Perwakilan Tiap Negara pada Semifinal French Open 2024, China Dominan!

China punya enam wakil di babak empat besar!

Turnamen French Open 2024 mulai memasuki tahap akhir. Turnamen bulu tangkis bergengsi seantero Prancis ini telah melangsungkan babak semifinal pada, Sabtu (9/3/2024) waktu setempat.

Ada tujuh negara yang memiliki perwakilan pada semifinal turnamen BWF World Tour Super 750 ini. China menjadi yang paling banyak dengan enam wakil. Lalu, bagaimana dengan keenam negara lainnya? Berikut perwakilan tiap negara pada semifinal French Open 2024.

1. China jadi yang paling banyak dengan enam wakil

Perwakilan Tiap Negara pada Semifinal French Open 2024, China Dominan!Liu Sheng Shu/Tan Ning (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

China memiliki perwakilan paling banyak pada semifinal French Open 2024 dibandingkan negara manapun. Negeri Tirai Bambu berhasil meloloskan enam wakilnya yang berasal dari sektor tunggal putra, tunggal putri, ganda putri, dan ganda campuran. Di sektor tunggal putra, China akan mengandalkan Shi Yu Qi yang diunggulkan di posisi kedua. Di sektor tunggal putri, Chen Yu Fei yang juga merupakan unggulan kedua akan menjadi wakil mereka.

Di sektor ganda putri, China punya Chen Qing Chen/Jia Yi Fan yang diunggulkan di posisi pertama dan Liu Sheng Shu/Tan Ning yang merupakan juara bertahan sekaligus unggulan keempat. Sementara itu, di sektor ganda campuran, China menyegel satu tiket final setelah dua wakil mereka yang lolos ke semifinal. Kedua wakil tersebut adalah Feng Yan Zhe/Huang Dong Ping dan Jiang Zhen Bang/Wei Ya Xin yang saling berhadapan.

Tak semua wakil China tersebut meraih kemenangan pada semifinal. Tiga di antara mereka harus terhenti langkahnya. Adapun, ketiga wakil tersebut adalah Chen Yu Fei, Liu Sheng Shu/Tan Ning, dan Jiang Zhen Bang/Wei Ya Xin. Kini, China hanya menyisakan tiga wakil pada partai final French Open 2024.

Baca Juga: 5 Pemain yang Mengalahkan Juara Bertahan French Open 2024

2. Jepang loloskan empat wakil

Perwakilan Tiap Negara pada Semifinal French Open 2024, China Dominan!Nami Matsuyama dan Chiharu Shida (bwfworldtourfinals.bwfbadminton.com)

Jepang punya empat perwakilan pada semifinal French Open 2024. Mereka meloloskan wakil dari sektor tunggal putri, ganda putra, dan ganda putri. Di sektor tunggal putri, Jepang mengandalkan Akane Yamaguchi yang merupakan unggulan keempat. Dari sektor ganda putra, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi yang merupakan unggulan keenam jadi satu-satunya wakil mereka. Sementara itu, di sektor ganda putri, Jepang meloloskan dua wakil lewat Nami Matsuyama/Chiharu Shida yang diunggulkan di posisi keenam dan Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara yang merupakan unggulan kedelapan.

Sayangnya, hanya dua wakil Jepang yang membukukan kemenangan pada semifinal dan memastikan diri tampil pada partai final. Dua wakil tersebut adalah Akane Yamaguchi dan Nami Matsuyama/Chiharu Shida. Di sisi lain, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi dan Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara gagal ke final setelah kalah pada semifinal.

3. Korea Selatan punya tiga wakil

Perwakilan Tiap Negara pada Semifinal French Open 2024, China Dominan!Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Tiga perwakilan Korea Selatan mejeng di semifinal French Open 2024. Tiga wakil tersebut datang dari sektor tunggal putri, ganda putra, dan ganda campuran. An Se Young yang merupakan unggulan pertama menjadi ujung tombak Korea Selatan di sektor tunggal putri. Di sektor ganda putra, mereka diwakili Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae yang diunggulkan di urutan ketiga. Dari sektor ganda campuran, mereka punya unggulan ketiga, Seo Seung Jae/Chae Yu Jung.

Dari 3 wakil Korea Selatan di atas, 2 di antaranya meraih kemenangan dan akan melanjutkan perjalanannya pada partai final. An Se Young dan Seo Seung Jae/Chae Yu Jung adalah dua wakil tersebut. Mereka akan menjadi ujung tombak Korea Selatan dalam merebut gelar juara. Sementara itu, Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae harus menelan kekalahan pada semifinal dan gagal menemani dua wakil Korea Selatan lainnya pada laga final.

4. India beramunisikan dua wakil

Perwakilan Tiap Negara pada Semifinal French Open 2024, China Dominan!Lakshya Sen (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

India beramunisikan dua wakil pada semifinal French Open 2024. Dua wakil India yang tersisa ini sama-sama berasal dari sektor putra tepatnya tunggal putra dan ganda putra. Di sektor tunggal putra, mereka akan diwakili Lakshya Sen yang merupakan pemain nonungggulan. Di sisi lain, di sektor ganda putra mereka diwakili unggulan pertama, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty.

Hanya Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty yang meraih kemenangan pada semifinal. Mereka akan menjadi wakil semata wayang India pada laga final. Sementara itu, Lakshya Sen harus terjegal langkahnya di semifinal.

5. Taiwan juga miliki dua wakil

Perwakilan Tiap Negara pada Semifinal French Open 2024, China Dominan!Tai Tzu Ying (bwfworldtourfinals.bwfbadminton.com)

Dua wakil Taiwan juga bertengger di semifinal French Open 2024. Wakil mereka berasal dari sektor tunggal putri dan ganda putra. Tai Tzu Ying yang diunggulkan di posisi ketiga menjadi wakil mereka di sektor tunggal putri. Sementara itu, di sektor ganda putra mereka diwakili pasangan nonunggulan, Lee Jhe Huei/Yang Po Hsuan, yang secara mengejutkan berhasil menembus semifinal.

Senada skenario dengan India, hanya satu wakil Taiwan yang berhasil meraih kemenangan pada semifinal. Wakil tersebut juga sama-sama berasal dari sektor ganda putra, yakni Lee Jhe Huei/Yang Po Hsuan. Mereka akan menjadi satu-satunya wakil Taiwan pada partai final setelah Tai Tzu Ying tumbang pada semifinal.

6. Thailand punya dua wakil, namun, hanya satu yang melangkah ke final

Perwakilan Tiap Negara pada Semifinal French Open 2024, China Dominan!Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai (bwfworldtourfinals.bwfbadminton.com)

Tak hanya India dan Taiwan, Thailand juga punya dua perwakilan pada semifinal French Open 2024. Mereka meloloskan dua wakil dari sektor tunggal putra lewat Kunlavut Vitidsarn dan ganda campuran lewat Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai. Dua wakil Thailand yang tersisa ini sama-sama berstatus unggulan. Kunlavut Vitidsarn merupakan unggulan kedelapan sedangkan Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai adalah unggulan keenam.

Sama seperti India dan Taiwan, hanya satu wakil Thailand yang memenangi laga semifinal. Namun, wakil Thailand yang melaju ke final ini berasal dari sektor tunggal putra, yakni Kunlavut Vitidsarn. Ia juga akan menjadi satu-satunya wakil Thailand pada partai final. Sementara itu, Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai gagal ke final setelah kalah dari wakil Korea Selatan pada semifinal.

7. Satu-satunya wakil Indonesia di babak semifinal juga tumbang

Perwakilan Tiap Negara pada Semifinal French Open 2024, China Dominan!Chico Aura Dwi Wardoyo (pbsi.id)

Indonesia hanya punya satu wakil pada semifinal French Open 2024. Jika dibandingkan dengan negara sebelumnya, Indonesia merupakan satu-satunya negara yang tidak memiliki lebih dari satu wakil pada semifinal. Asa mereka merebut gelar juara dipikul oleh satu wakil saja.

Satu wakil Indonesia yang tersisa itu berasal dari sektor tunggal putra. Pemain tersebut adalah Chico Aura Dwi Wardoyo yang berstatus nonunggulan di turnamen ini. Sayangnya, Chico pun gagal meraih kemenangan pada semifinal sehingga membuat Indonesia tak lagi memiliki wakil pada laga final.

Pada French Open 2024 ini, para pemain dari negara non-Asia yang cukup merepotkan pemain Asia adalah Denmark dan Prancis. Dua negara Eropa tersebut sama-sama masih meloloskan wakilnya pada babak perempat final sebelum akhirnya berguguran.

Baca Juga: 6 Unggulan Tunggal Putra yang Gagal Menembus Final French Open 2024

Kelfin GR Photo Verified Writer Kelfin GR

write, wrote, written

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya