3 Pemain Kalahkan Unggulan pada Hari Pertama Japan Open 2023

Tuan rumah langsung unjuk gigi sejak babak pertama

Japan Open 2023 resmi dimulai pada, Selasa (25/7/2023), di Yoyogi 1st Gymnasium, Tokyo, Jepang. Sebagian pertandingan babak pertama dimainkan pada hari pertama penyelenggaraan turnamen BWF dengan total hadiah Rp12,7 miliar ini. 

Tak banyak kejutan yang terjadi pada hari pertama penyelenggaraan turnamen bergengsi di Negeri Matahari Terbit ini. Hanya terdapat tiga pemain yang berhasil menumbangkan unggulan pada hari pertama Japan Open 2023. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai (Thailand) kalahkan unggulan ketiga asal China

3 Pemain Kalahkan Unggulan pada Hari Pertama Japan Open 2023Jongkolphan Kititharakul dan Rawinda Prajongjai (bwfworldtourfinals.bwfbadminton.com)

Ganda putri Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai mencatatkan namanya sebagai pemain pertama yang kalahkan unggulan di Japan Open 2023. Duet kenamaan Negeri Gajah Putih ini sukses menundukkan Zhang Shu Xian/Zheng Yu, ganda putri China yang diunggulkan di posisi ketiga. Kemenangan dua set langsung berhasil mereka dapatkan dengan skor 21-18 dan 21-19 dalam durasi 43 menit.

Kemenangan tersebut merupakan kemenangan ketiga secara beruntun Kititharakul/Prajongjai atas Zhang/Zheng usai dua kali menelan kekalahan pada dua pertemuan pertama. Mereka saat ini unggul dalam rekor pertemuan dengan 3-2. Selanjutnya, pada babak kedua mereka akan menantang wakil tuan rumah, Rui Hirokami/Yuna Kato. Peluang mereka lolos ke perempat final cukup besar karena mereka lebih unggul dalam rekor pertemuan dengan skor 1-0 atas ganda putri tuan rumah tersebut.

Baca Juga: 6 Wakil Indonesia yang Jadi Unggulan di Japan Open 2023

2. Chan Peng Soon/Cheah Yee See (Malaysia) bekuk ganda campuran Prancis unggulan kedelapan

3 Pemain Kalahkan Unggulan pada Hari Pertama Japan Open 2023Chan Peng Soon/Cheah Yee See (instagram.com/yeesee18)

Kejutan kedua pada hari pertama Japan Open 2023 datang dari sektor ganda campuran. Pasangan nonpelatnas Malaysia, Chan Peng Soon/Cheah Yee See, sukses membekuk ganda campuran Prancis yang jadi unggulan kedelapan. Mereka menang straight game atas Thom Gicquel/Delphine Delrue dengan skor 21-18 dan 21-18 dalam waktu 48 menit.

Berkat kemenangan tersebut, mereka melenggang ke babak 16 besar untuk menghadapi ganda campuran Thailand, Supak Jomkoh/Supissara Paewsampran. Sebelumnya Chan/Cheah belum pernah bertemu dengan pasangan Thailand tersebut. Laga di Japan Open 2023 ini praktis akan menjadi pertemuan pertama mereka.

3. Nami Matsuyama/Chiharu Shida (Jepang) singkirkan unggulan keenam asal Indonesia

3 Pemain Kalahkan Unggulan pada Hari Pertama Japan Open 2023Nami Matsuyama dan Chiharu Shida (bwfworldtourfinals.bwfbadminton.com)

Wakil tuan rumah juga menunjukkan tajinya pada hari pertama Japan Open 2023. Ganda putri Nami Matsuyama/Chiharu Shida sukses memulangkan unggulan keenam asal Indonesia, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti. Mereka menang lewat pertarungan tiga set yang berlangsung selama 66 menit dengan skor 21-12, 16-21, dan 21-13.

Kemenangan tersebut menjadi kemenangan kedua Matsuyama/Shida secara beruntun atas Apriyani/Fadia. Rekor pertemuan mereka saat ini berubah menjadi 2-1 untuk keunggulan Matsuyama/Shida. Pada babak berikutnya, Matsuyama/Shida akan bersua dengan wakil India, Treesa Jolly/Gayatri Gopichand Pullela. Rekor pertemuan mereka saat ini masih 0-0 karena laga ini bakal menjadi pertemuan pertama mereka.

Babak pertama Japan Open 2023 belum berakhir. Pada hari kedua yang berlangsung, Rabu (26/7/2023), akan melanjutkan pertandingan babak pertama lainnya mulai pukul 08.00 WIB.

Baca Juga: 4 Wakil Indonesia Hadapi Unggulan pada Babak Pertama Japan Open 2023

Kelfin GR Photo Verified Writer Kelfin GR

Write, Wrote, Written

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya