Perjalanan Gregoria Mariska Tunjung Menuju Final Swiss Open 2024

Selangkah lebih dekat dengan podium juara

Indonesia meloloskan tiga wakilnya ke final Swiss Open 2024. Gregoria Mariska Tunjung adalah salah 1 dari 3 wakil tersebut. Ia akan menjadi ujung tombak Indonesia untuk menyabet gelar juara di sektor tunggal putri.

Keberhasilan Gregoria melaju ke final Swiss Open 2024 tidaklah mengherankan. Pasalnya, ia adalah unggulan kedua di turnamen ini yang memang dijagokan untuk melaju ke partai final.

Langkahnya menuju final juga terbilang mulus. Ia tak merasakan kekalahan satu set pun dari lawannya. Berikut perjalanan Gregoria Mariska Tunjung menuju final Swiss Open 2024.

1. Menundukkan Wen Chi Hsu (Taiwan) pada babak pertama

Perjalanan Gregoria Mariska Tunjung Menuju Final Swiss Open 2024Wen Chi Hsu (x.com/Badminton_Asia)

Gregoria Mariska Tunjung mengawali perjuangannya di Swiss Open 2024 dengan menghadapi tunggal putri Taiwan pada babak pertama. Ia bersua dengan Wen Chi Hsu yang berhasil mengalahkannya pada pertemuan sebelumnya. Pada laga ini, Gregoria berhasil meraih kemenangan 2 set langsung dalam duel yang berlangsung selama 31 menit dengan skor 21-12 dan 21-15. Ini menjadi kemenangan balasan Gregoria atas Wen Chi Hsu setelah kalah pada pertemuan sebelumnya di Malaysia Open 2023. Kini, rekor pertemuannya dengan Wen Chi Hsu berimbang 1-1.

2. Sikat Thuy Linh Nguyen (Vietnam) pada babak kedua

Perjalanan Gregoria Mariska Tunjung Menuju Final Swiss Open 2024Thuy Linh Nguyen (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Perjuangan Gregoria Mariska Tunjung di Swiss Open 2024 berlanjut ke babak kedua. Pada babak ini, ia menghadapi tunggal putri terbaik Vietnam yang tengah naik daun, Thuy Linh Nguyen. Menghadapi tunggal putri peringkat 22 dunia tersebut, Gregoria berhasil mengamankan kemenangan dengan mudah. Ia menang 2 set langsung dengan skor telak 21-6 dan 21-13 dalam waktu 32 menit. Ini juga menjadi kemenangan balasan Gregoria setelah kalah dari Nguyen saat berjumpa di China Open 2023. Selain menjadi kemenangan balasan, kemenangan ini juga menyamakan rekor pertemuannya dengan Nguyen menjadi 1-1.

Baca Juga: Road to Final Lanny/Ribka di Swiss Open 2024, Jaga Asa Juara!

3. Menang atas Pornpawee Chochuwong (Thailand) pada babak perempat final

Perjalanan Gregoria Mariska Tunjung Menuju Final Swiss Open 2024Pornpawee Chochuwong (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Gregoria Mariska Tunjung mulai menghadapi sesama tunggal putri unggulan pada perempat final. Ia bersua dengan Pornpawee Chochuwong asal Thailand yang merupakan unggulan kedelapan sekaligus juara bertahan. Pada laga ini, Gregoria membukukan kemenangan dengan skor meyakinkan 21-13 dan 21-13 dalam durasi 39 menit. Jika diakumulasikan, maka ini merupakan kemenangan keempat Gregoria atas Chochuwong. Berkat kemenagan ini, ia memimpin rekor pertemuan dengan 4-3.

4. Membekuk Nozomi Okuhara (Jepang) pada babak semifinal

Perjalanan Gregoria Mariska Tunjung Menuju Final Swiss Open 2024Nozomi Okuhara (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Laga semifinal Swiss Open 2024 dilakoni Gregoria Mariska Tunjung dengan menghadapi tunggal putri nonunggulan Jepang, Nozomi Okuhara. Pada babak ini, ia sukses mengemas kemenangan 2 set langsung dengan skor 21-14 dan 21-17 dalam waktu 45 menit. Kemenangan ini tercatat sebagai kemenangan ketiga Gregoria dari tunggal putri peringkat 18 dunia tersebut. Selain itu, kemenangan ini juga memangkas jarak ketertinggalannya dalam rekor pertemuan dengan 3-5.

5. Berjumpa unggulan pertama, Carolina Marin (Spanyol), pada laga pemungkas

Perjalanan Gregoria Mariska Tunjung Menuju Final Swiss Open 2024Carolina Marin (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Pada laga pemungkas, Gregoria Mariska Tunjung akan bersua dengan unggulan pertama asal Spanyol, Carolina Marin, yang baru saja menjuarai All England 2024 beberapa waktu lalu. Marin sendiri melesat ke final setelah memenangkan laga semifinal kontra Tomoka Miyazaki asal Jepang dengan dua set langsung. Rekor pertemuan Gregoria dengan Marin terbilang bagus. Gregoria unggul 2-1 dengan meraih kemenangan beruntun pada dua pertemuan terakhir. Ia sempat bersua dengan andalan Spanyol tersebut pada babak perempat final Hong Kong Open 2023. Saat itu, Gregoria menang meyakinkan dengan skor 21-9 dan 21-18.

Gregoria Mariska Tunjung tak boleh lengah saat menghadapi Carolina Marin pada laga final meski unggul dalam segi rekor pertemuan. Pasalnya, Marin tengah dalam performa terbaiknya. Ditambah lagi, ia baru saja menjuarai All England 2024 yang berpotensi menambah semangat dan kepercayaan dirinya di turnamen ini.

Baca Juga: Road to Final Bagas/Fikri di Swiss Open 2024, Final Pertama pada 2024!

Kelfin GR Photo Verified Writer Kelfin GR

write, wrote, written

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya