5 Negara dengan Wakil Terbanyak pada Semifinal Thailand Masters 2024

Indonesia salah satunya

Thailand Masters 2024 akan menginjak babak semifinal. Turnamen BWF yang termasuk dalam super 300 ini segera melaksanakan babak semifinal pada Sabtu (3/2/2024) mulai pukul 12.00 WIB di Nimibutr Stadium, Bangkok, Thailand.

Pada babak ini, sebanyak sepuluh negara berhasil meloloskan wakilnya. Namun, beberapa negara begitu mendominasi dengan meloloskan lebih dari satu wakil. Bahkan, tuan rumah berjaya dengan meloloskan enam wakil.

Berikut daftar negara dengan wakil terbanyak pada semifinal Thailand Masters 2024.

1. Tuan rumah jadi yang teratas dengan 6 wakil dari 4 sektor berbeda

5 Negara dengan Wakil Terbanyak pada Semifinal Thailand Masters 2024Supanida Katethong (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Thailand selaku tuan rumah menjadi negara dengan wakil terbanyak pada semifinal Thailand Masters 2024. Sebanyak enam wakil Negeri Gajah Putih sukses menginjakkan kakinya ke semifinal. Adapun enam wakil tersebut berasal dari sektor tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran. Tunggal putra menjadi satu-satunya sektor yang gagal mengirimkan wakilnya ke semifinal.

Berikut daftar wakil Thailand pada semifinal:

Tunggal putri

  • Busanan Ongbamrungphan;
  • Supanida Katethong.

Ganda putra

  • Peeratchai Sukphun/Pakkapon Teeraratsakul;
  • Supak Jomkoh/Kittinupong Kedren.

Ganda putri

  • Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard.

Ganda campuran

  • Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai. 

Kebanyakan wakil Thailand yang melaju ke semifinal merupakan pemain unggulan. Hanya Sukphun/Teeraratsakul dan Jomkoh/Kedren yang berstatus sebagai pemain nonunggulan. Mereka ternyata mampu melaju ke babak berikutnya.

2. Indonesia sukses meloloskan 3 wakil dari 3 sektor berbeda

5 Negara dengan Wakil Terbanyak pada Semifinal Thailand Masters 2024Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi (pbsi.id)

Indonesia berada di urutan kedua sebagai negara dengan wakil terbanyak pada semifinal Thailand Masters 2024. Ada total tiga wakil Indonesia yang berhasil mengamankan tiket semifinal. Tiga wakil tersebut berasal dari sektor ganda putra yang diwakili Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana, ganda putri lewat Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi, dan sektor ganda campuran lewat Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati. Bagas/Fikri dan Febriana/Amalia lolos dengan status pemain unggulan. Sementara itu, Rehan/Lisa menjadi satu-satunya pemain nonunggulan Indonesia yang tersisa.

Baca Juga: 8 Potret Dinda Kanya Nonton Thailand Masters, Dukung Wakil Indonesia

3. China menyisakan 2 wakil dari 2 sektor berbeda

5 Negara dengan Wakil Terbanyak pada Semifinal Thailand Masters 2024He Ji Ting/Ren Xiang Yu (bwfworldtourfinals.bwfbadminton.com)

China yang biasanya perkasa kini hanya menyisakan dua wakil pada semifinal Thailand Masters 2024. Dua wakil China yang lolos ke semifinal ini berasal dari sektor ganda putra lewat He Ji Ting/Ren Xiang Yu dan ganda putri melalui Li Yi Jing/Luo Xu Min. He/Ren merupakan unggulan kelima sedangkan Li/Luo merupakan pemain nonunggulan.

4. Jepang juga punya 2 wakil dari 2 sektor berbeda

5 Negara dengan Wakil Terbanyak pada Semifinal Thailand Masters 2024Aya Ohori (bwfbadminton.com)

Sama seperti China, Jepang juga mempunyai dua wakil pada semifinal Thailand Masters 2024. Bedanya, Jepang meloloskan wakilnya dari sektor tunggal putri lewat Aya Ohori dan ganda campuran lewat Hiroki Midorikawa/Natsu Saito. Menariknya, dua wakil Negeri Sakura yang tersisa ini sama-sama berstatus sebagai unggulan ketiga.

5. Taiwan meloloskan dua wakil dari sektor tunggal putra

5 Negara dengan Wakil Terbanyak pada Semifinal Thailand Masters 2024Su Li Yang (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Negara berikutnya dengan wakil terbanyak pada semifinal Thailand Masters 2024 adalah Taiwan. Sama halnya dengan China dan Jepang, Taiwan juga meloloskan dua wakilnya ke semifinal. Dua wakil Taiwan yang tersisa ini sama-sama berasal dari sektor tunggal putra, yakni Chou Tien Chen dan Su Li Yang.

Chou sendiri merupakan unggulan kelima. Sedangkan, Su termasuk pemain nonunggulan. Dua tunggal putra tersebut berada di bagan berbeda sehingga berpeluang menciptakan all-Chinese Taipei final di sektor tunggal putra.

Selain 5 negara di atas, terdapat juga 5 negara lainnya yang meloloskan wakilnya ke semifinal Thailand Masters 2024. Menariknya 5 negara tersebut sama-sama memiliki 1 wakil. Negara-negara tersebut adalah Belanda, India, Korea Selatan, Malaysia, dan Singapura.

Baca Juga: Beda Nasib 3 Ganda Putra Indonesia di Thailand Masters 2024

Kelfin GR Photo Verified Writer Kelfin GR

write, wrote, written

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya