5 Rival Terberat Taufik Hidayat, Ada Lin Dan hingga Lee Chong Wei

Ada yang mengalahkan Taufik hingga 15 kali

Sebagai salah satu legenda bulu tangkis Indonesia, Taufik Hidayat telah menorehkan jejak prestasi yang mengagumkan sepanjang kariernya. Berbagai kejuaraan bulu tangkis bergengsi seperti Olimpiade dan Kejuaraan Dunia telah berhasil ia menangi. 

Namun, di balik gemilangnya prestasi Taufik, terdapat kisah rivalitas yang menarik untuk diulas. Meski sudah menjuarai berbagai gelar bergengsi, Taufik masih kesulitan menghadapi beberapa rivalnya. Rival terberatnya ini bahkan berhasil mengalahkannya hingga belasan kali.

Siapa sajakah rival terberatnya? Berikut daftar lima rival terberat Taufik Hidayat.

1. Lin Dan (China) jadi yang paling sulit dikalahkan Taufik Hidayat

5 Rival Terberat Taufik Hidayat, Ada Lin Dan hingga Lee Chong WeiLin Dan (bwfbadminton.com)

Rival terberat Taufik Hidayat yang pertama adalah Lin Dan. Mantan tunggal putra kenamaan China ini merupakan pemain yang paling sulit dikalahkan Taufik sepanjang kariernya. Rivalitas mereka berlangsung selama 11 tahun, terhitung sejak 2001 hingga 2012.

Keduanya sudah bertemu sebanyak 17 kali di turnamen resmi. Dari 17 pertemuan tersebut, Taufik hanya mampu merebut 4 kemenangan. Ini didapat pada babak semifinal Indonesia Open 2004, final Kejuaraan Dunia 2005, semifinal Singapore Open 2005, dan final Asian Games 2006 nomor perorangan.

2. Lee Chong Wei (Malaysia) jadi pemain yang paling sering mengalahkan Taufik Hidayat

5 Rival Terberat Taufik Hidayat, Ada Lin Dan hingga Lee Chong WeiLee Chong Wei (bwfbadminton.com)

Selanjutnya, rival terberat Taufik Hidayat adalah Lee Chong Wei. Legenda hidup bulu tangkis Malaysia ini merupakan pemain yang paling sering mengalahkan Taufik. Tercatat, Lee berhasil meraih 15 kemenangan dari 23 pertemuannya dengan Taufik. Ini berarti Taufik hanya berhasil meraih kemenangan sebanyak delapan kali darinya. Delapan kemenangan tersebut diraih di turnamen Indonesia Open 2001, Asian Championship 2004, Kejuaraan Dunia 2005, Japan Open 2006, Asian Games 2006, Macau Grand Prix Gold 2008, French Super Series 2008, dan Kejuaraan Dunia 2010.

Selain menjadi pemain yang paling sering mengalahkan Taufik, Lee juga menjadi pemain yang paling sering dihadapi Taufik. Duel antara Taufik dan Lee sendiri sudah dimulai sejak 2001. Ini berlangsung selama 11 tahun hingga berakhir pada 2012.

Baca Juga: Lee Chong Wei dan Lin Dan Masuk Hall of Fame BWF

3. Bao Chunlai (China) mengalahkan Taufik Hidayat sebanyak sembilan kali

5 Rival Terberat Taufik Hidayat, Ada Lin Dan hingga Lee Chong WeiBao Chunlai (twitter.com/bwfmedia)

Rival terberat Taufik Hidayat berikutnya adalah Bao Chunlai. Tunggal putra China ini sudah mengalahkan Taufik sebanyak 9 kali dari 14 pertemuan. Maknanya, Taufik hanya meraih kemenangan sebanyak lima kali darinya. Lima kemenangan Taufik atas Bao didapatkan di turnamen Indonesia Open 2003, Indonesia Open 2006, Japan Open 2006, Asian Games 2006, dan Indonesia Open 2011.

Bao dan Taufik sendiri pertama kali berhadapan pada babak 16 besar Japan Open 2002. Kala itu, Taufik tumbang dalam laga tiga set. Sementara itu, pertemuan terakhir mereka terjadi pada 2011 pada babak 16 besar Indonesia Open. Taufik berhasil meraih kemenangan pada saat itu.

4. Wong Choong Hann (Malaysia) menumbangkan Taufik Hidayat sebanyak enam kali

5 Rival Terberat Taufik Hidayat, Ada Lin Dan hingga Lee Chong WeiWong Choong Hann (twitter.com/bwfmedia)

Tak hanya Lee Chong Wei, tunggal putra Malaysia lainnya, Wong Choong Hann, juga menjadi salah satu rival terberat Taufik Hidayat. Tercatat, mantan pebulu tangkis yang kini menjadi pelatih di Hong Kong ini sudah enam kali mengalahkan Taufik. Sementara itu, Taufik baru tiga kali meraih kemenangan darinya di Kejuaraan Dunia 2001, Singapore Open 2001, dan Olimpiade 2004 Athena.

Keduanya saling berhadapan untuk pertama kalinya di Kejuaraan Dunia 2001. Taufik berhasil mengamankan kemenangan kala itu. Adapun pertemuan terakhir mereka tercipta di Malaysia Open 2010 yang berakhir dengan kemenangan Wong.

5. Lee Hyun Il (Korea Selatan) mengalahkan Taufik Hidayat empat kali beruntun

5 Rival Terberat Taufik Hidayat, Ada Lin Dan hingga Lee Chong WeiLee Hyun Il (bwfbadminton.com)

Rival terberat Taufik Hidayat selanjutnya berasal dari Korea Selatan. Ia adalah Lee Hyun Il. Ia berhasil mengalahkan Taufik empat kali secara beruntun.

Lee bersua dengan Taufik untuk kali pertama pada 2001 di Kejuaraan Dunia. Saat itu Lee harus menelan kekalahan. Namun, itu merupakan kekalahan pertama sekaligus terkahirnya atas Taufik. Sebab, pada empat pertemuan berikutnya, ia selalu mengalahkan Taufik.

Dalam karier bulu tangkisnya, Taufik Hidayat telah melewati serangkaian pertarungan sengit dengan rivalnya. Meski sudah tak berkarier lagi, kisah rivalitasnya tetap menarik untuk dibahas di dunia bulu tangkis.

Baca Juga: Taufik Hidayat Kalah 2 Set Tanding Tenis Lawan Raffi Ahmad

Kelfin GR Photo Verified Writer Kelfin GR

write, wrote, written

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya