3 Pebulu Tangkis Indonesia yang Jadi Unggulan di French Open 2024

Ada ganda putra

French Open 2024 adalah turnamen kedua dari rangkaian tur Eropa pada awal 2024 ini. Berlokasi di Adidas Arena, Paris, Prancis, turnamen dengan total hadiah Rp13,2 miliar ini akan berlangsung pada 5—10 Maret 2024.

Indonesia mengirimkan 13 wakil di turnamen ini yang terdiri dari 3 wakil tunggal putra, 1 wakil tunggal putri, 4 wakil ganda putra, 2 wakil ganda putri, dan 3 wakil ganda campuran. Dari jumlah tersebut, tiga di antaranya akan berlaga sebagai pemain unggulan. Siapa saja mereka?

Berikut daftar tiga pebulu tangkis Indonesia yang jadi unggulan di French Open 2024.

1. Anthony Sinisuka Ginting diunggulkan di posisi kelima

3 Pebulu Tangkis Indonesia yang Jadi Unggulan di French Open 2024Anthony Sinisuka Ginting (pbsi.id)

Di sektor tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting jadi satu-satunya yang berstatus unggulan di French Open 2024. Pebulu tangkis kelahiran Cimahi ini akan tampil dengan status unggulan kelima. Ini bukanlah kali pertama Ginting menjadi unggulan di French Open. Sebelumya, ia juga termasuk tunggal putra unggulan pada 2018, 2019, 2022, dan 2023.

Pada 2018 dan 2019, ia menjadi unggulan ke-8. Pada 2022, ia menjadi unggulan ke-6. Sedangkan, pada 2023, ia menjadi unggulan ke-2. Pencapaian terbaiknya adalah mencapai semifinal pada 2019.

Di French Open 2023, Ginting akan mengawali langkahnya pada babak pertama dengan menghadapi tunggal putra China, Weng Hong Yang. Ia punya rekor buruk menghadapi tunggal putra nomor tiga China tersebut. Dari empat pertemuan yang sudah dilalui, Ginting tak pernah meraih kemenangan sama sekali. Meski lebih diunggulkan, saat ini ia tertinggal 0-4 secara rekor pertemuan.

Baca Juga: Skuad Indonesia Siap Berlaga di French Open 2024

2. Gregoria Mariska Tunjung jadi unggulan ketujuh

3 Pebulu Tangkis Indonesia yang Jadi Unggulan di French Open 2024Gregoria Mariska Tunjung (bwfworldtourfinals.bwfbadminton.com)

Selanjutnya, pebulu tangkis Indonesia yang jadi unggulan di French Open 2024 adalah Gregoria Mariska Tunjung. Ia menempati unggulan ketujuh di sektor tunggal putri. Pemain yang akrab disapa Jorji ini jadi satu-satunya pemain putri Indonesia yang berlabel unggulan.

Bagi Jorji, ini merupakan kali keduanya menjadi pemain unggulan di French Open. Sebelumnya, ia juga diunggulkan di posisi ketujuh pada 2023. Sementara, raihan terbaiknya di turnamen ini adalah mencapai perempat final pada 2018.

Pada babak pertama French Open 2024, Jorji akan menghadapi tunggal putri Korea Selatan, Kim Ga Eun. Berbeda dengan Ginting, Jorji justru mempunyai catatan manis saat menghadapi pemain Negeri Ginseng tersebut. Ia belum pernah merasakan kekalahan dari tujuh pertemuan yang sudah ia lakoni dengan Kim Ga Eun.

3. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto juga menempati posisi unggulan ketujuh

3 Pebulu Tangkis Indonesia yang Jadi Unggulan di French Open 2024Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (pbsi.id)

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto adalah pebulu tangkis Indonesia berikutnya yang jadi unggulan di French Open 2024. Mereka akan berlaga sebagai unggulan ketujuh di sektor ganda putra. Ini merupakan kali kelima mereka menjadi unggulan di French Open.

Sebelum ini, mereka juga menjadi unggulan pada 2019, 2021, 2022, dan 2023. Pada 2019 mereka diunggulkan di posisi ke-6. Pada 2021, mereka menjadi unggulan ke-3. Pada 2022, mereka menjadi unggulan ke-5. Terakhir, pada 2023, mereka diunggulkan di posisi teratas. Sementara itu, mencapai semifinal pada 2019 merupakan prestasi terbaik mereka di turnamen ini.

Fajar/Rian akan membuka perjalanannya di French Open 2024 dengan menghadapi ganda putra Inggris, Ben Lane/Sean Vendy. Laga ini akan tercatat sebagai pertemuan keenam mereka dengan andalan Inggris tersebut. Secara rekor pertemuan, Fajar/Rian tertinggal 2-3 dari Ben Lane/Sean Vendy. Namun, laga pada pertemuan terakhir yang berlangsung pada 2023 lalu berhasil mereka menangkan dalam duel tiga set dengan skor tipis.

Berstatus sebagai unggulan, tiga pebulu tangkis Indonesia di atas diharapkan mampu tampil maksimal dan melaju sejauh mungkin di French Open 2024. Semoga mereka tak tampil mengecewakan, ya!

Baca Juga: Daftar Juara Bertahan French Open, Termasuk Jonatan Christie

Kelfin GR Photo Verified Writer Kelfin GR

write, wrote, written

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya