Terdepak dari Yamaha pada MotoGP 2021, Valentino Rossi Buka Suara

Rossi berpotensi bisa tampil satu tim bersama adiknya

Jakarta, IDN Times - Karier legenda balap motor Valentino Rossi masih belum jelas pada MotoGP 2021 mendatang. Pembalap asal Italia itu dipastikan terdepak dari tim pabrikan Yamaha Moster Energy lantaran posisinya digeser oleh Fabio Quartararo untuk mendampingin Maverick Vinales.

Fabio Quartararo diputuskan untuk naik tingkat dari pembalap satelit Yamaha, Petronas Yamaha SRT untuk masuk menjadi pembalap pabrikan. Hal itu tak lepas dari prestasi yang ditorehkan pembalap El Diablo musim lalu. Datang sebagai debutan di MotoGP, ia tujuh kali naik podium dan menyelesaikan musim 2019 di posisi lima.

1. Rossi masih ingin mempertimbangkan keputusannya usai menjalani balap di MotoGP 2020

Terdepak dari Yamaha pada MotoGP 2021, Valentino Rossi Buka Suaraautosport.com

Usai mendapat pengumuman resmi yang dirilis pada Rabu (29/1), The Doctor akhirnya buka suara. Ia masih ingin melihat terlebih dahulu kans untuk bersaing di atas tunggangan Yamaha YZR-M1 pada MotoGP 2020, sebelum akhirnya memutuskan masa depannya.

"Untuk sebuah alasan, Yamaha meminta saya segera membuat keputusan. Saya masih konsisten, seperti apa yang telah saya katakan tahun lalu, saya tak mau tergesa-gesa untuk membuat keputusan karena saya masih butuh waktu untuk menimbang," kata Rossi dikutip dari La Gazzetta dello Sport.

2. Rossi menyiratkan masih ingin tampil pada MotoGP 2021

Terdepak dari Yamaha pada MotoGP 2021, Valentino Rossi Buka Suaraen.as.com

Pembalap yang Februari nanti menginjak usia 41 tahun itu perlu waktu untuk yakin mengambil keputusan terbaik. Oleh sebab itu, ia akan melihat perkembangannya ketika balapan di beberapa seri untuk bisa segera memutuskan masa depannya.

Secara tersirat, jelang MotoGP musim ini, Rossi memang sangat optimistis bisa terus melanjutkan kariernya hingga 2021 mendatang. Menurut dia, kedatangan teknisi anyar dan perkembangan aspek teknis membuatnya semakin yakin masih bisa bersaing dengan pembalap muda di MotoGP.

"Tujuan pertama saya jadi lebih kompetitif musim ini, dan hal itu berlanjut kepada keberlangsungan karier saya untuk 2021," ujar pembalap yang sudah menjuarai MotoGP sembilan kali tersebut.

3. Rossi tak masalah jika akhirnya bergabung dengan tim satelit Petronas Yamaha SRT

Terdepak dari Yamaha pada MotoGP 2021, Valentino Rossi Buka Suarawww.lacomarca.net

Terkait Yamaha yang sudah memberikan beberapa opsi terbaik, yakni pilihan pensiun atau masuk ke salah satu tim satelit Petronas Yamaha menggantikan posisi Quartararo, Rossi juga masih menimbangnya. Ia sendiri tak masalah jika harus turun ke tim Petronas Yamaha SRT nantinya.

Saya senang jika memutuskan untuk melanjutkan karier balapan, Yamaha siap memberikan dukungan dalam segala hal, memberi saya motor spesifikasi pabrikan," beber eks pembalap Ducati itu.

"Saya tak melihat adanya sebuah perbedaan jika ke Petronas. Bagi saya Petronas bukanlah tim yang buruk," lanjut Valentino Rossi yang berpeluang tampil satu tim dengan adiknya Luca Marini pada MotoGP 2021 jika memutuskan menerima opsi kedua Yamaha.

Baca Juga: Balapan di Usia 40 Tahun, Legenda MotoGP Sanjung Valentino Rossi

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya