6 Pemain Nonunggulan yang Melaju Paling Jauh di All England 2024

Ada yang sukses rebut gelar juara!

Gelaran turnamen bulu tangkis tertua di dunia, All England 2024, resmi berakhir pada Minggu (17/3/2024) lalu. Indonesia berakhir sebagai juara umum setelah menggondol dua gelar juara. Sementara itu, Korea Selatan, Spanyol, dan China masing-masing menyabet satu gelar juara.

Selama gelaran turnamen BWF World Tour Super 1000 ini banyak kejutan yang tercipta. Meski All England 2024 dihadiri banyak pemain top dunia tak membuat para pemain nonunggulan hilang dari peta persaingan. Beberapa di antara mereka justru berhasil mengalahkan unggulan dan melaju jauh di turnamen ini. Setidaknya, ada enam pemain nonunggulan yang berhasil melaju jauh di All England 2024. Berikut daftar lengkapnya!

1. Rena Miyaura/Ayako Sakuramoto (Jepang) mencapai semifinal

6 Pemain Nonunggulan yang Melaju Paling Jauh di All England 2024Rena Miyaura/Ayako Sakuramoto (bwfbadminton.com)

Rena Miyaura/Ayako Sakuramoto asal Jepang menjadi ganda putri nonunggulan yang melaju paling jauh di All England 2024. Mereka sukses mencapai semifinal sebelum akhirnya dihentikan rekan senegaranya, Nami Matsuyama/Chiharu Shida, yang diunggulkan di posisi keenam. Mereka kalah dua set langsung dengan skor 15-21 dan 12-21 usai berlaga selama 48 menit. Bagi mereka, hasil ini merupakan hasil terbaik mereka di All England.

Baca Juga: 5 Fakta Jonatan Christie Juara di All England 2024

2. Robin Tabeling/Selena Piek (Belanda) melaju ke semifinal

6 Pemain Nonunggulan yang Melaju Paling Jauh di All England 2024Robin Tabeling/Selena Piek (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Di sektor ganda campuran, pemain nonunggulan yang secara mengejutkan berhasil melaju jauh di All England 2024 adalah Robin Tabeling/Selena Piek. Mereka melaju hingga semifinal sebagi satu-satunya pemain Belanda yang tersisa. Langkah mereka terhenti ditangan unggulan kedua asal Jepang, Yuta Watanabe/Arisa Higashino, dalam laga dua set yang berlangsung selama 38 menit dengan skor 14-21 dan 16-21. Ini menjadi pencapaian terbaik mereka sepanjang keikutsertaannya di All England.

3. Lee Jhe Huei/Yang Po Hsuan (Taiwan) menembus semifinal

6 Pemain Nonunggulan yang Melaju Paling Jauh di All England 2024Lee Jhe Huei/Yang Po Hsuan (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Selanjutnya, pemain nonunggulan yang melaju jauh di All England 2024 hadir dari sektor ganda putra. Pemain tersebut adalah Lee Jhe Huei/Yang Po Hsuan dari Taiwan yang berhasil menembus semifinal. Perjalanan mereka di ajang bergengsi ini berakhir ditangan Aaron Chia/Soh Woi Yik asal Malaysia yang diunggulkan di posisi kelima. Mereka takluk dengan skor 16-21 dan 15-21 dalam waktu 36 menit. Ini menjadi hasil terbaik yang mereka dapatkan selama berpartisipasi di All England.

4. Christo Popov (Prancis) melesat ke semifinal

6 Pemain Nonunggulan yang Melaju Paling Jauh di All England 2024Christo Popov (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Christo Popov juga termasuk salah 1 dari 6 pemain nonunggulan yang melaju paling jauh di All England 2024. Tunggal putra Prancis ini mampu melesat hingga semifinal. Ia terhenti di semifinal setelah menelan kekalahan dari Anthony Sinisuka Ginting asal Indonesia yang diunggulkan di urutan kelima. Ia tumbang dalam laga tiga set yang berlangsung selama 75 menit dengan skor 21-19, 5-21, dan 11-21. Hasil ini menjadi hasil terbaiknya selama mengikuti di All England.

5. Lakshya Sen (India) melenggang ke semifinal

6 Pemain Nonunggulan yang Melaju Paling Jauh di All England 2024Lakshya Sen (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Berikutnya, pemain nonunggulan yang melaju paling jauh di All England 2024 juga berasal dari sektor tunggal putra. Pemain tersebut adalah Lakshya Sen dari India yang juga berhasil melenggang ke semifinal sama seperti empat pemain nonunggulan sebelumnya. Ia terjegal di semifinal dari tunggal putra nonunggulan lainnya asal Indonesia, Jonatan Christie. Ia kalah tiga set setelah berjuang selama 68 menit dengan skor 12-21, 21-10, dan 15-21. Meski begitu, ini menjadi pencapaian terbaiknya selama tampil di All England.

6. Jonatan Christie (Indonesia) berakhir sebagai juara

6 Pemain Nonunggulan yang Melaju Paling Jauh di All England 2024Jonatan Christie (pbsi.id)

Pemain nonunggulan yang melaju paling jauh di All England 2024 adalah Jonatan Christie. Berbeda dengan lima pemain sebelumnya yang hanya mencapai semifinal, pemain yang kerap disapa Jojo ini mampu melenggang ke partai final dan megakhiri kompetisi sebagai juara. Ia menjadi satu-satunya pemain nonunggulan yang sukses memenangi All England 2024 setelah meraih kemenangan pada laga final kontra rekan senegara, Anthony Sinisuka Ginting. Ia menang dari sang unggulan kelima dengan skor 21-15 dan 21-14 dalam durasi 55 menit.

Meski diramaikan oleh deretan pemain top dunia, kelima pemain bulu tangkis di atas membuktikan bahwa pemain nonunggulan juga bisa melaju jauh di turnamen bergengsi sekelas All England. Hasil ini dapat menjadi motivasi bagi pemain nonunggulan lainnya di turnamen yang akan datang. Selain itu, hasil lima pemain di atas juga dapat menjadi peringatan bagi para pemain unggulan di turnamen yang akan datang untuk lebih mewaspadai pemain nonunggulan.

Baca Juga: Road to Champion Fajar/Rian All England 2024, Back to Back!

Kelfin GR Photo Verified Writer Kelfin GR

write, wrote, written

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya