Daftar Juara Bertahan China Masters, Unggulan Semua!

Ada The Minions di sektor ganda putra!

Menjelang akhir November 2023, digelar turnamen BWF World Tour bertajuk China Masters 2023. Turnamen super 750 dengan total hadiah lebih dari Rp15 miliar ini akan dihelat pada 21—26 November 2023 di Shenzhen Bay Gymnasium, Guangdong, China.

China Masters sendiri dulunya bernama Fuzhou China Open. Nama turnamen ini mulai diubah pada edisi 2023 ini. China Masters tahun ini juga digelar untuk pertama kalinya setelah batal terselenggara pada 2020, 2021, dan 2022 karena pandemi COVID-19. Tahun 2019 menjadi edisi terakhir turnamen ini digelar. Berikut daftar lengkap para juara bertahannya.

1. Kento Momota (Jepang) juara bertahan sektor tunggal putra

Daftar Juara Bertahan China Masters, Unggulan Semua!Kento Momota (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Tunggal putra Jepang, Kento Momota, berakhir sebagai juara Fuzhou China Open 2019. Momota yang saat itu menjadi unggulan pertama sukses menyabet gelar juara usai menaklukkan wakil Taiwan pada babak final. Ia menang atas Chou Tien Chen yang diunggulkan di posisi kedua dengan skor 21-15, 17-21, dan 21-18 dalam durasi 83 menit. Kemenangan ini menjadi kemenangan kedua Momota di Fuzhou China Open. Pada edisi 2018, ia juga berhasil keluar sebagai juara.

2. Chen Yu Fei (China) sabet gelar sektor tunggal putri

Daftar Juara Bertahan China Masters, Unggulan Semua!Chen Yu Fei (kanan) saar menjuarai Fuzhou China Open 2019 (bwfworldtourfinals.bwfbadminton.com)

Wakil tuan rumah berhasil menyabet gelar juara di sektor tunggal putri lewat Chen Yu Fei. Unggulan ketiga itu merengkuh gelar juara usai memenangkan laga final kontra Nozomi Okuhara asal Jepang. Menghadapi unggulan keempat tersebut, Chen berhasil meraih kemenangan tiga set dengan skor 9-21, 21-12, dan 21-18 dalam waktu 82 menit. Sama seperti Momota, ini merupakan gelar Fuzhou China Open kedua Chen setelah edisi 2018.

Baca Juga: Jonatan Christie Mundur, Indonesia Terjunkan 14 Wakil di China Masters

3. Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (Indonesia) merajai sektor ganda putra

Daftar Juara Bertahan China Masters, Unggulan Semua!Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo saat menjuarai Fuzhou China Open 2019 (bwfworldtourfinals.bwfbadminton.com)

Indonesia membawa pulang satu gelar juara dari Fuzhou China Open 2019 lewat Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dari sektor ganda putra. Kala itu, Marcus/Kevin yang diunggulkan di posisi pertama sukses menaiki podium tertinggi selepas menaklukkan wakil Jepang unggulan keempat pada partai puncak. Mereka menang dengan skor 21-17 dan 21-9 dalam durasi 33 menit atas Takeshi Kamura/Keigo Sonoda. Gelar ini juga menjadi gelar kedua Marcus/Kevin di Fuzhou China Open setelah edisi 2018.

4. Gelar sektor ganda putri diraih Yuki Fukushima/Sayaka Hirota (Jepang)

Daftar Juara Bertahan China Masters, Unggulan Semua!Yuki Fukushima/Sayaka Hirota (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Wakil Jepang kembali menaiki podium tertinggi Fuzhou China Open 2019 lewat Yuki Fukushima/Sayaka Hirota dari sektor ganda putri. Unggulan kedua tersebut memenangkan gelar juara dengan menumbangkan wakil Korea Selatan unggulan kelima, Lee So Hee/Shin Seung Chan, pada babak final. Fukushima/Hirota menang dua set langsung dalam waktu 49 menit dengan skor 21-17 dan 21-15. Kemenangan ini membuat mereka menjadi ganda putri Jepang pertama yang menjuarai Fuzhou China Open. Selain itu, kemenangan ini juga menggagalkan Lee/Shin mempertahankan gelar juaranya.

5. Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping (China) jadi yang terbaik di sektor ganda campuran

Daftar Juara Bertahan China Masters, Unggulan Semua!Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping (bwfworldtourfinals.bwfbadminton.com)

Wakil tuan rumah juga berhasil menjadi juara di sektor ganda campuran lewat Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping. Duet yang diunggulkan di posisi kedua itu memenangkan titel Fuzhou China Open 2019 setelah memenangkan pertempuran kontra wakil China lainnya pada babak final. Wang/Huang menang dua set langsung dalam waktu 32 menit dengan skor 21-14 dan 21-13 atas unggulan pertama, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong. Kemenangan Wang/Huang ini mematahkan kesempatan Zheng/Huang untuk mempertahankan gelar juaranya.

Sangat disayangkan beberapa juara bertahan di atas tidak hadir di China Masters 2023. Juara bertahan tersebut adalah Kento Momota, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, dan Wang Yi Lyu. Momota tak tampil karena peringkatnya merosot yang membuatnya tidak eligible untuk mengikuti turnamen ini. Sementara itu, Marcus/Kevin tak tampil karena sudah tak dipasangkan lagi. Adapun Wang Yi Lyu absen karena sudah mengumumkan pensiun.

Baca Juga: Ana/Tiwi Gagal Mentas di China Masters, Apriyani/Fadia ke 16 Besar

Kelfin GR Photo Verified Writer Kelfin GR

Write, Wrote, Written

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya