Comscore Tracker

SEA Games Sebentar Lagi, Erick Thohir Jelaskan Target Indonesia

Indonesia pernah juara umum 10 kali di SEA Games

Jakarta, IDN Times - SEA Games 2019 segera digelar di Filipina pada 30 November hingga 11 Desember. Ketua Komite Olimpiade Indonesia, Erick Thohir, memastikan Indonesia bakal mengirimkan atlet-atlet terbaik untuk tampil di ajang dua tahunan tersebut.

1. Target Indonesia sesuai dengan blueprint pemerintah

SEA Games Sebentar Lagi, Erick Thohir Jelaskan Target IndonesiaIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Erick mengatakan persiapan menuju SEA Games sudah cukup matang. Apalagi, Erick melanjutkan, ajang ini juga dijadikan program antara untuk bisa menyiapkan atlet menuju ajang yang lebih besar: Olimpiade Tokyo 2020.

"Jadi saya rasa targetnya sesuai visi pemerintah. Kita melihat ke depan, tak cuma SEA Games saja, tapi target lebih tinggi di Asian Games dan Olimpiade. Sehingga Blueprint untuk olahraga Indonesia berubah. SEA Games dijadikan ajang untuk loncatan di level dunia," kata Erick Tohir di INews Tower, Senin (19/8).

Baca Juga: Wishnutama dan Erick Thohir, Calon Menteri Jokowi dari Millennial

2. Indonesia tak akan ikut semua cabor yang dipertandingkan

SEA Games Sebentar Lagi, Erick Thohir Jelaskan Target IndonesiaIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Erick mengatakan dari 52 cabang yang akan dipertandingkan, Indonesia bakal mengikuti sekitar 40-an olahraga saja. Ia pun mengaku terus berdiskusi secara intens dengan pihak Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), terkait cabor yang diikuti.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Tim Pemenangan Nasional Jokowi dalam Pilpres itu membeberkan alasan kenapa Indonesia tak mengikuti seluruh olahraga yang diperlombakan di SEA Games. Sebab, beberapa cabor tak termasuk dalam prioritas.

Apalagi, biasanya beberapa olahraga unggulan tuan rumah sengaja dipertandingkan. Hal itu digunakan untuk tambahan mereka bisa mengumpulkan pundi-pundi medali. Terlebih, tuan rumah memiliki hak preogratif untuk memilih cabor tertentu nantinya.

3. Di SEA Games Indonesia sudah menjadi juara umum sebanyak 10 kali

SEA Games Sebentar Lagi, Erick Thohir Jelaskan Target Indonesiatwitter.com/inabadminton

Dengan apa yang telah dikerjakan sejauh ini, Eks pemilik Inter Milan itu optimistis Indonesia mampu berprestasi banyak di SEA Games Filipina nanti. Hal itu dilihat dari performa atlet-atlet Tanah Air yang bisa menunjukkan kemampuan terbaik saat manggung di Asian Games 2018 kemarin.

Jelas, Indonesia tetap diharapkan jadi juara umum nantinya. Maklum, mereka memiliki sejarah bagus di SEA Games karena sudah berhasil menjadi juara umum sebanyak 10 kali dari 30 kali pergelarannya.

Baca Juga: Timnas U-23 Tersingkir di Piala AFC, Indra Sjafri Bidik SEA Games 2019

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You