Fakta-fakta Menarik di Balik NBA Christmast Day 2021

LeBron James salah satu pemain terbaik di NBA Christmast Day

Jakarta, IDN Times - NBA Christmast Day sudah menjadi tradisi tahunan yang sudah berlangsung cukup lama. Pada perayaan momentum ulang tahun ke-75 NBA musim 2021/22, tradisi pertandingan pada Hari Natal ini pun bakal kembali dilangsungkan.

Sejak pertandingan pertamanya di tahun 1947, banyak dari pertandingan pada tanggal 25 Desember yang telah diabadikan dengan menghasilkan momen terbaik dari sisi sejarah maupun statistik. 

Kali ini, ada lima pertandingan seru yang bakal digelar pada hari spesial tersebut.

Semangat liburan, ditambah dengan beberapa pertandingan besar, akan menghadirkan pengalaman yang luar biasa. 

Yang pasti banyak ditunggu tentu pertunjukkan yang disuguhkan Kevin Durant, hingga tradisi chalk-tossing oleh LeBron James, hingga keseruan sorak-sorai untuk Los Angeles Lakers atau Brooklyn Nets.

Untuk memeriahkan suasana Hari Natal, simak beberapa fakta unik dari pertandingan NBA Christmas Day.

Baca Juga: 5 Pelatih NBA Musim Ini yang Pernah Juara NBA Saat Jadi Pemain

1. Mayoritas terjadi duel klub-klub yang baru pertama kali bertemu di NBA Christmas Day

Fakta-fakta Menarik di Balik NBA Christmast Day 2021Dok. NBA

Empat dari lima pertandingan yang akan terjadi tahun ini, belum pernah dilaksanakan pada Hari Natal sebelumnya.

Laga-laga baru tersebut adalah duel Boston Celtics melawan Milwaukee Bucks, Golden State Warriors kontra, Phoenix Suns, Brooklyn Nets berhadapan dengan Los Angeles Lakers, dan Dallas Mavericks Utah Jazz. 

Sementara itu, Atlanta Hawks akan bertanding melawan New York Knicks dalam pertandingan ulang dari seri playoff musim sebelumnya.

Baca Juga: Ledakan COVID-19 Mulai Beri Pengaruh kepada NBA

2. MVP di Lapangan

Fakta-fakta Menarik di Balik NBA Christmast Day 2021Pemain Milwaukee Bucks Giannis Antetokounmpo (34) melakukan dunks ke basket Phoenix Suns pada gim ke-4 babak final NBA 2021 di Fiserv Forum, Milwaukee, Wisconsin, Amerika Serikat, Rabu (14/7/2021) waktu setempat. Milwaukee Bucks menyamakan kedudukan 2-2 usai menundukkan Phoenix Suns 109-103. ANTARA FOTO/USA TODAY Sports/Mark J. Rebilas

NBA Christmast Day akan menampilkan banyak bintang terbaik, 10 tim yang akan bertanding di Hari Natal 2021, menampilkan tujuh pemain yang telah memenangkan penghargaan Kia NBA Most Valuable Player, dan 35 pemain yang telah dinobatkan sebagai NBA All-Stars. 

Selain itu, sembilan pemain yang terpilih pada Perayaan Ulang Tahun NBA ke-75 ikut bertanding padapertandingan NBA Christmas Day. Mereka adalah Giannis Antetokounmpo (Milwaukee Bucks), Carmelo Anthony (LA Lakers), Anthony Davis (LA Lakers), LeBron James (LA Lakers), dan Russell Westbrook (LA Lakers), Stephen Curry (Golden State Warriors), Kevin Durant (Brooklyn Nets), James Harden (Brooklyn Nets), 

dan Chris Paul (Phoenix Suns). 

Sementara itu, ada dua pelatih yang sudah terpilih untuk pertandingan NBA Christmas Day, yakni Jason Kidd (Dallas Mavericks) dan Steve Nash (Brooklyn Nets).

3. Tim paling banyak dan sedikit tampil di NBA Christmas Day

Fakta-fakta Menarik di Balik NBA Christmast Day 2021Pebasket New York Knicks Taj Gibson (67) berebut bola dengan pebasket Atlanta Hawks John Collins (20) pada pertandingan playoff NBA di Madison Square Garden, New York, Kamis (3/6/2021). Hawks tundukkan Knicks pada game kelima dan lolos ke babak selanjutnya setelah menang 4-1. ANTARA FOTO/REUTERS/USA TODAY Sports/Wendell Cruz.

Beberapa tim yang bermain di pertandingan NBA Christmas Day tahun ini akan bertanding untuk pertama kalinya setelah sekian lama. Atlanta Hawks tercatat akan bermain pertama kalinya NBA Christmas Day sejak tahun 1989 dan Phoenix Suns pertama kalinya lagi tampil sejak tahun 2009. 

Sementara, New York Knicks jadi salah satu tim terbanyak yang tampil di NBA Christmas Day. Mereka tercatat tampil untuk ke-53 kalinya pada musim ini (termasuk pada Natal 2021). 

Selain itu, LA Lakers juga menjadi salah satu tim yang sudah banyak tampil di hari spesial ini. Ini akan jadi pertandingan NBA Christmas Day selama 23 tahun berturut-turut.

4. Tim Paling Dominan di pertandingan NBA Christmas Day

Fakta-fakta Menarik di Balik NBA Christmast Day 2021Pemain LA Lakers Anthony Davis berusaha menjaringkan bola saat melawan LA Clippers saat laga NBA di Staples Center, Los Angeles, California, AS, Kamis (6/5/2021). Clippers memimpin jauh perolehan angka pada paruh waktu atas Lakers 65-42. ANTARA FOTO/Reuters/Kirby Lee-USA TODAY Sports

LA Lakers menjadi tim yang paling dominan meraih kemenangan di pertandingan NBA Christmas Day. Total, mereka 24 kali menang dengan persentase kemenangan .511.

Mereka bersaing dengan Boston Celtics bersaing ketat dalam memperebutkan gelar juara NBA terbanyak dengan masing-masing 17 gelar. Lakers telah mencetak rekor partisipasi di NBA Finals sebanyak 32, sebelas kali lebih banyak dari Boston Celtics yang berada di posisi kedua (21).

Baca Juga: 9 Fakta Luka Doncic, Wajah Masa Depan NBA

5. Triple-double pada Hari Natal

Fakta-fakta Menarik di Balik NBA Christmast Day 2021Draymond Green (nba.com)

Enam pemain telah mencatat rekor triple-double pada pertandingan NBA Christmas Day: Draymond Green tahun 2017, Russell Westbrook pada tahun 2013, LeBron James pada tahun 2010, Billy Cunningham pada tahun 1970, dan John Havlicek pada tahun 1967. 

Selain itu, mantan pemain Milwaukee Bucks, Oscar Robertson pernah mencetak triple-double sebanyak empat kali pada tahun 1967, 1963, 1961 dan 1960.

6. Pemain terbaik di Hari Natal

Fakta-fakta Menarik di Balik NBA Christmast Day 2021NBA.com

6. 6. Pemain terbaik di Hari NatalLima pencetak skor terbanyak sepanjang karier pada pertandingan NBA Christmas Day adalah Kobe Bryant (395 poin), LeBron James (383), Oscar Robertson (377), Dwyane Wade (314) dan Kevin Durant (299). 

Selain itu, Kobe Bryant telah bermain pada 16 pertandingan NBA Christmas Day, terbanyak dibandingkan dengan seluruh pemain.

Kevin Durant menjadi pemain aktif yang mampu menciptakan skor tertinggi pada pertandingan NBA Christmas Day, tepatnya saat masih bermain di Oklahoma City Thunder dengan mencetak 44 poin saat melawan Denver Nuggets di tahun 2010. 

Pemain Center LA Lakers, DeAndre Jordan mencetak rekor permainan tunggal untuk blok terbanyak, sebanyak delapan kali pada pertandingan NBA Christmas Day saat ia masih bermain untuk LA Clippers ketika menghadapi Golden State Warriors pada tahun 2011.

Baca Juga: Stephen Curry di Ambang Pecahkan Rekor Ajaib Ray Allen di NBA

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya