Perjalanan Leo/Daniel Meraih Gelar Juara di Indonesia Masters 2024

Leo/Daniel bak sang juru selamat wajah tuan rumah

Ajang Indonesia Masters 2024 resmi berakhir pada, Minggu (28/1/2024) di Istora Senayan, Jakarta. Turnamen BWF Super 500 ini berakhir dengan kesuksesan China menjadi juara umum dengan torehan tiga gelar juara, masing-masing dari Wang Zhi Yi (tunggal putri), Liu Sheng Shu/Tan Ning (ganda putri), dan Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (ganda campuran). Denmark juga berhasil mencuri satu gelar juara lewat Anders Antonsen dari sektor tunggal putra.

Sementara itu, satu gelar juara lainnya dari sektor ganda putra berhasil digondol wakil tuan rumah. Gelar juara tersebut tersebut direbut oleh pasangan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin. Mantan Juara Dunia Junior itu menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang berhasil menapaki final dan merengkuh gelar juara. Bagaimana perjalanan mereka dalam meraih gelar juara di Indonesia Masters 2024? Simak ulasan berikut!

1. Sikat Mark Lamfuss/Marvin Seidel (Jerman) pada laga pembuka

Perjalanan Leo/Daniel Meraih Gelar Juara di Indonesia Masters 2024Mark Lamfuss dan Marvin Seidel (bwfbadminton.com)

Perjalanan Leo/Daniel di Indonesia Masters 2024 dibuka dengan laga menghadapi wakil Jerman, Mark Lamfuss/Marvin Seidel. Pada babak pertama ini mereka berhasil mengantongi kemenangan atas ganda putra terbaik Jerman tersebut dengan skor 21-16 dan 21-17 dalam waktu 46 menit. Jika ditotal, ini merupakan kemenangan ke-2 mereka dari 3 pertemuan dengan pasangan penghuni peringkat BWF ke-29 tersebut. Ini berarti Leo/Daniel unggul 2-1 dari segi rekor pertemuan atas Lamfuss/Seidel.

Baca Juga: Rekap Juara Indonesia Masters 2024: Tuan Rumah Satu Gelar

2. Menang atas Xie Hao Nan/Zheng Wei Han (China) pada babak kedua

Perjalanan Leo/Daniel Meraih Gelar Juara di Indonesia Masters 2024Xie Hao Nan/Zheng Wei Han (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Langkah Leo/Daniel di Indonesia Masters 2024 berlanjut pada babak kedua. Pada babak ini, mereka bersua dengan ganda putra debutan asal China, Xie Hao Nan/Zheng Wei Han. Mereka sukses memenangkan laga ini dalam durasi 48 menit dengan skor 21-16 dan 21-17. Bagi Leo/Daniel, ini merupakan kemenangan pertama mereka dari pasangan peringkat 116 dunia tersebut. Sebelumnya, mereka belum pernah saling berhadapan.

3. Bekuk Daniel Lundgaard/Mads Vestergaard (Denmark) pada perempat final

Perjalanan Leo/Daniel Meraih Gelar Juara di Indonesia Masters 2024Daniel Lundgaard/Mads Vestergaard (instagram.com/daniel_lundgaard)

Pada perempat final, Leo/Daniel bersua dengan ganda putra Denmark, Daniel Lundgaard/Mads Vestergaard. Pada laga ini, mereka kembali membukukan kemenangan dua set langsung. Mereka menang dalam duel yang berlangsung selama 36 menit dengan skor 21-14 dan 21-12. Ini menjadi kemenangan perdana mereka atas pasangan peringkat 38 dunia tersebut. Selain itu, ini juga menjadi kemenangan tercepat yang diraih Leo/Daniel di Indonesia Masters 2024.

4. Singkirkan Fajar Alfian /Muhammad Rian Ardianto (Indonesia) pada semifinal

Perjalanan Leo/Daniel Meraih Gelar Juara di Indonesia Masters 2024Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (pbsi.id)

Leo/Daniel berkesempatan menghadapi sesama ganda putra Indonesia pada semifinal. Mereka berjumpa dengan Fajar Rian/Muhammad Rian Ardianto yang diunggulkan di posisi ketiga. Kemenangan berhasil mereka raih lewat perlawanan yang cukup alot dengan skor 19-21, 21-14, dan 21-17 dalam waktu 71 menit. Ini menjadi kemenangan ke-4 dari 5 pertemuan yang sudah mereka lakoni. Rekor pertemuan mereka saat ini menjadi 4-1 untuk keunggulan Leo/Daniel. 

5. Kalahkan Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen (Denmark) pada partai pamungkas

Perjalanan Leo/Daniel Meraih Gelar Juara di Indonesia Masters 2024Kim Astrup dan Anders Skaarup Rasmussen (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Pada partai pamungkas, Leo/Daniel dihadapkan dengan unggulan ketujuh asal Denmark, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen. Mereka berhasil menuntaskan laga ini dengan skor 21-12, 20-20, dan 21-11 dalam waktu 58 menit. Kemenangan ini selain memastikan gelar juara juga memperkecil jarak ketertinggalan mereka dalam rekor pertemuan. Setelah laga ini, rekor pertemuan mereka berubah menjadi 4-5 untuk keunggulan Astrup/Rasmussen.

Leo/Daniel sukses mempertahankan gelar juaranya. Ini merupakan gelar juara Indonesia Masters kedua mereka secara beruntun setelah edisi 2023. Selain itu, gelar ini juga menjadi gelar pembuka mereka pada 2024 setelah tampil kurang baik di dua turnamen sebelumnya. 

Baca Juga: 6 Pemain Indonesia Kalah dari Wakil China di Indonesia Masters 2024

Kelfin GR Photo Verified Writer Kelfin GR

write, wrote, written

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya