Daftar Juara Bertahan Kejuaraan Dunia, Semua Pemain Unggulan

China jadi juara umum!

Ajang bulu tangkis bergengsi tahunan, Kejuaraan Dunia 2023, akan segera dihelat. Turnamen yang gelar juaranya menjadi incaran para pebulu tangkis dunia ini akan berlangsung di Copenhagen, Denmark, selama satu pekan penuh mulai, Senin (21/8/2023) hingga Minggu (27/8/2023) waktu setempat.

Tentunya ajang ini akan diikuti oleh pebulu tangkis terbaik dari berbagai negara. Meskipun tak memperebutkan hadiah uang, gengsi serta poin rangking turnamen ini sangat tinggi. 

Pada edisi sebelumnya, Denmark, Jepang, Malaysia, dan China berhasil merebut medali emas. China masih menjadi juara umum dengan raihan dua medali emas. Simak dulu daftar lengkap juara bertahan pada Kejuaraan Dunia berikut, yuk!

1. Sektor tunggal putra dikuasai Viktor Axelsen (Denmark)

Daftar Juara Bertahan Kejuaraan Dunia, Semua Pemain UnggulanViktor Axelsen (instagram.com/viktoraxelsen)

Penampilan super konsisten dari Viktor Axelsen sukses mengantarkannya menjadi Juara Dunia 2022. Ia yang saat itu diunggulkan di posisi pertama menjadi satu-satunya wakil Denmark yang menyabet medali emas. Axelsen memastikan gelar Juara Dunia keduanya usai mengalahkan wakil Thailand yang merupakan unggulan ke-16, Kunlavut Vitidsarn, pada babak final dengan skor 21-5 dan 21-16 dalam waktu 50 menit. 

Baca Juga: 9 Potret Tim Badminton Indonesia Berangkat ke Kejuaraan Dunia 2023

2. Wakil tuan rumah rebut satu gelar lewat Akane Yamaguchi (Jepang)

Daftar Juara Bertahan Kejuaraan Dunia, Semua Pemain UnggulanAkane Yamaguchi (bwfworldchampionships.bwfbadminton.com)

Jepang selaku tuan rumah Kejuaraan Dunia 2022 sukses memboyong satu medali emas dan perak. Medali emas yang diraih Jepang datang dari sektor tunggal putri lewat Akane Yamaguchi yang saat itu memang diunggulkan di posisi pertama. Yamaguchi menyabet titel Juara Dunia 2022 setelah menumpas unggulan keempat asal China, Chen Yu Fei, pada partai final dengan skor 21-12, 10-21, dan 21-14 dalam durasi 68 menit.

3. Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia) jadi yang terbaik di sektor ganda putra

Daftar Juara Bertahan Kejuaraan Dunia, Semua Pemain Unggulanselebrasi Aaron Chia/Soh Wooi Yik saat menjadi Juara Dunia 2022 (bwfworldchampionships.bwfbadminton.com)

Di sektor ganda putra, titel juara bertahan Kejuaraan Dunia disandang oleh wakil Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik. Ganda putra terbaik Negeri Jiran tersebut sukses mencetak sejarah sebagai pebulu tangkis Malaysia pertama yang berhasil menjadi Juara Dunia. Sejarah tersebut dicatatkan mereka usai mengalahkan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan asal Indonesia pada partai final dengan skor 21-19 dan 21-14 dalam waktu 40 menit.

4. Gelar juara bertahan sektor ganda putri disandang oleh Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (China)

Daftar Juara Bertahan Kejuaraan Dunia, Semua Pemain UnggulanChen Qing Chen/Jia Yi Fan (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Ganda putri China, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan, berhasil menjadi juara di Kejuaraan Dunia 2022. Chen/Jia menyuguhkan penampilan yang solid sejak babak pertama yang membuat mereka tak kehilangan satu set sekalipun kala itu. Pada partai final, titel Juara Dunia dipastikan menjadi milik mereka usai menaklukkan wakil Korea Selatan, Kim So Yeong/Kong Hee Yong. Mereka menang atas unggulan keempat tersebut dengan skor 22-20 dan 21-14 dalam waktu 62 menit.

5. Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (China) pemegang titel juara bertahan sektor ganda campuran

Daftar Juara Bertahan Kejuaraan Dunia, Semua Pemain UnggulanZheng Si Wei dan Huang Ya Qiong (bwfworldtourfinals.bwfbadminton.com)

Juara bertahan Kejuaraan Dunia sektor ganda campuran adalah wakil China, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong. Mereka yang saat itu menjadi unggulan pertama sukses merengkuh gelar juara usai menyingkirkan wakil tuan rumah, Yuta Watanabe/Arisa Higashino, pada babak final dengan skor 21-13 dan 21-16 dalam durasi 41 menit. Kemenangan ini memastikan China keluar sebagai juara umum Kejuaraan Dunia 2022.

Pada edisi sebelumnya, 4 dari 5 pemain yang menyabet gelar juara merupakan unggulan pertama. Akankah hal yang sama terjadi di Kejuaraan Dunia 2023?

Baca Juga: Gregoria Ogah Terbebani Walau Jadi Unggulan di Kejuaraan Dunia 2023

Kelfin GR Photo Verified Writer Kelfin GR

Write, Wrote, Written

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya