Daftar Juara Bertahan French Open, Termasuk Jonatan Christie

Jonatan Christie jadi satu-satunya juara bertahan asal Indonesia

Setelah dibuka dengan German Open 2024, rangkaian tur Eropa berlanjut ke ajang French Open 2024. Turnamen BWF World Tour Super 750 ini akan dimulai pada 5 hingga 10 Maret 2024 di Adidas Arena, Paris, Prancis, dengan memperebutkan total hadiah sebesar 850 ribu dolar Amerika Serikat atau sepadan dengan Rp13,2 miliar.

Pada edisi sebelumnya, French Open berhasil dikuasai wakil China. Ada tiga wakil mereka yang berhasil merengkuh gelar juara. Sementara itu, dua gela juara lainnya disabet wakil Indonesia dan Denmark. 

1. Joanatan Christie (Indonesia) juara bertahan sektor tunggal putra

Daftar Juara Bertahan French Open, Termasuk Jonatan ChristieJonatan Christie di podium French Open 2023(pbsi.id)

Juara bertahan French Open sektor tunggal putra dipegang Jonatan Christie asal Indonesia. Ia yang kala itu diunggulkan di posisi kelima sukses memenangkan gelar juara setelah menundukkan unggulan kedelapan asal China, Li Shi Feng, pada partai final. Kemenangan ia raih lewat rubber game yang berjalan selama 80 menit dengan skor 16-21, 21-15, dan 21-14.

Di French Open 2024, Jojo akan kembali tampil. Namun, upayanya untuk mempertahankan gelar juara tak akan mudah. Pasalnya, ia tak berstatus unggulan seperti edisi sebelumnya. Pada babak pertama, ia akan berjumpa Wang Tzu Wei dari Taiwan. Jika menang, ia berpeluang untuk langsung menantan unggulan pertama asal Denmark, Viktor Axelsen pada babak kedua.

Baca Juga: 4 Lawan Ganda Putra Indonesia pada Babak Pertama French Open 2024

2. Chen Yu Fei (China) pemegang gelar juara bertahan sektor tunggal putri

Daftar Juara Bertahan French Open, Termasuk Jonatan ChristieChen Yu Fei (bwfworldtourfinals.bwfbadminton.com)

Pemegang gelar juara bertahan French Open sektor tunggal putri adalah Chen Yu Fei dari China. Ia yang kala itu diunggulkan di posisi ketiga berhasil merebut gelar juara setelah memenangkan laga final kontra unggulan keempat asal Taiwan, Tai Tzu Ying. Ia menang dua set langsung dengan skor 21-17 dan 22-20 dalam waktu 52 menit. Tahun ini, Chen Yu Fei akan tampil di French Open 2024 sebagai unggulan kedua. Pada babak pertama, ia akan berjumpa tunggal putri Thailand, Ratchanok Intanon.

3. Gelar juara bertahan ganda putra disandang Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen (Denmark)

Daftar Juara Bertahan French Open, Termasuk Jonatan ChristieKim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Di sektor ganda putra, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen adalah penyandang gelar juara bertahan French Open. Meski saat itu hanya diunggulkan di posisi ketujuh, mereka tetap mampu merengkuh gelar juara. Pada laga final, mereka memaastikan gelar juara setelah mengalahkan ganda putra Indonesia, Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana. Mereka menang dalam duel tiga set yang berlangsung selama 62 menit dengan skor 21-14, 10-21, dan 21-18. Pada French Open 2024, Astrup/Rasmussen juga akan turun. Mereka akan menjadi unggulan keempat dan menghadapi rekan senegara, Daniel Lundgaard/Mads Vestergaard, pada babak pertama.

4. Liu Sheng Shu/Tan Ning (China) juara bertahan sektor ganda putri

Daftar Juara Bertahan French Open, Termasuk Jonatan ChristieLiu Sheng Shu/Tan Ning (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Sektor ganda putri dikuasai oleh wakil China, Liu Sheng Shu/Tan Ning. Kala itu, mereka secara mengejutkan berhasil menggondol gelar juara dengan status nonunggulan. Pada partai final, mereka menaklukkan ganda putri Thailand, Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai, dengan skor tipis 26-24 dan 21-19 dalam durasi 58 menit. Sama seperti tiga juara bertahan sebelumnya, Liu/Tan juga akan turun di French Open 2024. Mereka akan mengawali langkahnya sebagai unggulan keempat dengan menghadapi ganda putri Belanda, Debora Jille/Cheryl Seinen, pada babak pertama.

5. Gelar juara bertahan sektor ganda campuran dipegang Jiang Zhen Bang/Wei Ya Xin (China)

Daftar Juara Bertahan French Open, Termasuk Jonatan ChristieJiang Zhen Bang/Wei Ya Xin (bwfworldtourfinals.bwfbadminton.com)

Dari sektor ganda campuran, pemegang gelar juara bertahan adalah Jiang Zhen Bang/Wei Ya Xin asal China. Mereka yang saat itu menjadi unggulan kedelapan sukses menaiki podium tertinggi setelah memenangi laga final kontra Tang Chun Man/Tse Ying Suet dari Hong Kong dengan skor 21-17, 15-21, dan 21-12 dalam waktu 56 menit. Tahun ini, mereka akan kembali mengikuti French Open 2024 dengan menyandang predikat unggulan kelima. Pada babak pertama, ia akan bersua ganda campuran Thailand, Ruttanapak Oupthong/Jhenicha Sudjaipraparat.

Seluruh juara bertahan kembali unjuk gigi di French Open 2024. Sebagian besar dari mereka datang dengan status unggulan dan mendapatkan lawan yang tak terlalu berat pada babak pertama. Akankah mereka berhasil mempertahankan gelar juara?

Baca Juga: 3 Lawan Wakil Unggulan Indonesia di Babak Pertama French Open 2024

Kelfin GR Photo Verified Writer Kelfin GR

write, wrote, written

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya