3 Ganda Putri Nonunggulan Tembus Perempat Final Japan Open 2023

Ada ganda putri Indonesia yang menembus quarter final!

Turnamen bulu tangkis terbesar di Jepang, Japan Open 2023, akan menggelar babak perempat final, Jumat (28/7/2023), di Yoyogi 1st Gymnasium, Tokyo, Jepang. Memasuki babak delapan besar, persaingan turnamen BWF World Tour super 750 ini semakin menarik.

Persaingan di sektor ganda putri menjadi salah satu yang menarik perhatian. Dari 8 pasangan yang menembus perempat final, 3 di antaranya adalah pemain nonunggulan. Mereka berhasil melenggang hingga perempat final dengan menyingkirkan unggulan pada babak awal hingga memanfaatkan undian yang menguntungkan. Berikut tiga ganda putri nonunggulan yang tembus perempat final Japan Open 2023.

1. Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai (Thailand)

3 Ganda Putri Nonunggulan Tembus Perempat Final Japan Open 2023Jongkolphan Kititharakul dan Rawinda Prajongjai (bwfworldtourfinals.bwfbadminton.com)

Ganda putri Thailand, Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai, menjadi ganda putri nonunggulan pertama yang memastikan diri ke perempat final Japan Open 2023. Ganda putri nomor sembilan dunia ini lolos usai mengatasi wakil tuan rumah pada babak 16 besar. Mereka menang straight game atas Rui Hirokami/Yuna Kato dengan skor 21-13 dan 21-19 dalam waktu 43 menit.

Pada babak perempat final, Kititharakul/Prajongjai akan bersua dengan wakil Jepang lainnya, yaitu Yuki Fukushima/Sayaka Hirota, yang menjadi unggulan kedelapan di turnamen ini. Secara rekor pertemuan, Kititharakul/Prajongjai kalah dengan 3-8. Pada pertemuan terakhir, mereka juga kandas dua set langsung dengan skor 18-21 dan 15-21 di Kejuaraan Asia 2023.

2. Nami Matsuyama/Chiharu Shida (Jepang)

3 Ganda Putri Nonunggulan Tembus Perempat Final Japan Open 2023Nami Matsuyama dan Chiharu Shida (bwfworldtourfinals.bwfbadminton.com)

Nami Matsuyama/Chiharu Shida menjadi ganda putri nonunggulan berikutnya yang menapakkan kakinya ke perempat final. Mantan peringkat dua dunia ini melenggang ke perempat final selepas mengalahkan ganda putri semata wayang India, Treesa Jolly/Gayatri Gopichand Pullela, pada babak 16 besar. Kemenangan mereka dapatkan dua set langsung dalam waktu 53 menit dengan skor tipis 23-21 dan 21-19.

Matsuyama/Shida akan menghadapi laga berat pada babak 16 besar. Mereka dijadwalkan berjumpa dengan ganda putri China yang jadi unggulan pertama, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan. Laga pada perempat final ini akan menjadi pertemuan ke-11 mereka di turnamen resmi. Saat ini, secara rekor pertemuan Matsuyama/Shida tertinggal dengan 4-6. Dua pasangan ini terakhir bertemu di Malaysia Masters 2022. Saat itu Matsuyama/Shida kalah telak dengan skor 11-21 dan 12-21.

3. Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi (Indonesia)

3 Ganda Putri Nonunggulan Tembus Perempat Final Japan Open 2023Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi (pbsi.id)

Indonesia juga punya ganda putri nonunggulan yang mejeng di perempat final Japan Open 2023. Mereka adalah Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi. Pasangan muda ini lolos ke perempat final setelah menundukkan wakil Taiwan, Lee Chia Hsin/Teng Chun Hsun, dengan skor 21-18 dan 21-18 pada babak 16 besar.

Pada babak berikutnya, Febriana/Amalia akan bersua wakil Korea Selatan, Kim So Yeong/Kong Hee Yong, yang diunggulkan di posisi empat. Rekor pertemuan mereka dengan ganda putri Korea Selatan tersebut sama kuat 1-1. Namun, laga pada pertemuan terakhir dimenangkan oleh Febriana/Amalia dengan skor 21-16 dan 21-16 di Kejuaraan Asia 2023.

Tiga ganda putri di atas sama-sama punya peluang yang sama untuk ke semifinal. Pasangan Kititharakul/Prajongjai dan Matsuyama/Shida punya bekal mengalahkan unggulan pada babak pertama meski tertinggal secara rekor pertemuan dengan lawannya di perempat final. Sementara itu, Febriana/Amalia berbekalkan kemenangan pada pertemuan terakhir dengan lawannya.

Baca Juga: Dramatis, Hendra/Ahsan Tembus Perempat Final Japan Open 2023

Kelfin GR Photo Verified Writer Kelfin GR

Write, Wrote, Written

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya