Daftar Juara Bertahan All England 2024, Ada Pemain Indonesia!

Fajar/Rian jadi satu-satunya dari Indonesia

All England 2024 digelar setelah setelah French Open 2024 minggu lalu. Turnamen badminton tertua di dunia ini akan berlangsung pada 12—17 Maret 2024 di Utilita Arena Birmingham, Birmingham, Inggris, dengan memperebutkan total hadiah sebesar Rp20,2 miliar.

Pada 2023, All England sukses digelar dengan tiga negara meraih gelar juara. China, Indonesia, dan Korea Selatan berpesta pora pada partai final. China dan Korea Selatan sama-sama merengkuh dua gelar juara dan runner-up. Sementara itu, Indonesia berakhir dengan satu gelar juara dan runner-up.

Berikut daftar juara bertahan All England 2024.

1. Li Shi Feng (China) pemegang juara bertahan sektor tunggal putra

Daftar Juara Bertahan All England 2024, Ada Pemain Indonesia!Li Shi Feng (allenglandbadminton.com)

Juara bertahan sektor tunggal putra All England adalah Li Shi Feng asal China. Ia kala itu menjadi satu-satunya pemain nonunggulan yang berhasil menyabet gelar juara. Kemenangannya dipastikan setelah unggul pada laga final kontra rekan senegaranya, Shi Yu Qi, dengan skor 26-24 dan 21-5 dalam waktu 50 menit. 

Li Shi Feng akan turun untuk mempertahankan gelar juaranya di All England 2024. Kali ini, ia tak lagi menjadi pemain nonunggulan, tetapi menjadi unggulan ketiga. Pada babak pertama, ia akan dihadapkan dengan tunggal putra Prancis, Toma Junior Popov.

2. An Se Young (Korea Selatan) juara bertahan sektor tunggal putri

Daftar Juara Bertahan All England 2024, Ada Pemain Indonesia!An Se Young (bwfworldtourfinals.bwfbadminton.com)

Dari sektor tunggal putri, gelar juara bertahan All England dipegang An Se Young dari Korea Selatan. Ia yang saat itu diunggulkan di posisi kedua merenggut gelar juara setelah memenangi laga sengit pada partai final kontra Chen Yu Fei yang diunggulkan di posisi keempat. Ia menang tiga set dengan skor 21-17, 10-21, dan 21-19 dalam durasi 75 menit.

An Se Young akan kembali tampil di All England 2024. Selain berlabel juara bertahan, ia juga menyandang status sebagai unggulan pertama. Perjalanannya pada babak pertama akan dimulai dengan menghadapi tunggal putri Taiwan, Wen Chi Hsu.

Baca Juga: Misi Fajar/Rian di All England Demi Olimpiade 2024

3. Juara bertahan sektor ganda putra adalah Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Indonesia)

Daftar Juara Bertahan All England 2024, Ada Pemain Indonesia!Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di podium All England 2023. (pbsi.id)

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto adalah pemegang gelar juara bertahan All England sektor ganda putra. Mereka yang saat itu diunggulkan di urutan pertama menjadi satu-satunya peraih gelar juara All England 2023 dari Indonesia. Gelar juara mereka pastikan selepas memenangkan laga final kontra rekan senegara sekaligus senior mereka, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Mereka menang dalam laga dua set yang berlangsung selama 34 menit dengan skor 21-17 dan 21-14.

Fajar/Rian tentu tak ingin melewatkan All England 2024. Mereka juga akan bertanding di All England tahun ini dengan menyandang status sebagai juara bertahan sekaligus unggulan ketujuh. Pada babak pertama, mereka mesti berhadapan dengan ganda putra Taiwan, Fang Chih Lee/Fang Jen Lee.

4. Kim So Yeong/Kong Hee Yong (Korea Selatan) penyandang gelar juara bertahan sektor ganda putri

Daftar Juara Bertahan All England 2024, Ada Pemain Indonesia!Kim So Yeong dan Kong Hee Yong (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Di sektor ganda putri, gelar juara bertahan All England disandang wakil Korea Selatan, Kim So Yeong/Kong Hee Yong. Mereka yang kala itu menjadi unggulan keenam keluar sebagai juara setelah mengalahkan kompatriotnya pada laga final. Mereka menang atas Baek Ha Na/Lee So Hee dengan skor 21-5 dan 21-12 dalam duel yang berjalan selama 43 menit.

Di All England 2024, Kim/Kong akan tampil untuk mempertahankan gelar juaranya. Kali ini, mereka akan tampil sebagai unggulan ketiga. Pada laga pembuka, mereka akan bersua ganda putri China, Li Yi Jing/Luo Xu Min.

5. Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (China) juara bertahan sektor ganda campuran

Daftar Juara Bertahan All England 2024, Ada Pemain Indonesia!Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (bwfworldtourfinals.bwfbadminton.com)

Bergeser ke sektor ganda campuran, titel juara bertahan All England disandang Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong asal China. Mereka saat itu keluar sebagai juara dengan status sebagai unggulan pertama. Pada laga final, mereka menaklukkan ganda campuran Korea Selatan, Seo Seung Jae/Chae Yu Jung, dengan skor 21-16, 16-21, dan 21-12 dalam waktu 64 menit.

Sama seperti empat juara bertahan lainnya, Zheng/Huang juga akan ikut andil di All England 2024. Mereka diunggulkan di posisi pertama sama seperti edisi sebelumnya. Pada babak pertama, lawan yang akan mereka hadapi adalah Vinson Chiu/Jennie Gai dari Amerika Serikat. 

Hadirnya seluruh juara bertahan di All England 2024 membuat persaingan makin menarik untuk disaksikan. Langkah lima juara bertahan di atas untuk mempertahankah gelar juaranya tentu tak akan mudah. Pasalnya, hampir seluruh pemain kelas dunia hadir di turnamen bergengsi ini.

Baca Juga: Prestasi Marcus Gideon, Pernah Juara All England dan Thomas Cup

Kelfin GR Photo Verified Writer Kelfin GR

write, wrote, written

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya