Daftar Lengkap Juara Bertahan Swiss Open, Didominasi Negara Eropa

Denmark jadi juara umum Siwss Open 2021

Setelah German Open dan All England, turnamen bulu tangkis di Eropa berlanjut ke Swiss Open 2022. Turnamen super 300 ini berlangsung pada 22—27 Maret 2022.

Pada edisi Swiss Open 2021, Denmark keluar sebagai juara umum. Mereka memboyong dua gelar dari sektor tunggal dan ganda putra. Tiga gelar lainnya diraih oleh Spanyol, Prancis, dan Malaysia.

1. Viktor Axelsen (Denmark)

Daftar Lengkap Juara Bertahan Swiss Open, Didominasi Negara EropaViktor Axelsen (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Di sektor tunggal putra, Viktor Axelsen berhasil keluar sebagai juara di Swiss Open 2021. Axelsen, yang diunggulkan di posisi pertama, mulus ke partai final tanpa kehilangan satu set pun. Di partai final, ia menang dari tunggal putra Thailand, Kunlavut Vitidsarn, dengan skor 21-16 dan 21-6.

Di Swiss Open 2022, Viktor Axelsen kembali menyandang predikat sebagai unggulan pertama. Tunggal putra peringkat satu dunia ini berhadapan dengan tunggal putra Indonesia, Chico Aura Dwi Wardoyo, pada babak 32 besar.

2. Carolina Marin (Spanyol)

Daftar Lengkap Juara Bertahan Swiss Open, Didominasi Negara EropaCarolina Marin (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Tunggal putri andalan Spanyol, Carolina Marin, merupakan juara bertahan Swiss Open. Sama halnya seperti Viktor Axelsen, Marin saat itu juga berlabel unggulan pertama. Ia mengalahkan wakil India, Pusarla Venkata Sindhu, pada babak final dengan skor 21-12 dan 21-5.

Sayangnya, tahun ini Carolina Marin tidak berpartisipasi di Swiss Open lantaran cedera. Ia belum mengikuti turnamen lagi sejak Kejuaraan Eropa tahun lalu.

Baca Juga: Daftar Lengkap Juara Bertahan German Open, Didominasi Pemain Jepang!

3. Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen (Denmark)

Daftar Lengkap Juara Bertahan Swiss Open, Didominasi Negara EropaKim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Denmark berhasil meraih gelar juara di sektor ganda putra lewat Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen. Kim/Anders sukses menyabet gelar juara meskipun diunggulkan di posisi keenam. Ganda putra nomor satu Denmark ini mengalahkan wakil Jerman, Mark Lamfuss/Marvin Seidel, lewat pertandingan dua set dengan skor 21-16 dan 21-11.

Kim/Anders kembali mengikuti Swiss Open tahun ini. Berstatus sebagai unggulan kelima, mereka berjumpa dengan wakil Aljazair, Koceila Mammeri/Youcef Sabri Medel, pada babak pertama.

4. Pearly Tan/Thinaah Muralitharan (Malaysia)

Daftar Lengkap Juara Bertahan Swiss Open, Didominasi Negara EropaPearly Tan/Thinaah Muralitharan (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Malaysia menjadi satu-satunya negara Asia yang berhasil merengkuh gelar juara di Swiss Open 2021. Malaysia meraih gelar juara dari sektor ganda putri lewat Pearly Tan/Thinaah Muralitharan. Secara mengejutkan, ganda putri andalan Malaysia ini mampu menggondol gelar juara meskipun bukan pemain unggulan. 

Pearly/Thinaah menang dengan skor 21-19 dan 21-12 dari wakil Bulgaria, Gabriela Stoeva/Stefani Stoeva, di partai final. Tahun ini, Pearly/Thinaah tak mengikuti Swiss Open 2022. Bisa dipastikan akan ada juara baru di sektor ganda putri.

5. Thom Gicquel/Delphine Delrue (Prancis)

Daftar Lengkap Juara Bertahan Swiss Open, Didominasi Negara EropaThom Gicquel/Delphine Delrue (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Prancis juga berhasil menyabet satu gelar juara lewat ganda campuran mereka, Thom Gicquel/Delphine Delrue. Thom/Delphine pastikan meraih gelar juara usai mengalahkan wakil Denmark, Mathias Christiansen/Alexandra Boje, di partai final dengan skor 21-19 dan 21-19.

Thom/Delphine kembali mengikuti Swiss Open tahun ini. Mereka diunggulkan di posisi kelima. Keduanya harus melawan pemenang di laga kualifikasi.

Hanya dua juara bertahan yang tidak berpartisipasi di Swiss Open 2022. Mampukah ketiga juara bertahan yang tersisa mempertahankan gelar juaranya?

Baca Juga: Didominasi Jepang, Ini Daftar Lengkap Juara Bertahan All England

Kelfin GR Photo Verified Writer Kelfin GR

Write, Wrote, Written

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya