7 Atlet Bulu Tangkis dengan Gelar Sarjana, Tak Lupakan Pendidikan

Ada yang lulus dari universitas ternama

Menjadi seorang atlet bulu tangkis tentu tak lepas dari jadwal latihan dan pertandingan yang padat. Waktu, tenaga, dan pikiran mereka banyak terkuras hanya untuk berlatih dan bertanding. Hal tersebut membuat banyak atlet bulu tangkis meninggalkan urusan pendidikannya.

Meski begitu, masih terdapat beberapa atlet bulu tangkis yang mengenyam pendidikan tinggi hingga bergelar sarjana. Di tengah padatnya aktivitas sebagai atlet bulu tangkis, mereka mampu menyelesaikan studinya dan berakhir dengan gelar sarjana. Berikut tujuh atlet bulu tangkis dengan gelar sarjana itu.

1. Fajar Alfian meraih gelar Sarjana Pendidikan di Universitas Bale Bandung

7 Atlet Bulu Tangkis dengan Gelar Sarjana, Tak Lupakan PendidikanFajar Alfian (pbsi.id)

Fajar Alfian yang berpasangan dengan Muhammad Rian Ardianto merupakan ganda putra terbaik Indonesia saat ini. Ia menduduki peringkat tujuh dunia dengan mengoleksi berbagai gelar juara dari turnamen bergengsi. Jadwal latihan dan pertandingan yang padat tak menjadi alasan juara All England ini meninggalkan pendidikannya. Di tengah kesibukannya, Fajar berhasil menyelesaikan studinya di Universitas Bale Bandung pada program studi Pendidikan Geografi. Fajar resmi lulus dengan gelar Sarjana Pendidikan pada 2018 lalu.

2. Tai Tzu Ying meraih gelar sarjana hingga doktor di University of Taipei

7 Atlet Bulu Tangkis dengan Gelar Sarjana, Tak Lupakan PendidikanTai Tzu Ying saat menerima gelar doktor (bwfworldchampionships.bwfbadminton.com)

Tai Tzu Ying merupakan tunggal putri yang paling diandalkan Taiwan saat ini. Ia telah menorehkan berbagai prestasi hingga menduduki peringkat tiga dunia. Tak hanya bergelimang gelar juara di bidang bulu tangkis, Tai Tzu Ying juga memiliki gelar sarjana hingga doktor di bidang akademik. Ia merupakan lulusan University of Taipei di Institue of Sports Training. Ia menempuh gelar sarjana hingga doktor di universitas tersebut. Tai mengaku gelar tersebut membantu dalam latihannya.

3. Pusarla Venkata Sindhu meraih gelar sarjana dan magister di kampus yang berbeda

7 Atlet Bulu Tangkis dengan Gelar Sarjana, Tak Lupakan PendidikanPusarla Venkata Sindhu saat menjuarai Syed Modi India International 2022 (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Pusarla Venkata Sindhu adalah atlet bulu tangkis berikutnya dengan gelar sarjana. Bahkan, peraih medali perak dan perunggu di Olimpiade ini juga melanjutkan pendidikannya hingga S2. Sindhu menempuh pendidikan sarjananya di bidang Perdagangan Chennai Vels University. Sementara itu, gelar magisternya diraih di bidang Administrasi Bisnis dari St Ann Women's College di Hyderabad, India.

Baca Juga: Tim Bulu Tangkis Indonesia Gagal Nyoblos di Malaysia, Kenapa?

4. Ratchanok Intanon menjadi sarjana Administrasi Publik

7 Atlet Bulu Tangkis dengan Gelar Sarjana, Tak Lupakan PendidikanRatchanok Intanon (bwfworldtourfinals.bwfbadminton.com)

Berikutnya, atlet bulu tangkis dengan gelar sarjana adalah Ratchanok Intanon. Tunggal putri Thailand yang menjadi juara dunia pada usia muda ini meraih gelar sarjana di bidang Administrasi Publik pada 2018 lalu di Bangkok Thonbury University, Thailand. Pada 2020, ia berhasil menyelesaikan studinya pada jenjang magister di jurusan dan kampus yang sama. Tak berhenti sampai di situ, Intanon juga mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan studi S3 yang masih ia tempuh hingga saat ini.

5. Iris Wang merengkuh gelar sarjana di University of California Los Angeles

7 Atlet Bulu Tangkis dengan Gelar Sarjana, Tak Lupakan PendidikanIris Wang (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Tak banyak yang tahu, Iris Wang yang merupakan atlet bulu tangkis Amerika Serikat ini juga menempuh pendidikan tinggi. Pemain tunggal putri ini merupakan lulusan salah satu universitas ternama di Negeri Paman Sam, University of California Los Angeles, Amerika Serikat. Ia lulus jenjang S1 pada 2019 lalu dari program studi Ekonomi Bisnis dengan nilai 3,74.

6. Kenta Nishimoto merengkuh gelar Sarjana Hukum di Chuo University

7 Atlet Bulu Tangkis dengan Gelar Sarjana, Tak Lupakan PendidikanKenta Nishimoto (bwfthomasubercups.bwfbadminton.com)

Atlet bulu tangkis Jepang, Kenta Nishimoto, juga termasuk dalam atlet bulu tangkis dengan gelar sarjana. Tunggal putra peringkat 12 dunia ini menempuh pendidikan sarjananya di Fakultas Hukum Chuo University, Jepang. Ia memulai studinya pada 2012 dan dinyatakan lulus dengan gelar Sarjana Hukum pada 2017.

7. Gronya Somerville mendapatkan gelar sarjana di Victoria University

7 Atlet Bulu Tangkis dengan Gelar Sarjana, Tak Lupakan PendidikanGronya Somerville (bwfbadminton.com)

Gronya Somerville juga termasuk atlet bulu tangkis dengan gelar sarjana. Pemain spesialis ganda putri dan ganda campuran ini mengenyam bangku kuliah di Victoria University, Australia. Ia memulai perkuliahannya pada 2014 dan dinyatakan lulus dengan gelar Bachelor of Exercise and Human Movement pada 2020. Setahun berselang, Somerville mulai melanjutkan studi S2 melalui beasiswa dari BWF di University of London hingga saat ini.

Selain tujuh pemain di atas, masih terdapat beberapa atlet bulu tangkis lainnya yang tengah berjuang untuk mendapatkan gelar sarjana. Salah satunya adalah tunggal putra asal Jepang, Kodai Naraoka. Saat ini, ia merupakan mahasiswa tingkat akhir di Fakultas Ilmu Olahraga Nihon University, Jepang.

Baca Juga: Bulu Tangkis Indonesia Jeblok Jelang Olimpiade 2024, KOI Bergerak

Kelfin GR Photo Verified Writer Kelfin GR

write, wrote, written

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya