3 Pemain Tumbangkan Unggulan pada Babak 16 Besar Japan Open 2023

Salah satu wakil tuan rumah juga sukses berikan kejutan

Ajang Japan Open 2023 terus menghadirkan kejutan. Pada babak 16 besar yang berlangsung, Kamis (27/7/2023), tiga pemain kembali membuat kejutan dengan menaklukkan pemain unggulan. 

Pada babak kedua ini, para pemain yang sukses menyikat unggulan berasal dari tiga negara berbeda. Tiga pemain tersebut juga tidak mendapatkan kemenangan dengan mudah. Ada yang bermain tiga set hingga bertarung ketat hingga skor deuce. Berikut tiga pebulu tangkis yang tumbangkan unggulan pada babak kedua Japan Open 2023. 

1. Lee Yang/Wang Chi Lin (Taiwan) sikat unggulan keenam asal Malaysia

3 Pemain Tumbangkan Unggulan pada Babak 16 Besar Japan Open 2023Lee Yang (kiri) dan Wang Chi Lin (bwfbadminton.com)

Kejutan pertama pada babak kedua Japan Open 2023 dicatatkan oleh ganda putra Lee Yang/Wang Chi Lin. Duet kenamaan Taiwan ini sukses memulangkan unggulan keenam asal Malaysia, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi. Kemenangan mereka pastikan lewat pertarungan tiga set dengan skor 15-21, 21-18, dan 21-16 dalam durasi 64 menit. 

Kemenangan tersebut menjadi yang keempat kalinya bagi Lee/Wang atas Ong/Teo. Rekor pertemuan mereka saat ini menjadi 4-3 untuk keunggulan Lee/Wang. Selanjutnya, ganda putra terbaik India yang diunggulkan di posisi ketiga, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty, akan menjadi lawan mereka pada babak perempat final. Laga ini akan menjadi pertemuan keempat mereka dengan rekor pertemuan 1-2 untuk keunggulan ganda putra India.

Baca Juga: Jonatan Christie Melenggang Mulus ke Perempat Final Japan Open 2023

2. Unggulan kedua asal China disingkirkan Akira Koga/Taichi Saito (Jepang)

3 Pemain Tumbangkan Unggulan pada Babak 16 Besar Japan Open 2023Akira Koga/Taichi Saito (bwfbadminton.com)

Masih dari sektor ganda putra, kejutan berikutnya diciptakan oleh wakil tuan rumah, Akira Koga/Taichi Saito. Ganda putra peringkat 20 dunia itu menumpas unggulan kedua sekaligus juara bertahan asal China, Liang Wei Keng/Wang Chang. Dalam waktu 44 menit saja mereka menggulung ganda putra terbaik China tersebut dengan skor 21-16 dan 23-21. 

Kemenangan tersebut menjadi kemenangan pertama di pertemuan perdana mereka bersua Liang/Wang. Pada babak perempat final, Koga/Saito sudah dinanti ganda putra China lainnya, Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi. Menghadapi unggulan kedelapan tersebut, Koga/Saito punya bekal satu kemenangan pada pertemuan terakhir meski rekor pertemuannya secara keseluruhan tertinggal 1-2.

3. Beiwen Zhang (Amerika Serikat) pulangkan unggulan ketiga asal China

3 Pemain Tumbangkan Unggulan pada Babak 16 Besar Japan Open 2023Beiwen Zhang (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Satu-satunya tunggal putri Amerika Serikat, Beiwen Zhang, turut memulangkan unggulan pada babak kedua Japan Open 2023. Tunggal putri andalan Negeri Paman Sam ini memenangkan laga atas unggulan ketiga dari China, Chen Yu Fei. Kemenangan berhasil dicatatkan Zhang dengan skor 21-17 dan 24-22 dalam waktu 45 menit.

Kemenangan itu menjadi kemenangan pertama Zhang setelah empat kali beruntun menelan kekalahan dari peraih medali emas Olimpiade 2020 Tokyo tersebut. Selanjutnya, Zhang akan menghadapi wakil China lainnya, He Bing Jiao, yang diunggulkan di posisi kelima. Ini akan menjadi ke-13 kalinya Zhang bertemu dengan tunggal putri nomor dua Negeri Tirai Bambu tersebut. Secara rekor pertemuan, Zhang kalah telak dengan catatan 2-10.

Langkah tiga pemain di atas semakin berat pada babak perempat final Japan Open 2023. Meski pernah mengalahkan lawan-lawannya pada pertemuan sebelumnya, tetapi rekor pertemuan mereka secara keseluruhan tertinggal. Akankah kejutan mereka berlanjut?

Baca Juga: Dramatis, Hendra/Ahsan Tembus Perempat Final Japan Open 2023

Kelfin GR Photo Verified Writer Kelfin GR

Write, Wrote, Written

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya