Presiden Jokowi Perintahkan Menteri PUPR Renovasi Rumah Zohri

Saat ini rumah yang ditempati Zohri sangat sederhana

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo memerintahkan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono agar melakukan renovasi terhadap rumah atlet lari, Lalu Muhammad Zohri. Namanya, kini melambung dan menjadi perbincangan publik gara-gara ia keluar sebagai juara dunia di nomor lari 100 meter U-20 di Tampere, Finandia pada Rabu malam (11/7). Menurut catatan dari Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) pada Kamis kemarin, Zohri disebut finis dengan tiga catatan waktu, masing-masing 10,22 detik.

Ia berhasil mengalahkan dua atlet lari asal Amerika Serikat yakni Anthony Schwartz dan Eric Harrison. Schwartz dan Harrison menduduki posisi kedua dan ketiga dengan catatan waktu masing-masing 10,22 detik.

Sementara, catatan waktu Zohri berhasil memecahkan rekor nasional junior atas namanya sendiri 10,25 detik. Ia juga berhasil nyaris mendekati rekor nasional milik pelari senior atas nama Suryo Agung Wibowo yakni 10,17 detik.

Lalu, kapan renovasi rumah Zohri akan terealisasi?

1. Menteri PUPR meminta bawahannya untuk menemui keluarga Zohri di Lombok

Presiden Jokowi Perintahkan Menteri PUPR Renovasi Rumah ZohriPB PASI

Menindak lanjuti instruksi dari Jokowi, Basuki kemudian memerintahkan bawahannya, Kepala Badan Penelitan dan Pengembangan (Balitbang), Danis H. Sumadilaga dan Direktur Rumah Khusus, Chris Robert Marbun untuk menemui keluarga dan melihat langsung kondisi rumah Zohri.

"Sesuai dengan perintah Bapak Presiden, tadi pagi Menteri PUPR, meminta kami untuk segera mengecek kondisi rumah keluarga Zohri untuk menentukan jenis renovasi yang akan dilakukan," ujar Danis yang ditemui di Bandara Soekarno-Hatta sebelum terbang menuju ke Nusa Tenggara Barat pagi tadi.

Namun, kakak laki-laki Zohri, Lalu Marif, mengatakan kendati akan direnovasi, rumah tersebut akan tetap menggunakan bahan terbuat dari papan untuk membangunnya. Salah satu alasan mengapa papan digunakan untuk proses renovasi yakni agar masih bisa mengenang kondisi rumah yang lama.

"(Nanti direnovasinya) tetap pakai papan, biar kenangannya tetap ada," ujar Marif kepada media pada hari ini.

Ia mengatakan kalau Zohri pulang ke rumah orang tuanya, ia biasa tidur di rumah kayu atau bahasa sasak disebut bedek.

Baca juga: Saksikan: Detik-Detik Kemenangan Muhammad Zohri di Kejuaraan Dunia!

2. Presiden Jokowi mengundang Zohri ke Istana

Presiden Jokowi Perintahkan Menteri PUPR Renovasi Rumah ZohriANTARA FOTO/REUTERS/Lehtikuva

Selain menerima ucapan selamat dan bantuan renovasi rumah dari Jokowi, mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga mengundang pria berusia 18 tahun itu ke Istana. Sementara, renovasi rumah Zohri, kata Jokowi merupakan ungkapan rasa bangga seluruh rakyat Indonesia.

3. Keluarga Zohri sudah pernah ajukan biaya ke kepala desa untuk renovasi tapi gak direspons

Presiden Jokowi Perintahkan Menteri PUPR Renovasi Rumah ZohriIDN Times/Istimewa

Sementara, kakak Zohri yang lain, Fazilah mengaku keluarganya sudah pernah mengajukan bantuan ke kepala desa, tapi namanya gak pernah keluar. Zohri sendiri diketahui hanya sesekali tinggal di rumah orang tuanya yang berada di area Kabupaten Lombok Utara.

Zohri, kata Fazilah memang sejak lama sudah bercita-cita ingin memperbaiki kediaman orang tuanya itu.

"Tapi, dia baru akan memperbaiki rumah orang tuanya setelah benar-benar sukses," ujar Fazilah seperti dikutip kantor berita Antara hari ini.

Keluarga memang berencana membeli tanah di luar dusunnya, dengan catatan kalau danaya sudah terpenuhi. Zohri sendiri gak perna cerita mengenai kesulitannya.

"Dia tidak ingin menyusahkan kakak-kakaknya atau keluarga yang lain. Oleh sebab itu, dia akan berusaha sendiri selama masih mampu," kata dia lagi.

Baca juga: Soal Kontroversi Bendera Merah Putih untuk Zohri, Ini Penjelasan KBRI

Topik:

Berita Terkini Lainnya