8 Negara Peraih Meraih Medali di Sudirman Cup

Didominasi negara dari kawasan Asia

Sudirman Cup merupakan kejuaraan bulu tangkis beregu campuran paling bergengsi. Turnamen ini sudah diselenggarakan sejak 1989 dan rutin digelar tiap dua tahun sekali hingga saat ini.

Sejak pertama kali digelar pada 1989, baru delapan negara yang berhasil meraih medali di kejuaraan ini. Berikut daftar delapan negara yang pernah meraih medali di Sudirman Cup.

1. China (17 medali)

8 Negara Peraih Meraih Medali di Sudirman CupTim beregu China saat menjuarai Sudirman Cup 2021 (bwfsudirmancup.bwfbadminton.com)

China menjadi negara dengan jumlah medali terbanyak di Sudirman Cup. Bahkan, China juga menjadi negara yang paling sering menjuarai turnamen beregu campuran ini. Sepanjang keikutsertaannya, China sudah meraih 12 medali emas, 2 medali perak, dan 3 medali perunggu. Ini berarti China tak pernah gagal meraih medali selama mengikuti Sudirman Cup.

Baca Juga: Berangkat ke China, Indonesia Siap Rebut Piala Sudirman 2023

2. Korea Selatan (16 medali)

8 Negara Peraih Meraih Medali di Sudirman CupKorea Selatan saat menjuarai Sudirman Cup 2017 (bwfsudirmancup.bwfbadminton.com)

Negara berikutnya yang pernah meraih medali di Sudirman Cup adalah Korea Selatan. Negeri Ginseng ini sudah mengumpulkan total 16 medali dengan rincian 4 medali emas, 4 medali perak, dan 8 medali perunggu. Korea Selatan juga menduduki urutan kedua sebagai negara dengan gelar Sudirman Cup paling banyak di bawah China. Korea Selatan hanya satu kali gagal meraih medali di Sudirman Cup, yakni pada edisi 2019. Kala itu, langkah mereka dihentikan Thailand di perempat final.

3. Indonesia (14 medali)

8 Negara Peraih Meraih Medali di Sudirman CupNi Ketut Mahadewi Istarani dan tim Sudirman Cup Indonesia (instagram.com/ketutmahadewi)

Indonesia juga pernah meraih medali di ajang Sudirman Cup. Total terdapat 14 medali yang berhasil diraih Indonesia sepanjang keikutsertaannya. Adapun, rincian dari jumlah medali tersebut adalah 1 medali emas, 6 medali perak, dan 7 medali perunggu. Indonesia gagal meraih medali Sudirman Cup sebanyak tiga kali, yakni pada edisi 2013, 2017, dan 2021.

4. Denmark (11 medali)

8 Negara Peraih Meraih Medali di Sudirman CupTim beregu campuran Denmark saat menjadi juara di Kejuaraan Beregu Campuran Eropa 2023. (bwfsudirmancup.bwfbadminton.com)

Dari benua Eropa, ada Denmark yang sudah mengoleksi 11 medali Sudirman Cup. Jumlah tersebut menjadikan Denmark sebagai negara Eropa tersukses di turnamen ini. Namun, Denmark belum pernah meraih medali emas. Mereka hanya meraih 2 medali perak dan 9 medali perunggu. 

Baca Juga: Line Up Indonesia Vs Kanada di Piala Sudirman 2023

5. Jepang (4 medali)

8 Negara Peraih Meraih Medali di Sudirman CupAkane Yamaguchi (bwfworldchampionships.bwfbadminton.com)

Jepang menjadi negara berikutnya yang pernah meraih medali di Sudirman Cup. Total ada 4 medali yang berhasil diraih Jepang sepanjang keikutsertaannya. Sama seperti Denmark, Jepang juga belum pernah meraih gelar Sudirman Cup. Mereka hanya meraih medali perak 3 kali dan perunggu 1 kali.

6. Thailand (3 medali)

8 Negara Peraih Meraih Medali di Sudirman CupBusanan Ongbamrungphan (bwfworldtourfinals.bwfbadminton.com)

Negara selanjutnya yang sudah merasakan medali Sudirman Cup adalah Thailand. Negeri Gajah Putih ini sudah tiga kali meraih medali sejak debut di tahun 1989. Tiga medali yang diraih Thailand ini seluruhnya merupakan medali perunggu. 

7. Malaysia (2 medali)

8 Negara Peraih Meraih Medali di Sudirman Cupselebrasi pemain Malaysia di Piala Sudirman 2021 (bwfbadminton.com)

Masih dari kawasan Asia Tenggara, negara berikutnya yang pernah meraih medali Sudirman Cup adalah Malaysia. Negeri Jiran mengoleksi dua medali perunggu Sudirman Cup yang diraih pada edisi 2009 dan 2021. Tahun ini, Malaysia menjadi salah satu negara yang diunggulkan untuk meraih medali. Bukan tidak mungkin jika koleksi medali mereka bertambah tahun ini.

8. Inggris (1 medali)

8 Negara Peraih Meraih Medali di Sudirman CupMarcus Ellis/Lauren Smith (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Selain Denmark, negara dari benua Eropa lainnya yang pernah meraih medali Sudirman Cup adalah Inggris. Namun, perolehan medali Inggris tak sebanyak Denmark. Inggris baru satu kali meraih medali Sudirman Cup pada edisi 2007. Kala itu, Inggris meraih medali perunggu bersama Korea Selatan.

Delapan negara di atas memang kerap diunggulkan di setiap edisi Sudirman Cup. Tahun ini, delapan negara di atas juga kembali berpartisipasi di Sudirman Cup. Tak mengherankan jika salah satu dari mereka akan keluar lagi sebagai juara Sudirman Cup 2023.

Baca Juga: 10 Potret Kompak Tim Sudirman Cup Indonesia dalam Acara Fun Games

Kelfin GR Photo Verified Writer Kelfin GR

Write, Wrote, Written

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya