4 Pebulu Tangkis Indonesia yang Bakal Tampil di German Open 2024

Hanya kirimkan wakil tunggal putra dan ganda campuran

Deretan turnamen badminton beruntun di Eropa akan berlangsung pada akhir Februari hingga akhir Maret 2024. German Open 2024 menjadi pembuka dari rentetan turnamen padat ini. Berkategori World Tour Super 300, German Open 2024 akan dimulai pada 27 Februari dan berakhir pada 3 Maret 2024 di Mulheim, Jerman.

Indonesia hanya mengirimkan empat wakil ke turnamen dengan total hadiah Rp3,2 miliar ini. Empat wakil tersebut berasal dari sektor tunggal putra dan ganda campuran. Berikut daftar empat pebulu tangkis Indonesia yang bakal tampil di German Open 2024.

1. Alwi Farhan jadi ujung tombak sektor tunggal putra

4 Pebulu Tangkis Indonesia yang Bakal Tampil di German Open 2024Alwi Farhan (pbsi.id)

Sektor tunggal putra Indonesia hanya mengirimkan satu wakil di German Open 2024. Sektor ini akan diwakili Alwi Farhan yang merupakan pemain debutan. Alwi bakal memulai debutnya di German Open 2024 dari babak kualifikasi. Ia harus mengantongi dua kemenangan beruntun jika ingi menembus babak utama.

Pada babak pertama kualifikasi, Alwi akan menghadapi Fabio Caponio asal Italia. Laga ini bakal menjadi pertemuan pertama mereka. Bila menang, Alwi masih harus bertarung lagi menghadapi pemenang dari laga Dmitriy Panarin asal Kazakhstan dengan Liao Jhuo Fu asal Taiwan untuk memastikan tempat pada babak utama.

2. Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja jadi satu-satunya wakil nonpelatnas

4 Pebulu Tangkis Indonesia yang Bakal Tampil di German Open 2024Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Ganda campuran Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja jadi pebulu tangkis Indonesia berikutnya yang bakal tampil di German Open 2024. Mereka menjadi satu-satunya wakil nonpelatnas Indonesia di turnamen World Tour Super 300 ini. Ini menjadi penampilan kedua mereka di German Open setelah debut pada 2023 lalu. Kala itu, langkah mereka terhenti pada babak kedua.

Berbeda dengan Alwi yang harus memulai laga dari babak kualifikasi, Dejan/Gloria langsung tampil pada babak utama German Open 2024. Pada babak pertama, mereka berhadapan dengan unggulan kelima asal Belanda, Robin Tabeling/Selena Piek. Laga ini bakal menjadi pertemuan keempat mereka. Dalam tiga pertemuan sebelumnya, Dejan/Gloria selalu sukses memenangkan laga.

Baca Juga: Ricky Soebagja Fokus Regenerasi di Bulu Tangkis Indonesia

3. Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari diunggulukan di urutan kedelapan

4 Pebulu Tangkis Indonesia yang Bakal Tampil di German Open 2024Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (pbsi.id)

Selanjutnya, pebulu tangkis Indonesia yang bakal tampil di German Open 2024 adalah Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari. Ganda campuran mantan Juara Dunia Junior ini akan tampil dengan berlabelkan unggulan kedelapan. Ini merupakan keikutsertaan ketiga mereka di German Open setelah edisi 2019 dan 2022. Sejauh ini, prestasi terbaik mereka hanya mencapai perempat final pada 2022. 

Di German Open 2024, lawan Rinov/Pitha pada babak pertama belum bisa dipastikan. Hal ini disebabkan lawan mereka adalah pemain kualifikasi. Meski begitu, calon lawan mereka masih bisa diterka. Mereka akan menghadapi pemenang dari laga antara Andy Buijk/Kelly Van Buiten dari Belanda dengan Joshua Magee/Moya Ryan asal Irlandia.

4. Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati jadi unggulan ketujuh

4 Pebulu Tangkis Indonesia yang Bakal Tampil di German Open 2024Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati (pbsi.id)

Terakhir, pebulu tangkis Indonesia yang bakal tampil di German Open 2024 adalah Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati. Mereka menyandang status sebagai unggulan ketujuh di turnamen ini. Tak hanya itu, mereka juga bersatus sebagai pemain debutan.

Pada babak pertama, Rehan/Lisa akan dihadapkan dengan wakil Skotlandia, Adam Hall/Julie Macpherson. Ini akan menjadi pertemuan ketiga mereka di turnamen resmi. Pada dua pertemuan sebelumnya, Rehan/Lisa sukses menyapu bersih laga dengan kemenangan. 

Sangat disayangkan tak banyak pebulu tangkis Indonesia yang dikirimkan ke turnamen ini. Padahal, turnamen ini bisa saja menjadi tambahan pengalaman dan mendorong peringkat para pemain muda dan pelapis. Semoga empat pebulu tangkis Indonesia di atas berhasil meraih hasil yang memuaskan, ya!

Baca Juga: 11 Perubahan Peringkat Pebulu Tangkis Indonesia setelah BATC 2024

Kelfin GR Photo Verified Writer Kelfin GR

write, wrote, written

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya