 tahun tersebut bermain sebanyak 20 kali sebagai starter.

Meski baru merasakan musim perdananya di skuad utama, Jarrel Quansah mampu membuktikan kualitasnya bersama Liverpool. Sebagai seorang bek tengah, ia dapat bermain dengan tenang di zona pertahanan Liverpool. Selain itu, Quansah juga aktif membantu skema menyerang, terutama dalam situasi eksekusi bola mati. Gaya permainannya pun mirip dengan bek andalan sekaligus mentornya di Liverpool, Virgil Van Dijk. 

Deretan nama pemain muda berbakat di atas mampu menunjukkan usia hanyalah angka. Menarik dinanti sejauh mana mereka akan berkembang ke depannya.

Baca Juga: 5 Tim Non-EPL Terakhir yang Lolos ke Semifinal Piala FA per 2024

Gilang Rama W. Photo Verified Writer Gilang Rama W.

A long-life learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya