Comscore Tracker

Bukan Cuma Zohri, Wushu Indonesia juga Torehkan Prestasi Dunia

Mereka berhasil sabet banyak medali di kejuaraan dunia

Jakarta, IDN Times - Lalu Muhammad Zohri sejenak berhasil mengalihkan pandangan masyarakat Indonesia dari Piala Dunia 2018 setelah jadi orang Indonesia pertama yang meraih medali emasi pada nomor lari 100 meter di Kejuaraan Dunia Atletik U-20 IAAF 2018 di Tampere, Finlandia.

Ternyata, tak hanya Zohri yang baru-baru ini menorehkan prestasi gemilang di kancah Internasional. Tim Wushu Indonesia yang sedang berlaga di Kejuaraan Dunia Wushu Junior di Brasilia, Brasil, juga membawa kabar baik.

1. Tim wushu Indonesia dapat 10 medali

Bukan Cuma Zohri, Wushu Indonesia juga Torehkan Prestasi DuniaDok.IDN Times/Istimewa

Ketua Wushu Indonesia Airlangga Hartarto menjelaskan dalam kejuaraan yang masih berlangsung teresebut, Indonesia sejauh ini sudah mengumpulkan 10 medali yang terdiri dari satu emas, empat perak, dan lima perunggu. Menteri Perindustrian itu mengaku optimis para atlet wushu Indonesia mampu tampilkan yang terbaik dan menambah perolehan medalinya.

Berdasarkan rilis yang diterima IDN Times, ke-10 medali yang disabet tim wushu Indonesia berkat kontribusi dari Jevon Kusmoyo (medali emas di nomor taiji pedang dan perak di nomor taiji), Nadya Permata (perak di nomor changquan), Joyceline (perak di nomor jianshu dan perunggu di nomor Nanquan B), Nadya Permata (perak di nomor Ginshu A, Thalia Marvelina (perunggu di nomor gunshu), Nelson Louis (perunggu di nomor jianshu), Patricia Geraldine (perunggu di nomor jianshu), dan Ahmad Gifari (perunggu di nomor tombak).

2. Airlangga klaim Wushu diandalkan Indonesia

Bukan Cuma Zohri, Wushu Indonesia juga Torehkan Prestasi DuniaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Menurutnya, wushu merupakan salah satu cabang olahraga yang diandalkan oleh Indonesia. Buktinya dari berbagai kejuaraan tingkat internasional, tim wushu Indonesia mampu meraih medali emas.

Misalnya, dalam kejuaraan wushu disiplin sanda di Moskow, Rusia pada 16-20 Februari 2018, tim Merah Putih merebut tiga medali emas, dua perak, dan satu perunggu. Sebelumnya, pada Kejuaraan Dunia Wushu ke-14 di Kazan, Rusia pada 28 September-3 Oktober 2017 Indonesia mampu mengumpulkan satu medali emas, empat perak, dan satu perunggu.

“Bahkan, tim wushu Indonesia juga berhasil mencapai target dengan meraih tiga medali emas pada ajang SEA Games 2017 di Malaysia,” ungkapnya dalam sebuah rilis.

3. Federasi akan terus pantau atletnya karena mereka masa depan Wushu Indonesia

Bukan Cuma Zohri, Wushu Indonesia juga Torehkan Prestasi DuniaDok.IDN Times/Istimewa

PB Wushu Indonesia melalui sang ketua umum mengaku akan terus memacu semangat para atlet binaannya agar tetap menjadi kebanggaan bagi seluruh bangsa Indonesia karena tim wushu junior tersebut akan jadi penerus seniornya sehingga perlu diberi banyak kesempatan.

“Tim wushu junior kita ini akan menjadi cikal bakal pelapis tim senior yang ada sekarang. Maka, agar tidak ada kesenjangan antara junior dengan senior, perlu diberikan kesempatan kepada junior untuk menimba pengalaman di kejuaraan dunia,” jelas Airlangga.

Baca juga: Presiden Jokowi Perintahkan Menteri PUPR Renovasi Rumah Zohri

Topic:

  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya