Daftar Juara Bertahan Japan Open, Didominasi Pemain Nonunggulan!

Tiga juara Japan Open 2022 merupakan pemain nonunggulan

Setelah Korea Open 2023, turnamen BWF World Tour masih berkutat di kawasan Asia Timur. Pekan ini, mulai tanggal 25 hingga 30 Juli 2023 akan dihelat turnamen World Tour Super 750, yakni Japan Open 2023. Edisi ke-40 Japan Open ini akan berlangsung di Tokyo, Jepang, dengan total hadiah sebesar 850 ribu dolar Amerika Serikat atau setara dengan Rp12,7 miliar.

Pada edisi sebelumnya, Japan Open berakhir dengan suksesnya tuan rumah menjadi juara umum. Mereka merebut dua gelar juara dan mengungguli Korea Selatan, China, dan Thailand yang masing-masing menyabet satu gelar juara. Berikut daftar juara bertahan Japan Open.

1. Titel juara bertahan tunggal putra disandang Kenta Nishimoto (Jepang)

Daftar Juara Bertahan Japan Open, Didominasi Pemain Nonunggulan!Kenta Nishimoto (bwfthomasubercups.bwfbadminton.com)

Juara bertahan sektor tunggal putra Japan Open adalah wakil tuan rumah, Kenta Nishimoto. Kemenangannya kala itu cukup mengejutkan karena ia merupakan pemain nonunggulan. Kenta memastikan gelar juara usai mengalahkan unggulan keempat dari Taiwan, Chou Tien Chen, pada babak final dengan skor 21-19, 21-23, dan 21-17 dalam durasi 92 menit. Gelar Japan Open 2022 ini menjadi gelar terbaik Kenta di turnamen World Tour.

2. Akane Yamaguchi (Jepang) pemegang titel juara bertahan sektor tunggal putri

Daftar Juara Bertahan Japan Open, Didominasi Pemain Nonunggulan!Akane Yamaguchi (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Andalan tuan rumah, Akane Yamaguchi, merupakan pemegang titel juara bertahan sektor tunggal putri Japan Open. Saat itu Akane memang difavoritkan untuk meraih gelar juara karena diunggulkan di posisi pertama. Ia merengkuh gelar juara dengan menumpas wakil Korea Selatan, An Se Young, dengan skor telak 21-9 dan 21-15 dalam waktu 38 menit pada partai final.

Baca Juga: Skuad Lengkap Indonesia untuk Japan Open 2023

3. Di sektor ganda putra, titel juara bertahan disandang Liang Wei Keng/Wang Chang (China)

Daftar Juara Bertahan Japan Open, Didominasi Pemain Nonunggulan!Liang Wei Keng/Wang Chang (worldtour.bwftest.com)

Pemegang titel juara bertahan sektor ganda putra Japan Open adalah Liang Wei Keng/Wang Chang asal China. Pasangan yang saat itu tak diunggulkan sukses menyabet gelar juara selepas mengalahkan wakil Denmark, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen. Mereka menang dari unggulan ketujuh tersebut dengan skor 21-18, 13-21, dan 21-17 dengan durasi 61 menit.

4. Titel juara bertahan sektor ganda putri dipegang Jeong Na Eun/Kim Hye Jeong (Korea Selatan)

Daftar Juara Bertahan Japan Open, Didominasi Pemain Nonunggulan!Jeong Na Eun (kanan) dan Kim Hye Jeong (bwfworldtourfinals.bwfbadminton.com)

Pemain nonunggulan Jeong Na Eun/Kim Hye Jeong adalah pemegang titel juara bertahan Japan Open sektor ganda putri. Andalan Negeri Ginseng ini dipastikan menjadi juara Japan Open 2022 setelah memenangkan duel perang saudara kontra Baek Ha Na/Lee Yu Lim pada babak final. Mereka menang dalam pertempuran alot yang berlangsung selama 94 menit dengan skor 23-21 dan 28-26.

5. Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai jadi satu-satunya juara bertahan asal Thailand

Daftar Juara Bertahan Japan Open, Didominasi Pemain Nonunggulan!Dechapol Puavaranukroh dan Sapsiree Taerattanachai (bwfworldchampionships.bwfbadminton.com)

Terakhir, dari sektor ganda campuran, titel juara bertahan disandang wakil Thailand, Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai. Pasangan yang saat itu diunggulkan di posisi kedua berhasil merengkuh gelar juara dengan menyingkirkan wakil tuan rumah, Yuta Watanabe/Arisa Higashino, pada babak final. Mereka menang lewat epic comeback dengan skor 16-21, 23-21, 21-18 dalam durasi 72 menit.

Japan Open 2022 berakhir dengan kejutan dari tiga pemain nonunggulan yang berhasil keluar sebagai juara. Bagaimana dengan Japan Open 2023? Akankah hadir kejutan lainnya?

Baca Juga: Jadwal Tanding 6 Wakil Indonesia di Japan Open 2023 Hari Ini

Kelfin GR Photo Verified Writer Kelfin GR

Write, Wrote, Written

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya